Bisakah orang di bawah umur 30 memiliki katarak di kedua mata?

Dilihat 408 • Ditanyakan 7 bulan lalu
1 Jawaban 1

Ya, anak muda memang bisa terkena katarak, tapi itu cukup jarang terjadi. Perkembangan katarak mungkin saja terjadi sejak kamu jauh lebih muda dan seiring berjalannya waktu, katarakmu semakin parah. Penyebab lainnya terjadinya katarak pada orang di usia di bawah 30 tahun bisa jadi karena obat - obatan seperti steroid. Saya pernah mengoperasi anak remaja yang memiliki katarak yang memiliki banyak gejala (dari jenis posterior subkapsular) yang disebabkan oleh penggunaan steroid untuk penyakit asma.


Kasus lainnya yang terjadi belum lama ini adalah seorang pria yang usianya di akhir 20an yang memiliki katarak nuklir sclerotic yang biasanya berkaitan dengan penuaan. Kami menduga bahwa kataraknya mungkin disebabkan oleh miopinya yang sangat tinggi. Masalah dari operasi katarak pada orang di bawah usia 40 tahun adalah presbiopi yang merupakan dampak yang tidak dihindarkan dari operasi.


Bagi orang - orang yang tidak pernah memiliki presbiopi sebelumnya mereka akan merasa bahwa kebutuhan untuk menggunakan kacamata baca meripakan hal yang mengejutkan. Karena itu, konsultasi sebelum operasi merupakan hal yang penting. Cara lain untuk mengatasi presbiopi karena operasi katarak selain menggunakan kacamata baca adalah dengan melatih satu mata untuk fokus pada objek yang dekat (strategy penglihatan tunggal) atau memilih untuk menanamkan lensa intraokular fokus ganda saat operasi katarak. 

Terjawab 7 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang