Bisakah penderita asam urat meninggal karena asam urat?

Dilihat 2,67 rb • Ditanyakan sekitar 3 tahun lalu
1 Jawaban 1

Asam urat tidak fatal secara lansung. Namun,  hal itu dapat menyebabkan sakit yang serius jika tidak diobati. Asam urat adalah hasil dari akumulasi kristal asam urat pada jaringan lunak. Hal ini sering terjadi pada sendi-sendi jari-jari kaki,  tetapi bisa terjadi pada kaki anda,  pergelangan kaki,  lutut,  tangan dan pergelangan tangan. Serangan asam urat bisa sangat menyakitkan dan sering menyebabkan kemerahan pada bagian atas sendi. Penurunan mobilitas sendi dapat terjadi saat asam urat berlansung. Ketika serangan asam urat,  itu datang dengan cepat dan mencapai tingkat parah sebagian besar delapan sampai dua belas jam. Setelah sakit yang terparah mereda,  beberapa ketidaknyaman sendi dapat berlansung beberapa hari sampai beberapa minggu. 


Di awal proses penyakit,  serangna ini akan spontan teratasi selama seminggu atau lebih. Jika dibiarkan tidak diobati,  akan lebih sering terjadi dan bertahan lebih lama. Jika kristal asam urat cukup menumpuk pada sendi,  penyakit ini benar-benar bisa dapat menghancurkan sendi tersebut. Bahkan yang lebih serius,  asam urat dapat terjadi pada ginjal dan menyebabkan kerusakan ginjal kronis. Asam Urat juga dapat membuat anda lebih rentan menjadi penyakit parah dari kondisi medis lain seperti diabetes,  tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. 


Asam urat lebih sering terjadi pada pria (paling sering antara usia 30 sampai 50 tahun) daripada perempuan dan lebih sering terjadi pada orang Afrika - America dari Kaukasia-Amerika. Biasanya penyakit ini tidak terjadi pada wanita sampai mereka mencapai menopause. Makan dengan pola makan yang tinggi daging dan makanan laut dan minuman manis tinggi dengan gula buah (fruktosa) meningkatkan tingkat asam urat yang lebih tinggi,  yang meningkatkan resiko asam urat. Mengkonsumsi alkohol,  terutama bir,  juga meningkatkan risiko asam urat. Jika anda kelebihan berat badan,  tubuh anda menghasilkan lebih banyak asam urat dan ginjal anda memiliki waktu yang lebih sulit untuk menghilangkan asam urat,  yang sangat meningkatkan resiko asam urat. 


Penyakit dan kondisi tertentu membuatnya lebih mungkin bahwa anda akan mengembangkan asam urat. Ini termasuk tekanan darah yang tidak diobati dan kondisi kronis seperti diabetes,  sindrom metabolik,  dan jantung dan penyakit ginjal. Penggunaan diuretik thiazide,  biasanya digunakan untuk mengobati hipertensi dan aspirin dosis rendah juga dapat meningkatkan tingkat asam urat. Jadi bisa menggunakan obat anti-rejection yang diresepkan untuk orang yang menjalani transplantasi organ. Jika anggota keluarga lain anda memiliki asam urat,  anda lebih beresiko untuk mengidap penyakit ini. 


Apa yang dapat anda lakukan untuk mencegah asam urat? 

  • Menjaga asupan cairan anda tinggi: Dalam keadaan baik atau terhidrasi,  termasuk banyak air. Membatasi beberapa minuman manis yang anda minum,  terutama mereka yang di maniskan dengan sirup jagung tinggi fruktosa. 
  • Batasi atau hindarilah alkohol: Bicarakanlah dengan dokter,  berapakah jumlah atau jenis alkohol yang aman untuk anda. Bukti terbaru menunjukkan bahwa bir sangat bisa untuk meningkatkan resiko gejala asam urat,  terutama pada pria.
  • Dapatkan protein anda dari produk susu rendah lemak: Produk susu rendah lemak dapat benar-benar memiliki efek perlindungan terhadap asam urat,  jadi ini adalah sumber protein terbaik. 
  • Batasilah asupan daging anda,  ikan dan daging unggas: Beberapa dapat ditoleransi,  tapi perhatikan apa jenisnya,  dan berapa banyak,  apakah tampaknya menyebabkan masalah bagi anda.
  • Mempertahankan berat badan yang diinginkan: Menurunkan berat badan bisa juga menurunkan kadar asam urat dalam tubuh anda. Tapi hindarilah puasa atau penurunan berat badan dengan cepat,  karena hal tersebut dapat meningkatkan kadar asam urat untuk sementara.


 

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang