Bisakah saya membuat remake dari sebuah lagu kenangan menjadi versi elektroniknya atau versi pianonya?

Dilihat 566 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Saya memahami situasinya. Saya asumsikan anda mengira musik-musik terkini itu tidak seperti musik-musik klasik seperti karya Bach, Beethoven, dan lain-lain, yang diciptakan sebelum Konvensi Berne terhadap Hak Cipta (https://en.wikipedia.org/wiki/Berne_Convention). Saya juga mengasumsikan anda menanyakan bagaimana cara kerjanya di USA. Tolong jangan berasumsi bahwa saya adalah pengacara; saya hanya menjelaskan apa yang saya gambarkan.


Yang ada di pikiran anda adalah karya derivatif. Artikel di wikipedia (https://en.wikipedia.org/wiki/Derivative_work) sekarang ini tidak kelihatan jelas, tapi US Copyright Office menulisnya pada artikel "Copyright Registration for Derivative Works" (http://www.copyright.gov/circs/circ14.pdf) :

Hak untuk Mempersiapkan Karya Derivatif (Right to Prepare Derivative Work)

Hanya pemilik dari hak cipta sebuah karya yang memiliki hak untuk mempersiapkan, atau mengesahkan orang lain untuk menciptakan, versi baru dari karya tersebut.


Sehubungan dengan musik, tulisan ini http://www.artistshousemusic.org/articles/understanding+sampling+cover+songs+derivative+work mengatakan "Sederhananya, satu-satunya orang yang dapat menciptakan atau memberikan hak atas pembuatan karya derivatif adalah pemegang hak cipta dari karya aslinya."


Jadi pada umumnya anda membutuhkan ijin dari pencipta aslinya. Akan tetapi, versi cover dari lagu-lagunya bisa lebih mudah untuk diurus. Lihat di wikipedia https://en.wikipedia.org/wiki/Cover_version#U.S._copyright_law. Anda diijinkan untuk menampilkan performa versi cover selama anda membayar seniman-seniman aslinya; mereka tidak bisa menolak pembayaran itu; cari  https://en.wikipedia.org/wiki/Harry_Fox_Agency di artikel itu. Sebuah karya derivatif biasanya tidak menjadi versi cover, jadi anda biasanya pun tak akan diijinkan untuk menampilkan karya itu tanpa ijin. Untuk sebuah versi cover anda tak perlu negosiasi ijinnya, hanya saja harus bayar -- itu adalah sebuah perbedaan yang halus.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang