Bisakah saya menggunakan AWS untuk sebuah awalan bisnis yang berlokasi di Indonesia dalam melayani pasar lokal?

Dilihat 226 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Saya bukan pengacara jadi saya mau mengingatkan kalau kamu tidak boleh sering mempercayai saran legal dari orang tak dikenal yang kamu temui di situs tanya jawab di internet.

Kamu mungkin mengacu pada peraturan pemerintah no 82 tahun 2012 pasal 17.

(1) Penyelenggara Sistem Elektronik untuk pelayanan publik wajib memiliki rencana keberlangsungan kegiatan untuk menanggulangi gangguan atau bencana sesuai dengan risiko dari dampak yang ditimbulkannya.

(2) Penyelenggara Sistem Elektronik untuk pelayanan publik wajib menempatkan pusat data dan pusat pemulihan bencana di wilayah Indonesia untuk kepentingan penegakan hukum, perlindungan, dan penegakan kedaulatan negara terhadap data warga negaranya.

(3) Ketentuan lebih lanjut mengenai kewajiban penempatan pusat data dan pusat pemulihan bencana di wilayah Indonesia sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diatur oleh Instansi Pengawa dan Pengatur Sektor terkait sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan setelah berkoordinasi dengan Menteri.


Dan definisi luas dari Operator Sistem Elektronik

Operator Sistem Elektronik adalah orang yang, lembaga negara, entitas bisnis, dan komunitas yang menyediakan, mengatur, dan/atau mengoperasikan Sistem Elektronik secara individu atau gabungan ke pengguna sistem elektronik untuk kepentingan sendiri atau kelompok lain.

Dan tidak ada definisi ari apa yang mengatur ‘layanan publik’. Apakah google dan facebook bisa dianggap layanan publik? Apakah traveloka layanan publik? Atau mungkin Kompas atau Kaskus?


Untungnya, peraturan yang sama tidak memandat penggunaan eksklusif dari pusat data Indonesia. Juga, tidak menyinggung batas penggunaan pusat data dan data apa yang harus didimpan di sana.

Jadi mungkin berdasarkan peraturan sendiri untuk perusahaan menggunakan banyak pusat data di dalam dan luar negara (contoh AWS SGP AZ siapapun?)


Jadi ini kesimpulanku: gunakan apapun yang kamu suka dan jika kamu parno soal hukum, pakai IIX based shared hosting untuk menaruh halaman awal, format kontak dan mungkin beberapa data pengguna dan server log file. Mungkin akan seharga $5-10/bulan untuk perencanaan yang kecil.

Kemungkinannya, seperti awalan yang lain, pemerintah sibuk mengurus masalah mereka dan mengabaikanmu.

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang