Bisakah seorang gadis menghilangkan otot-otot betisnya agar tampak lebih ramping?

Dilihat 273 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Memiliki otot betis yang kencang dan seksi merupakan dambaan setiap wanita.  Betis yang besar dianggap kurang menunjang penampilan  seorang wanita, terutama untuk wanita yang sering mengenakan rok dan sepatu hak tinggi.  Bentuk betis biasanya sejalan dengan bentuk badan setiap orang.   Sebagian wanita kesulitan mengembangkan otot betisnya dan membuatnya kencang, sebagian yang lain mengeluhkan otot betisnya terlalu besar, dan mereka mencari cara-cara untuk mengurangi kumpulan otot itu. Namun upaya ini membutuhkan kerja keras dan latihan,  diperlukan  kesabaran dan ketekunan berlatih untuk mengecilkan betis.  Dengan memiliki betis kecil, kaki seorang wanita  terlihat lebih jenjang dan tidak mengesankan tubuh pendek.


Cara mengecilkan betis kaki dengan cepat dapat dilakukan secara alami dengan melakukan berbagai kegiatan olah tubuh sehingga anda tidak perlu menempuh jalan berbahaya seperti operasi plastik yang hasilnya masih belum bisa dijamin baik. Nah untuk mengetahui  jenis olah raga  apa saja yang dapat dilakukan sebagai cara mengecilkan betis, yuk kita simak terus artikel berikut.


Cara Mengecilkan Betis


Kegiatan berikut dapat membantu anda dalam menghilangkan otot-otot betis agar terlihat lebih ramping:


  • Bersepeda


Cara ini secara langsung membakar lemak yang menumpuk pada betis. Mengayuh sepeda baik sepeda statis di gym maupun sepeda biasa membantu  anda mengecilkan betis. Bersepeda untuk ketahanan tubuh berbeda dengan bersepeda untuk finish tercepat. Lakukan olah raga bersepeda dengan cara santai tetapi menggunakan jarak tempuh yang lebih jauh untuk membentuk otot betis agar kencang dan memperkecil bentuk betis yang besar.


  • Elliptical Trainer

Alat ini adalah alat yang memadukan antara latihan berjalan kaki, berlari dan menaiki tangga tanpa memberi beban berlebihan kepada sendi. Gunakan elliptical trainer pada tingkat kecepatan yang rendah, jangan menggunakan kecepatan tinggi karena akan membebani otot betis dan membuatnya makin besar. Menggunakan elliptical trainer dengan kecepatan yang rendah dapat memperkecil betis karena alat ini memiliki manfaat untuk meregangkan otot dari pergelangan hingga belakang lutut.


  • Lompat tali


Olah raga lompat tali juga dapat membakar lemak pada betis dan sangat efektif mengecilkan betis Lakukan minimal 20 menit agar otot betis lentur, terjadi pembakaran lemak dan akhirnya betis  perlahan mengecil. Lakukan seara rutin  setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


  • Split Squat Jump

Cara mengecilkan betis yang satu ini adalah dengan menekuk salah satu kaki hingga lutut di lantai dan di saat bersamaan memajukan salah satu kaki ke depan. Kemudian, melompat setinggi mungkin, lalu ketika mendarat ganti posisi. Jika awalnya kaki kanan yang menekuk, ketika mendarat ganti kaki kiri yang menekuk. Bila awalnya kaki kiri yang maju ke depan, maka ketika mendarat ganti dengan kaki kiri.


  • Olahraga Lari


Yang dimaksud dengan lari disini tentunya bukan lari cepat. Lari cepat justru dapat membesarkan betis jika tidak dilakukan dengan benar. Lama waktu berlari adalah 30-60 menit dan lakukan lari yang santai tetapi dengan jarak yang lebih jauh. Untuk membentuk betis yang lebih kecil, larilah di permukaan yang rata agar otot betis tidak bekerja terlalu keras dan menyebabkannya menjadi makin besar. Anda juga bisa melakukan olahraga di gym. Lari ketahanan akan

membuang lemak dari betis serta mengecilkan otot betis.

  • Ankle Circle

Gerakan ankle circle  dapat dilakukan sambil duduk di kursi. Angkat salah satu kaki lalu putar pergelangan kaki ke arah jarum jam sebanyak enam kali. Kemudian lakukan ke arah sebaliknya juga sebanyak enam kali. Lakukan gerakan ini bergantian antara kaki kiri dan kanan untuk mendapatkan betis yang ramping.



Yoga dapat menjadi salah satu cara  mengecilkan betis bagi anda yang memiliki otot betis berlemak dan terlihat besar. Beberapa gerakan yoga memiliki manfaat untuk mengecilkan betis jika dilakukan dengan benar. Namun gerakan ini tidak dapat dilakukan secara asal. Oleh karenanya untuk memperoleh  hasil yang maksimal anda disarankan untuk mengikuti kelas khusus yoga agar dapat mempelajari jenis gerakan yang dapat mengecilkan betis.


  • Gerakan Berjinjit

Gerakan berjinjit dapat dilakukan dengan cara

  1. Jaga jarak kaki agak rapat.
  2. Berjinjitlah sampai mencapai ketinggian maksimal dengan tumpuan kaki berada pada jari-jari.
  3. Tahan sebentar kemudian turunkan kaki kembali.
  4. Lakukan selama sepuluh kali sebanyak tiga set gerakan
  • Renang


Gerakan renang akan membantu mengencangkan otot betis sehingga tidak tampak besar. Jika perlu berlatihlah dengan orang yang berpengalaman atau mengambil kursus renang agar gerakan renang yang dilakukan tidak salah. Untuk tujuan mengecilkan betis lakukan kegiatan renang sekitar seminggu tiga kali.


  • Squat

Squat untuk mengecilkan betis dapat dilakukan dengan cara :

  1. Berdiri tegak dan buka kaki selebar pinggul.
  2. Taruh kedua tangan di kepala
  3. Mulailah menekuk kedua lutut ke bawah sampai berada pada posisi setengah jongkok
  4. Tahan sebentar, lalu kembali pada posisi berdiri.
  5. Lakukan sebanyak lima belas kali untuk tiga set gerakan.
  • Pilates


Selain dapat memperbaiki kelainan tulang belakang dan mengatasi postur tubuh yang kurang sempurna, latihan pilates juga  dapat mengecilkan betis jika  latihan pilates secara rutin dan teratur.  Olahraga yang dikembangkan oleh Joseph Hubert Pilates ini memfokuskan latihan pada kelenturan serta fleksibilitas tubuh manusia.


Cukup mudah bukan olahraga yang dapat anda  lakukan sebagai pilihan cara mengecilkan betis kaki dengan cepat. Lakukanlah dengan rutin semua latihan  satu persatu, jangan melalukan beberapa latihan sekaligus. Melakukan banyak macam gerakan sekaligus justru akan memberi beban pada otot betis yang  beresiko membuatnya makin besar.


Tips Lain Untuk Mengecilkan Betis


Selain melakukan beberapa latihan dan gerakan di atas, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan  untuk mengecilkan betis. Berikut ini adalah beberapa tips dari WaistCincher.org untuk memperoleh penampilan yang lebih baik.


  • Langkah 1

Ubah kebiasaan gaya hidup anda untuk mengurangi ukuran otot betis. Hindari berjalan dengan sepatu hak tinggi, berjalan pada permukaan yang tak rata atau berjalan dengan sepatu yang tidak mendukung. Semuanya itu berpengaruh pada besarnya otot betis. Jangan berdiri terlalu lama karena dapat mengurangi sirkulasi darah menuju otot betis anda. Sirkulasi darah yang berkurang dapat menyebabkan penumpukan racun pada otot kaki bagian bawah anda.


  • Langkah 2

Jalani olahraga kardio.Olahraga kardio akan membentuk kaki anda, membakar keseluruhan lemak, meningkatkan fleksibilitas dan mengencangkan otot betis. Olahraga kardio tak akan membuat otot betis membesar. Setelah berolahraga, pastikan untuk merentangkan otot betis setidaknya lima menit.


  • Langkah 3

Latihan peregangan betis juga dapat dilakukan untuk mengecilkan bentuk betis anda. Ada beberapa cara peregangan betis yang dapat anda lakukan, yaitu:

  1. Menarik kaki ke kanan dan kiri dengan bertumpu pada paha. Rentangkan kaki dengan sudut 45 derakat, lalu tekuk lutut pada salah satu kaki sebanyak 90 derajat. Luruskan kaki satunya dan regangkan. Lakukan latihan ini bergantian antara kaki kiri dan kanan.
  2. Berdiri menghadap dinding, taruh kedua tangan di dinding dan luruskan kaki kiri ke belakang. Kemudian tekuk kaki kanan 90 derajat, dorong pinggul ke arah depan. Tahan selama 30 detik lalu ulangi untuk kaki kiri juga.

  • Langkah 4

Pijat otot betis anda setelah berolahraga atau peregangan.


  • Langkah 5

Sebuah latihan betis yang luar biasa adalah dengan mengangkat betis berdiri. Berdirilah dengan satu kaki di atas sebuah pijakan sedangkan kaki satunya bergantung pada pijakan. Turunkan tumit beberapa inci pada kaki yang bergantung di pijakan. Dorong tumit anda ke depan semampu anda. Rasakan pijatan kencang pada otot betis anda. Ulangi gerakan ini 15 hingga 20 kali sebelum berganti kaki. Ini akan mengencangkan betis anda tanpa pembesaran.


  • Langkah 6

Perlunya penempatan kaki yang tepat sangat penting karena dapat mempengaruhi otot betis anda. Gerakan olah raga dapat membebani betis jika kaki tidak menapak dengan benar. Perhatikan gerakan kaki saat melakukan latihan. Selalu jejakkan bagian tumit terlebih dulu kemudian bagian ujung kaki agar beban tersebar merata pada kaki.


  • Langkah 7

Hindari gerakan yang kembebani betis. Ketika berolah raga, usahakan untuk menghindari gerakan yang membutuhkan tubuh menumpukan beban pada betis karena akan membuat otot betis membesar. Tanda bahwa olah raga atau gerakan yang anda lakukan membebani otot betis adalah rasa panas seperti terbakar pada otot. Contoh gerakan yang membebani otot adalah mendaki, hiking, berjalan atau berlari menaiki tanjakan  dan lain-lain.


Tak ada satu manusia yang luput dari kekurangan. Jika salah satu fisik anda terlihat kurang menarik maka  ada bagian lain yang pastinya mempunyai kelebihan yang sebenarnya tidak dimiliki orang lain. Janganlah terlalu khawatir dengan tampilan fisik, karena pada dasarnya menarik atau tidaknya seseorang tidak hanya diukur dari bentuk fisik  saja melainkan adanya hal yang lain yang lebih dapat diandalkan, misalnya anda adalah seorang yang berotak cemerlang. Hal tersebut adalah suatu kelebihan yang patut anda syukuri.  Berupayalah untuk fokus  kepada  kelebihan yang anda miliki misalnya senyuman yang manawan atau kelebihan lain yang hanya diri anda sendiri bisa menemukannya.


Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang