Bisakan jatuh sakit hanya karena kedinginan, misalnya karena pergi keluar di udara dingin tanpa memakai jaket ? Atau apakah sakitnya karena benar-benar terkena virus atau terinfeksi virus ?

Dilihat 1,21 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Hujan yang dingin tidak menyebabkan Anda menjadi sakit, bukan itu penyebabnya. Namun, memang harus diakui bahwa pada saat udara dingin, daya tahan tubuh seseorang memang akan menjadi sedikit lebih lemah dan rentan terhadap infeksi.


http://www.pbs.org/wgbh/nova/next/body/scientists-finally-prove-cold-weather-makes-sick/. Pintu utama penyakit dapat masuk ke dalam tubuh adalah hidung, karena ketika kita bernafas, sistem pernafasan kita akan akan terus menerus bekerja dan mungkin saja menghirup "bahan yang asing" bagi tubuh. Dalam keadaan normal, biasanya hidung akan menyaring terlebih dahulu "bahan-bahan" tersebut sebelum masuk ke dalam tubuh, tetapi ketika udara dingin hidung menjadi kurang responsif dalam melakukan hal tersebut, sehingga kita menjadi lebih rentan terhadap penyakit. 


Kita asumsikan seperti ini ya, Anda ditempatkan di dalam sebuah kotak yang steril/bersih, lalu kotak tersebut didinginkan. Anda dapat terus bertahan tinggal didalam kotak tersebut, sampai Anda sedikit membeku, namun anda tetap tidak akan sakit (meskipun bakteri yang ada di dalam tubuh Anda mulai bekerja), akan tetapi ketika Anda keluar dari kotak itu, kemungkinan Anda dapat jatuh sakit dengan cepat, terutama ketika kondisi udara mulai berubah, dari dingin menjadi panas, di saat itulah kuman mulai benar-benar bekerja. 


Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang