Apa penyebab naiknya berat badan?

Dilihat 969 • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Mulai dari kurangnya tidur, pola makan tidak sehat, kurangnya olahraga, stress juga bisa menyebabkan naiknya berat badan. Tapi terkadang berat badan naik karena alasan genetic, artinya jika ibu atau bapak Anda berat badannya berlebih maka Anda juga kemungkinan akan berlebih. Ini dikarenakan gen yang diturunkan dari orangtua kita. Untuk menjaga supaya tubuh sehat dan berat badan seimbang, kita harus berolahraga secara rutin dan mengikuti pola makan yang sehat.

Selain makan terlalu banyak dan tidak berolahraga, alasan-alasan lain yang dapat mempengaruhi metabolism juga akan menyebabkan berat badan naik. Beberapa alasan di antaranya :

  1. Stres kronik

  2. Perubahan hormone yang disebabkan oleh masalah kesehatan seperti hipotiroidisme, sindrom cushing sindrom indung telur polisistik, dan kehamilan.

  3. Efek samping pengobatan

  4. Kurangnya tidur. Sayangnya, fenomena naiknya berat badan adalah rumit. Kombinasi genetik, kontrol hormon, komposisi diet, pengaruh gaya hidup dan lingkungan hidup, tidur, kegiatan fisik dan stress bisa menjadi penyebab-penyebabnya. Semua faktor ini menyebabkan ketidakseimbangan dalam penghitungan energy.

Anda menambah berat badan saat mengkonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibakar atau membakar lebih sedikit daripada yang dikonsumsi.

Naiknya berat badan tentunya disebabkan banyak faktor, tapi kontributor yang paling utama terhadap obesitas dalam jangka waktu yang panjang adalah insulin. Tubuh kita menghasilkan insulin saat ada asupan karbohidrat dalam tubuh kita. Hal ini merupakan adaptasi evolusioner yang terbentuk karena saat leluhur paleolitik kita mulai mengkonsumsi gula, pada masa itulah energi menjadi surplus. Insulin adalah hormon yang memberikan tanda bahwa tubuh berada energy pada kondisi surplus, sehingga energy terstimulasi untuk disimpan sebagai lemak. Salah satu mitos terbesar mengenai nutrisi adalah lemak dapat membuat Anda gemuk. Hal ini tidak benar, karena tidak ada bukti ilmiah untuk mendukungnya. Karbohidratlah yang membuat Anda gemuk.

Biasanya saat ada kalori yang dikonsumi lebih banyak daripada yang digunakan oleh tubuh, maka akan terbentuk energy berlebih dalam bentuk lemak yang tersimpan dalam tubuh. Alternatif solusinya yaitu memperbanyak asupan air dan menambah otot.

Perlu digaris bawah bahwa obesitas sangat erat kaitannya dengan faktor genetik. Anak-anak dari orang tua yang obes akan cenderung menjadi obes juga daripada anak-anak yang dari orang tua yang langsing atau kurus. Zaman sekarang, makanan sering dibuat dari bahan makanan dalam jumlah yang sedikit namun dicampur dengan banyak sekali bahan kimia. Makanan-makan seperti ini memang murah, bertahan lama untuk disimpan, dan rasanya sungguh lezat sampai kita tidak puas memakannya. Dengan membuat makanan seperti ini, para produsen makanan membuat kita memakan lebih banyak dan membelinya terus menerus, memakannya lagi dan lagi. Sehingga kita hilang kendali terhadap kebiasaan makan kita sama seperti seorang pencandu alcohol yang hilang kendali terhadap kebiasaan minumnya. Insulin adalah hormon yang sangat penting untuk mengatur penyimpanan energy. Salah satu fungsi insulin adalah untuk memberitahu sel lemak untuk menyimpan lemak dan mempertahankan lemak yang sudah disimpan oleh tubuh.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang