Buah - buahan dan sayuran apa yang bisa sebagai penambah darah?

Dilihat 671 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Ada banyak buah dan sayuran yang bermanfaat sebagai penambah darah. Mulai dari kurma, semangka, berbagai sayuran hijau serta yoghurt. Di sini saya akan berbagi mengenai beberapa makanan yang memiliki manfaat sebagai penambah darah.

Kurma dan dan delima sangat lezat. Semua orang menikmatinya mulai dari anak - anak sampai dengan orang dewasa. Buah - buahan tersebut merupakan sumber dari vitamin A, C, E, asam folat, dan zat besi. Keduanya mengandung antioksidan tiga kali lebih banyak dibanding teh hijau. Mengkonsumsi kedua buah tersebut dalam bentuk apapun dapat meningkatkan kadar zat besi dalam dara dan membantu mengurangi gejala kurang darah.


Kurma juga merupakan buah kesukaan banyak orang. Kurma menarik perhatian banyak orang dan dinikmati oleh segala kalangan. Kurma dan kurma kering merupakan buah yang kaya akan nutrisi.Selain mengandung zat besi, kurma juga mengandung potasium, kalsium, magnesium, vitamin A dan B. Kurma juga bisa meningkatkan stamina. 


Tambahkan buah bit ke dalam daftar makanan sehari - hari anda. Buah bit kaya akan zat besi. Satu cangkit buah bit potong akan memberikan anda 1,1 mg zat besi. Anda bisa mengkonsumsi buah bit dalam berbagai bentuk seperti dalam bentuk salad, jus, diparut dengan buah - buahan lainnya seperti kentang dan kacang hijau. Meminum jus bit selama 20 hari akan meningkatkan tingkat hemoglobin dalam darah dan saya sendiri sudah membuktikannya. 


Semangka adalah salah satu buah yang paling segar dan bisa memuaskan dahaga. Semangka bukan hanya lezat tapi juga kaya akan nutrisi. Berdasarkan hasil penelitian, semangka lycopene yang lebih tinggi dibanding tomat. Jus semangka juga bermanfaat untuk meningkatkan jumlah hemoglobin dalam darah selama masa kehamilan begitu pula dengan jus bit dan jus delima. FYI: lycopene larut dalam lemak yang berarti penyerapannya oleh tubuh membutuhkan keberadaan sejumlah lemak dalam darah. Semangka terdiri dari 92% air dan 8% gula. Buah ini mengandung cukup banyak zat besi, protesin , karbohidrat, potasium , vitamin C dan vitamin B. Mengkonsumsi semangka secara rutin akan meningkatkan energi dan stamina anda. 


Konsumsilah yoghurt dan brokoli. Yoghurt kaya akan kalsium. Karena proses persiapannya, minuman ini mengandung lebih banyak kalsium dibanding susu yang merupakan bahan dasar dari yoghurt. Hasil kesehatan tubuh global mengungkapkan bahwa 250 gram yoghurt rendah lemak mencukupi 42% dari kebutuhan kalsium harian kita. Sedangkan brokoli merupakan sayuran yang sangat tinggi akan kalsium. Sayuran ini mengandung 80mg kalsium. Brokoli bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan tulang, melainkan juga merupakan sumber vitamin C, serat dan nutrisi lainnya. Anda bisa menggunakan brokoli dalam pasta atau salad

Sayuran hijau segar merupakan sumber dari zat besi dan kalsium. Para orang tua sangat sering mengatakan bahwa kita harus banyak makan sayuran, dan mereka memang benar sekali. Sayuran hijau segar seperti bayam sangat bermanfaat dalam untuk menyeimbangkan tingkat kalisum dan hemoglobin dalam tubuh.


Makanan yang kaya akan vitamin C membantu penyerapan zat besi ke dalam tubuh. Rendahnya tingkat hemoglobin dalam darah yagn disebabkan oleh kurangnya vitamin C dapat diperbaiki dengan meningkatkan asupan vitamin C melalui buah - buahan seperti jeruk, stroberi, jambu biji, kiwi, pepaya, dan anggur. Anda juga bisa membuat jus atau salad dari campuran buah - buahan tersebut. 


Kalau tingkat hemoglobinmu rendah karena tubuh tidak memproduksi sel darah merah dalam jumlah yang cukup, kamu akan kekurangan asam folat (vitamin B kompleks yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah). Asam folat dapat ditemukan dalam biji - bijan, kacang polong, toge, nanas, kacang tanah, dsb. FYI: Kalau kamu banyaak mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, kamu harus mengimbanginnya dengan meningkatkan asupan makan yang banyak mengandung asam folat.

Cara lain adalah dengan mengkonsumsi rempah - rempah yang juga dapat membantu penyerapan zat besi oleh tubuh, terutama daun mint, daun kemangi, ketumbar, dan daun salam. Perbanyak mengkonsumsi kacang - kacangan seperti kaca kedelai, kacang merah, buncis, dan kacang polong. Mengkomsumsi kacang - kacangan secara teratur akan meningkatkan tingkat zat besi dalam tubuh secara bertahap serta meningkatkan stamina.



Terjawab 7 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang