Buku apa sajakah yang membahas asal muasal dan sejarah Islam secara netral?

Dilihat 6,24 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Islam menjadi salah satu agama terbesar kedua yang memiliki pengikut terbanyak di seluruh dunia. Sebagai agama dengan jumlah pemeluk terbesar kedua, Islam memiliki sejarah yang sangat panjang. Sejarah Islam sendiri memiliki ruang lingkup pembahasan yang luas. Beberapa orang yang ingin mempelajari Islam, dengan mudahnya menemukan berbagai buku Islam atau buku sejarah Islam yang membahas tentang sejarah dan asal muasal Islam.

sejarah perkembangan islam


Permasalahan muncul ketika ingin mempelajari sejarah Islam adalah bagaimana menemukan buku Islam atau buku sejarah Islam yang membahas sejarah dan asal muasal Islam dari sudut pandang netral? Karena tidak jarang kita menemukan beberapa buku yang bahkan terkesan menyudutkan Islam dan memberi kesan negatif terhadap Islam.


Nah, di sini saya mencoba membagikan beberapa buku Islam dan buku sejarah Islam yang membahas sejarah dan asal muasal Islam secara netral:


1. The Venture of Islam. Buku ini terdiri dari 3 volume karya Marshall G. S. Hodgson. Buku ini sangat terperinci dan menarik, terdiri dari tiga set buku.

Buku pertama memiliki bahasa yang cukup berat dan merupakan materi akademik, namun hanya di permulaannya saja. Buku ini akan menjadi semakin mudah bila kau terus membacanya. Buku kedua dan ketiga merupakan seri yang lebih baik dan nyaman untuk dibaca.


2. A History of Islamic Societies karya Ira M. Lapidus. Ini merupakan buku yang terdiri dari 1000 halaman yang membahas masalah peradaban Islam dengan sangat profesional.


buku sejarah islam yang bagus


3. The Middle East : A History karya William Ochsenwald dan Sydney Nettleton Fisher. Satu lagi buku sejarah Islam yang sangat tebal yang memfokuskan pada sejarah di Timur Tengah dan bagaimana Islam mempengaruhi kehidupan sosial di daerah tersebut.


4. The Prohet and the Age of the Caliphates karya Hugh Kennedy. Buku ini hanya menceritakan lima abad pertama perkembangan Islam, tapi menjelaskan dengan rinci tentang bagaimana khalifah berkembang dan menguasai pemerintahan hingga masa sebelum Perang Salib.


buku sejarah islam


Tapi tentu saja, beberapa referensi tadi merupakan hasil pengalaman pribadi setelah membaca beberapa buku. Masih banyak buku Islam dan buku sejarah Islam yang membahas sejarah dan asal muasal Islam dengan netral. Mengapa penting  untuk mencari buku dengan pembahasan netral tentang Islam? Harapannya ketika kita mempelajari Islam, maka hasilnya adalah pendapat yang tidak melulu menyudutkan Islam. Tetapi mampu melihat nilai-nilai baik dan terpuji yang diajarkan Islam. Sehingga jika ada kritik terhadap Islam, bukan kritik yang merusak dan memecah belah, tetapi kritik yang positif yang akan membangun umat dan peradaban. Bukankah lebih baik jika kita bisa bersama-sama menjaga kerukunan di muka bumi ini?

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang