Cara apa yang baik untuk mengatasi kanker payudara?

Dilihat 7,32 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Dahulu sangat jarang sekali orang yang terkena penyakit kanker ataupun tumor, namun di zaman sekarang penyakit tersebut seolah menjadi penyakit yang mudah sekali menjangkit baik anak-anak mapun orang dewasa. 


Banyak orang yang menganggap bahwa hal ini diakibatkan karena kualitas kesehatan lingkungan yang sudah tidak sehat dan juga menerapan gaya hidup buruk yang seolah menjadi trend di kalangan masyarakat modern. Sebut saja sebuah penyakit yang kini menghantui banyak perempuan di seluruh dunia, yaitu kanker payudara. 


Dalam artikel ini saya akan membahas tentang cara mengatasi kanker payudara yang akan berguna bagi anda para penderita kanker jenis ini untuk tetap semangat dengan diagnosis kanker payudara. 


Selain itu, saya juga akan berbagi informasi mengenai cara mencegah kanker payudara yang akan berguna bagi para wanita. 


Kanker payudara


Kanker Payudara


Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang selalu mengancam wanita diseluruh dunia dan merupakan penyakit yang mematikan. 


Berdasarkan data dari seluruh dunia, jenis kanker ini adalah kanker yang paling banyak merenggut nyawa wanita setelah kanker serviks. 


Lalu mengapa anggota tubuh wanita ini mudah sekali terkena kanker? 


Payudara pada wanita terbentuk dari lemak, ribuan lobulus (kelenjar kecil penghasil air susu), dan juga jaringan ikat. Payudara secara bertahap mulai mengalami pertumbuhan pada wanita sejak wanita mengalami masa pubertas hingga dewasa. 


Dan saat seorang wanita melahirkan secara otomatis air susu ibu (ASI) akan dikirimkan melalui saluran kecil kemudian disalurkan melalui puting untuk menyusui bayi. Biasanya tubuh manusia akan mengalami pembaruan pada sel-selnya namun berbeda pada penderita kanker, khususnya kanker payudara. 


Proses pertumbuhan dan perkembangbiakan sel akan berjalan dengan tidak wajar, bahkan sel-sel akan berkembangbiak secara tidak terkendali. Kemudian cepat atau lambat sel abnormal akan menjadi sel kanker, dan sel-sel kanker tersebut akan menyebar ke bagian tubuh lainnya melalui aliran darah. 


Kanker payudara di Indonesia


Gejala awal kanker payudara yang akan dialami oleh penderita kanker payudara adalah munculnya benjolan pada permukaan payudara, namun banyak juga kasus munculnya benjolan yang bukan berarti kanker. 


Jika kanker payudara terdeteksi pada stadium awal, kanker umumnya dapat diobati sebelum menyebar ke bagian lain dalam tubuh. 


Penderita kanker di Indonesia cukup banyak yaitu mencapai 40 kasus pada setiap 100.000 penduduk pada tahun 2012. Berdasarkan data dari WHO, negara kita bisa dibilang lebih memiliki banyak penderita kanker ini dibandingkan negara tetangga kita seperti Malaysia dan Singapura. 


Bahkan kanker di Indonesia lebih banyak diderita oleh wanita muda. Beberapa kasus juga diderita oleh pria, walaupun hal ini sangat jarang sekali terjadi. 


Gejala awal kanker payudara



Penyebab Kanker Payudara


Lalu apa faktor apa yang bisa menyebabkan kanker payudara pada wanita?


Disinyalir bahwa banyaknya penderita kanker payudara di Indonesia diakibatkan oleh  kualitas gaya hidup masyarakat Indonesia yang buruk.


Kebanyakan dari para wanita muda lebih banyak menyukai beberapa trend budaya luar yang menurut mereka menarik dan keren seperti gaya hidup buruk dari makanan yang jauh dari kata sehat. 


Selain gaya hidup yang buruk, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kanker payudara pada wanita, seperti:


  • Usia
  • Riwayat keluarga
  • Riwayat kesehatan pribadi
  • Masa menstruasi dan Reproduksi
  • Kepadatan payudara
  • Perubahan gen
  • Kelebihan berat badan
  • Radiasi
  • Mengkonsumsi alkohol
  • Pernah melakukan implan payudara

Selain faktor-faktor di atas, tentunya masih banyak faktor yang bisa menyebabkan kanker payudara pada wanita. Misalnya seperti melakukan jenis pekerjaan tertentu yang menyebabkan seorang wanita bekerja pada malam hari dan wanita tersebut belum pernah mengandung atau hamil, hal ini bisa menjadi salah satu faktor penyebab kanker payudara. 


Maka dari itu, sebaiknya para wanita selalu berusaha menjaga kondisi tubuh dan tinggalkanlah pekerjaan yang bisa membuat tubuh menjadi terlalu lelah dan menimbulkan stres.


Faktor yang menyebabkan kanker payudara


Cara Mengatasi Kanker Payudara


Salah satu jalan yang paling cepat ketika seseorang terjangkit kanker payudara tentu saja dengan menjalani operasi. 


Operasi ini bertujuan untuk melakukan pengangkatan payudara yang terkena kanker. Namun keputusan operasi pengangkatan ini harus dilihat berdasarkan tingkat stadium kanker, penyebaran kanker, dan kondisi kesehatan penderita kanker. 


Meskipun demikian, operasi pengangkatan biasanya tidak akan membuat kanker hilang secara menyeluruh. Masih perlu dilakukan beberapa jenis terapi penghilang sel-sel kanker seperti kemoterapi. 


Lalu, adakah cara mengatasi kanker payudara yang alami? 


Mungkin sebagian orang lebih memilih untuk tidak melakukan operasi karena terhalang oleh faktor biaya yang mahal apalagi setelah operasi pasien juga dianjurkan untuk melakukan kemoterapi. 


Sebenarnya ada beberapa cara mengatasi kanker payudara secara alami, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:


Bunga rosela sebagai penyembuh kanker payudara

1. Bunga Rosela


Tahukan anda khasiat di balik bunga yang menghasilkan warna merah pekat ini? Ternyata bunga rosela memiliki khasiat yang bagus untuk mengobati kanker payudara. 


Bunga rosela ini bermanfaat sebagai obat pencegah kanker dan peradangan pada tubuh. Selain itu bunga berwarna merah ini kaya akan kandungan vitamin C, vitamin D, vitamin A, B1, dan juga B2. Tidak hanya itu, bunga rosela juga mengandung kalsium, magnesium, omega 3, iron, potasium, beta caroten, dan Asam Essential. 


Karena daftar kandungan senyawa baik yang banyak yang dimiliki oleh bunga rosela ini, anda bisa memanfaatkannya sebagai obat kanker payudara yang alami untuk mencegah kanker menjadi bertambah parah.



2. Daun Sirsak


Seperti yang kita tahu bahwa daun sirsak memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, salah satunya yang menakjubkan adalah bahwa daun sirsak memiliki khasiat untuk mengobati kanker payudara. 


Daun sirsak mengandung annocatacin, acetogenins, muricapentocin, gigantetroin, linoleic acid, annocatalin, dan kandungan senyawa bermanfaat lainnya. Daun sirsak juga memiliki kemampuan dalam menghambat dan membunuh sel-sel abnormal yang biasanya terdapat pada tubuh penderita kanker dengan kekuatan 1.000 kali lebih efektif dibandingkan dengan obat lainnya. 


Anda bisa menggunakan daun sirsak sebagai obat penyembuh dan juga pencegah kanker yang alami dengan cara rutin meminum sari air daun sirsak yang telah direbus.


Kulit manggis bisa mengobati kanker payudara

3. Kulit Manggis


Sampai saat ini popularitas kulit manggis sebagai obat serba guna dan bisa mencegah berbagai macam penyakit memang tidak pernah pudar. 


Walaupun kulit manggis memiliki rasa pahit seperti jamu, namun banyak orang kini yang melakukan pengobatan dengan kulit manggis. Bagaimana tidak? Kulit manggis memiliki banyak khasiat salah satunya adalah sebagai obat anti dan penyembuh kanker yang alami. 


Kandungan xanthone dalam kulit manggis memiliki khasiat yang luar biasa, di antaranya adalah bisa menjaga kestabilan kekebalan tubuh dan juga berkhasiat mengobati dan mencegah kanker payudara pada wanita. 


Ekstra kulit manggis juga bersifat antiproliferasi yang dapat menghambat perkembangan sel-sel kanker, termasuk kanker payudara. 



4. Kunyit


Ternyata kunyit tidak hanya berguna sebagai bumbu dapur dan bahan untuk membuat jamu, kunyit juga bisa menjadi salah satu obat alami yang bisa mengatasi kanker payudara. 


Kunyit memiliki kandungan curcumol  yang berfungsi sebagai senyawa yang bisa mencegah tubuh kita menghasilkan sel-sel abnormal seperti kanker payudara. Kunyit juga bisa menjadi dimanfaatkan sebagai cara mencegah kanker payudara yang paling efektif. 


Jika anda ingin menggunakan kunyit untuk mengobati kanker payudara, caranya adalah dengan mengupas kunyit kemudian rebus dengan 4 gelas air hingga menjadi dua gelas. Minumlah ramuan tersebut secara rutin dua kali sehari. Ramuan yang terbuat dari kunyit ini dipercaya sejak dulu sangat bagus sebagai salah satu cara mengatasi kanker payudara.


-


Itulah beberapa penjelasan mengenai cara mengatasi dan cara mencegah kanker payudara yang bisa anda terapkan. 


Bagi anda yang bukan merupakan penderita kanker payudara ada baiknya selalu menjaga kondisi tubuh dengan menjalankan pola hidup sehat diantaranya seperti berolahraga, memiliki waktu tidur yang cukup, dan juga menjaga pola makan yang sehat. 


Namun jika anda adalah salah satu penderita kanker payudara jangan berkecil hati dengan kondisi anda, harapan untuk sembuh selalu ada selama anda masih memiliki semangatnya. Bahkan banyak cerita yang berakhir baik dengan sembuh dari kanker payudara


Mulai dari sekarang cintailah diri anda terutama para wanita yang memang memiliki resiko yang lebih besar terhadap penyakit ini. Mari mulai cintai tubuh kita dengan melakukan kebiasaan yang baik!

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang