Apakah ayam beku harus dicairkan sebelum dipanggang?

Dilihat 2,48 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Masyarakat pada umumnya lebih sering mengolah daging ayam untuk dijadikan lauk makan dibandingkan dengan daging sapi dan daging kambing. Selain harganya yang lebih murah, waktu pengolahan daging ayampun lebih cepat, dan juga lebih sehat dibandingkan dengan daging merah. 


Rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut membuat daging ayam digemari oleh banyak orang. Makanan sumber protein tinggi ini bisa diolah menjadi sajian yang lezat seperti; ayam goreng, sup ayam, ayam penyet, opor ayam, ayam bakar, ayam panggang dan masih banyak lagi sajian ayam lainnya yang dapat kita buat sendiri dengan mudah. 


Karena masakan ayam merupakan makanan favorit semua kalangan, dalam artikel ini akan disajikan cara masak ayam bakar dan cara memanggang ayam. Saat ini daging ayam bisa dengan mudah kita dapatkan dipasaran dengan harga yang terjangkau, ada daging ayam segar maupun daging ayam beku. 


Daging ayam segar maupun daging ayam beku sama enak dan sehatnya, yang paling penting bila membeli ayam segar harus segera mengolahnya dan jangan dibiarkan terlalu lama terbuka di suhu ruangan. 


ayam bakar



Cara Masak Ayam Bakar


Pengolahan daging ayam selain dengan cara di goreng, dimasak dengan kuah, juga sering dimasak dengan cara dibakar. Cara masak ayam bakar walaupun bisa dikatakan mudah, tetapi harus diperhatikan agar daging ayamnya bisa empuk tetapi tidak gosong, serta bumbunya meresap sampai kedalam. Agar daging ayam tidak gosong atau hangus, ketika membakar ayam lakukan di atas bara api jangan diatas api yang berkobar. Dan ayam harus direbus terlebih dahulu (diungkep) supaya empuk, kemudian diamkan dulu jangan langsung di bakar agar bumbunya meresap. Saya akan memberikan anda salah satu resep cara terbaik untuk membuat ayam bakar, berikut adalah resepnya:


Resep ayam bakar kecap


1. Resep ayam bakar kecap


Bahan yang diperlukan: 


  • 1 ekor ayam sedang besar potong-potong sesuai selera 
  • 6 siung bawang merah 
  • 6 siung bawang putih 
  • 8 buah cabe merah keriting 
  • 10 buah cabe rawit 
  • 3 cm lengkuas 
  • 3 cm kunyit 
  • Setengah sendok teh ketumbar  
  • 3 cm jahe 
  • 4 lembar daun salam  
  • 2 sendok makan air asam jawa 
  • 6 sendok makan kecap manis kental 
  • 400 ml air untuk merebus ayam  
  • 1 sendok the air jeruk nipis 
  • 1 sendok teh gula pasir 
  • 1 sendok garam 

Cara membuat :

  1. Potong ayam menjadi 4-6 bagian atau sesuai selera, cuci bersih kemudian tiriskan 
  2. Lumuri potongan daging ayam yang sudah dibersihkan dengan perasan air jeruk nipis dan biarkan beberapa saat agar meresap. 
  3. Haluskan bumbu ayam bakar seperti bawang merah, bawang putih, cabe keriting, cabe rawit , lengkuas, kunyit, jahe, ketumbar, gula pasir dan garam. 
  4. Setelah halus, balurkan bumbu ke potongan daging ayam sampai merata. Diamkan setengah jam agar bumbu meresap. 
  5. Masukan ayam beserta bumbu halus ke dalam rebusan air 
  6. Masukkan daun salam, air asam dan kecap kental manis. Aduk-aduk agar tercampur dan meresap sempurna. Rebus/ungkep sampai daging terasa empuk dan sisakan kaldunya jangan sampa habis. Setelah itu, angkat dan tiriskan dulu agar bumbu meresap 
  7. Kemudian bakar ayam di atas bara api dan diberi olesan sisa bumbu daging. Bakar sampai matang merata dan tercium harum serta bagian permukaan daging mengering. Ayam bakar kecap siap disajikan.  

Cara membuat ayam bakar


Tips Cara memanggang ayam


Cara memanggang ayam berbeda dengan cara masak ayam bakar dengan microwave. Dalam proses memasaknya menggunakan alat panggangan, oven, atau microwave. Ada beberapa tips memanggang ayam agar matang sempurna dan kulitnya terasa renyah:


  • Pastikan ayam harus telah bersuhu ruangan sebelum mengolahnya. Jika ayamnya menggunakan daging ayam beku, diamkan dulu 30-45 menit. Jika memanggang ayamnya dalam keadaan masih dingin, maka ayam panggangnya tidak akan matang merata. 
  • Agar kulit ayam renyah, keringkan terlebih dahulu ayam dengan tisu sekering mungkin sebelum dibumbui dengan cara di tepuk-tepuk, kemudian olesi seluruh permukaan kulit dengan mentega tawar yang telah dilelehkan terlebih dahulu 
  • masukkan mentega, irisan bawang putih, bawang merah, bawang Bombay, perasan jeruk lemon, serta rempah-rempah lainnya ke dalam badan ayam, dan juga dapat menyelipkan bumbu tersebut di bawah kulit ayam. Bumbu tersebut dapat menambah cita rasa ayam panggang. Kemudian taburi garam dan lada bubuk. 
  • Jika memanggang ayam dalam keadaan utuh sebaiknya simpan ayam dalam posisi dada ayam dibagian bawah pada awal pemanggangan . setelah setengah matang kemudian balikkan ayam dan biarkan hingga matang, agar ayam tetap lembab dan tidak kering 
  • Selama pemanggangan, tutupi ayam dengan kertas alumunium, sehingga ayam tetap lembab. Setelah ayam hampir matang, kertas alumunium dibuka dan panggang ayam sampai matang dan kulitnya menjadi renyah dan berwarna kekuningan. 
  • Ukurlah suhu dalam bagian ayam menggunakan thermometer daging. Apabila suhu ayam telah mencapai sekitar 75 derajat celcius, maka ayam telah matang. Atau bila tidak ada thermometer daging, bisa dengan cara miringkan daging ayam agar cairan dari daging ayam akan keluar. Jika cairan masih berwarna merah, tandanya ayam belum matang, tetapi bila cairan ayam bening maka ayam telah mayang. 
  • Setelah ayam matang keluarkan dari oven dan diamkan sekitar 15 menit , agar cairan kembali meresap dan daging ayam menjadi lembut. 

cara membuat ayam bakar


Adakalanya ketika akan memanggang ayam, ayam yang digunakan adalah daging ayam beku, tujuan dari pembekuan tersebut agar ayam lebih awet dan bisa tahan lebih lama sampai berbulan-bulan. Ada beberapa cara untuk mencairkan daging ayam beku (thawing):


  1. Cara yang pertama yang bisa anda lakukan, keluarkan ayam beku dari freezer dan letakkan di atas piring atau wadah, kemudian pindahkan ke bagian paling bawah lemari es. Cara ini merupakan cara yang paling aman, tetapi prosesnya lebih lama, potongan ayam beku baru dapat mencair setelah satu malam, sedangkan ayam utuh beku membutuhkan waktu yang lebih lama lagi.
  2. Cara kedua yang bisa dilakukan, masukkan daging ayam beku kedalam plastik kedap air dan diikat, kemudian masukkan kedalam wadah yang telah diberi air dingin, ganti air setiap 30 menit sekali, sampai daging ayam beku mencair. Cara ini lebih cepat karena hanya membutuhkan waktu 2-3 jam.
  3. Cara ketiga merupakan cara yang paling cepat, karena daging ayam beku bisa mencair hanya beberapa menit saja, yaitu dengan cara menghangatkan menggunakan microwave dan suhu yang digunakan 40-140 derajat Celsius.

Tips memasak ayam beku


Berikut adalah cara terbaik untuk memanggang ayam beku:


  • Siapkan dada sesuai kebutuhan
  • Garam dan merica secukupnya 
  • Siapkan panggangan, nyalakan dan panaskan  
  • Bilas ayam di bawah air mengalir, dan keringkan dengan menggunakan tisu dapur 
  • Bila dada ayam terlalu tebal, haluskan menggunakan palu daging hingga tipis dan tidak keras. 
  • Lumuri dada ayam dengan garam dan merica atau dengan rempah-rempah sesuai selera 
  • Letakkan dada ayam di atas panggangan, dan biarkan selama dua sampai tiga menit. Dada ayam akan terlihat lebih putih dan kuning setelah matang.

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa anda gunakan sebagai cara memasak dan memanggang ayam beku. Ayam adalah salah satu bahan makanan yang wajib disimpan di dalam freezer agar membuatnya tetap tahan alam walaupun tidak dimasak, namun terkadang ayam beku membuat kita kebingungan saat akan memasaknya. 


Biasanya ayam yang sudah beku jika dimasak akan membutuhkan perlakuan yang berbeda dengan ayam segar atau ayam tidak beku. Maka dari itu, anda bisa melakukan beberapa tips di atas agar memasak ayam beku menjadi mudah lagi anda. Untuk memanggang ayam, anda juga bisa merebus ayam yang akan dibakar terlebih dahulu agar memastikan ayam matang secara sempurna saat dibakar. Selamat mencoba!!

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang