China dan Indonesia sepertinya membentuk aliansi dalam konferensi Asia-Afrika. Bagaimana hal ini akan mempengaruhi konflik di Laut China Selatan?

Dilihat 1,27 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Aku orang Indonesia, menurut pandanganku sendiri, aku sangat ragu kalau Indonesia sekarang adalah rekan China. Hanya karena China menginvestasi di Indonesia dengan banyak, bukan berarti 2 negara itu rekan satu sama lain. Indonesia menerima siapapun yang datang untuk berinvestasi. Jadi, kalau itulah kasusnya, Indonesia adalah rekan semua negara. Bapak pendiri Mandat Indonesia itu adalah untuk membuat negara ini bebas dan aktif dalam komunitas Internasional. Dan juga, Indonesia merupakan pendiri Negara Non Blok yang menghasilkan Konferensi Asia Afrika pertama. Jadi, aku sangat ragu kalau pemerintahan yang sekarang membuat aliansi dengan KAA itu sendiri.Ada rekan China di ASEAN, dan ada pula rekan AS di ASEAN. Jadi, sisi mana yang ASEAN ambil?

Indonesia itu bukan keduanya, karena kami adalah negara non blok. Kamipun jug abukan negara penuntut di dalam perselisihan Laut China Selatan. Dengan kenyataan kami tidak mengambilnya, dan bukan negara penuntut adalah rekan kami, adn kesuksesan Indonesia dalam menengahi kesulitan-kesulitan politik di negara-negara lain, kami percaya kami harus menjadi makelar. Kesulitan yang kami hadapi ialah partai-partai ini (bukan 2 partai) yang bahkan tidak setuju dalam bagaimana untuk menyelesaikan hal ini. Apakah ini de facto, de jure, dalam negosiasi, sidang Internasional? Dan jangan pikir kalau ini hanya antara China vs yang lainnya. Hal ini lebih rumit daripada itu.

Sangat banyak klaim teritorial yang tumpang tindih disini, China vs setiap penuntut, Taiwan vs Filipina, Vietnam vs Taiwan, Vietnam vs Filipina, Vietnam vs Malaysia, Malaysi vs Filipina dan Malaysia vs Brunei dan ada perselisihan antara Indonesia vs Malaysia tanpa China dan penuntut lainnya. Namun, kami memiliki ketertarikan untuk menjaga kestabilitasan dalam penentangan perairan yang besar ini karena perdagangan kami sangat bergantung pada hal itu, sama seperti setiap negara didunia ini, siapa sih yang tidak menggunakan Laut China Selatan untuk area perdagangan mereka?

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang