Apa contoh pidato singkat yang baik (kalau bisa yang berisikan humor) yang bisa saya berikan sebagai calon dalam pemilihan sekolah?

Dilihat 1,39 rb • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kita tentu tidak asing dengan kegiatan berpidato yang sering dilakukan oleh beberapa orang dengan tujuan tertentu. Biasanya pidato dilakukan di dalam pembukaan suatu acara, pemilihan sekolah sampai dengan pemerintah, peresmian perusahaan dan lain sebagainya. Pengertian pidato sendiri adalah sebuah kegiatan yang dilakukan di depan banyak orang untuk menyampaikan pendapat ataupun memberikan gambaran mengenai suatu hal. Dalam berpidato, seorang pembicara memiliki beberapa tujuan di antaranya memberitahukan sesuatu, menghibur, dan juga mengajak atau membujuk masyarakat untuk melakukan sesuatu hal. 



Pidato yang Menarik dan Menghibur


Pidato memang selalu dianggap sebagai kegiatan yang formal dan membosankan. Sehingga banyak sekali orang yang menghindar untuk mendengarkan pidato, karena pidato yang baik belum tentu pidato tersebut menarik. Apalagi bila pembicara yang berpidato nyatanya hanya membaca teks yang telah disediakan ataupun para penonton tidak mengerti tentang penjelasan pembicara. 

Untuk menghindari hal tersebut dibutuhkan keahlian seorang pembicara untuk dapat menarik hati dan perhatian para penonton, agar para penonton merasa nyaman dan sekaligus terhibur dengan pidato yang kita sampaikan. Untuk itu penting sekali bagi kita mengetahui cara membuat pidato yang baik dan menarik.


cara membuat pidato

Saya akan memberikan tips cara membuat pidato yang menghibur bedasarkan pengalaman saya. Saat ini saya menjabat sebagai Presiden Pelajar dari Badan Pelajar Pemerintah di negara saya. Saat itu saya masih sebagai calon untuk jabatan saya saat ini. Saya diharuskan untuk menyampaikan pidato di depan banyak calon pemilih. Saya tidak yakin apakah contoh pidato singkat yang saya berikan dinilai sebagai contoh yang baik, tapi saya memenangkan pemilihan untuk komite dimana saya berada saat ini. 


Beberapa hal unik saya lakukan dalam pidato tersebut, tidak lain bertujuan untuk menarik simpati penonton terlebih dahulu. Berikut adalah tips cara membuat pidato yang saya ambil dari contoh pidato singkat saya yang membuat saya menjadi perhatian para penonton saat itu. 


contoh pidato singkat


Tips Membuat Pidato yang Menarik


1. Memperkenalkan Diri

Saya memulai dengan memperkenalkan diri dan melanjutkan dengan menyoroti tanggung jawab dari posisi yang saya pegang. Hal ini penting dimana para penonton harus mengenal kita terlebih dahulu setidaknya nama dan pekerjaan kita. 

Kita pun bisa memberikan humor jika anda menginginkannya, itu bertujuan untuk memberikan sebuah kesan baik di awal sehingga para penonton akan mudah mengingat kita. Lanjutkan dengan tujuan anda dalam menyampaikan pidato tersebut, ini akan membuat penonton mengerti dan mudah menangkap isi pidato anda selanjutnya.


2. Percaya Diri Itu Penting

Anda harus memastikan bahwa anda bersikap percaya diri dan dapat berbicara dengan lancar saat menyampaikan pidato singkat anda. Saya juga berbicara tentang inisiatif yang saya ambil dan rencana yang saya miliki jika saya terpilih saat itu. Saya juga mengamati orang-orang yang berpidato sebelum saya. Mereka memiliki daftar atau semacam catatan pidato singkat yang mereka bacakan di depan para calon pemilih, sedangkan saya hanya membawa kertas kosong ke depan mimbar.


pidato menghibur


3. Sampaikan Pembahasan Dengan Kalimat yang Mudah Dipahami

Sampaikan pembahasan pidato anda dengan kalimat yang mudah dimengerti oleh para penonton. Jangan gunakan banyak istilah asing yang cenderung akan membingungkan dan membuat pidato anda akhirnya tidak dihiraukan. Jika pidato anda bertujuan membujuk penonton untuk memilih anda dalam sebuah pemilihan, misalnya calon pemilihan sekolah. 

Anda bisa membahas lebih banyak tentang rencana-rencana anda jika anda terpilih, kenapa mereka harus memilih anda, dan apa yang membedakan anda dengan calon yang lainnya. Ingat untuk selalu membuat kesan dalam setiap pidato anda, tentunya dengan sedikit gurauan kecil agar penonton juga tidak merasa jenuh. Menghubungkan topik yang bagus untuk pidato singkat dengan tujuan pidato juga perlu anda siapkan sejak awal.


4. Jangan Tergesa-gesa saat Menyampaikan Pidato

Berbicara dengan terburu-buru membuat kata-kata yang anda ucapkan akan terdengar tidak jelas dan maksud pembicaraan anda akan tidak sampai pada para penonton. Anda tidak ingin pidato anda menjadi sia-sia, bukan? 

Untuk itu lakukanlah dengan santai dan tenang sehingga bisa menunjukkan sikap wibawa anda. Jika memang anda dibatasi oleh waktu saat berpidato, anda bisa membagi waktu anda saat mempersiapkan pidato anda.


pidato menarik 

5. Persiapan yang Matang

Putuskanlah apakah anda akan membawa teks atau tidak saat berpidato. Membawa teks memang tidak dilarang, namun itu akan terkesan monoton dan membosankan. Lebih baik anda menulis pokok-pokok pembahasan yang akan anda bahas saja, untuk selebihnya bisa dijelaskan sesuai dengan apa yang telah anda persiapkan. Lakukanlah persiapan yang matang dan perbanyaklah latihan berpidato di depan kaca untuk membentuk rasa percaya diri. 


6. Berilah Kesan di Akhir Pidato

Di akhir pidato singkat saya, saya memberi kesimpulan dengan mengatakan, "Sekarang saya yakin bahwa ketika saya naik ke panggung, anda pasti berpikir bahwa saya akan mengatakan apa yang tertulis di secarik kertas ini. Tapi apakah anda tahu bahwa kertas ini diberikan pada saya oleh salah seorang kandidat yang duduk di sebelah sana dan ini merupakan rencana yang akan dia jalankan jika anda memilih dia ketimbang saya." 

Kemudian saya menunjukkan kertas kosong kepada mereka. Pidato singkat saya diwarnai dengan gelak tawa dan tepuk tangan. Walaupun teman-teman saya memukul saya karena melontarkan lelucon bodoh tersebut. Ini adalah cara saya untuk memberikan kesan di akhir pidato saya. Saya memang berharap bahwa para pemilih akan memilih saya, namun yang lebih saya harapkan adalah saya ingin membuat penonton merasa nyaman dengan pidato saya. Untuk itu sangat penting untuk memberikan kesan pada akhir kalimat dalam pidato anda. 


Demikian tips cara membuat pidato yang dibumbui dengan humor agar pidato lebih menarik sehingga penonton akan setia mendengarkan pidato kita sampai akhir. Pidato singkat yang disertai humor bisa saja menjadi pidato singkat yang paling bagus jika anda mengetahui waktu yang tepat untuk menyampaikan humor anda. 

Humor adalah salah satu teknik dalam berpidato yang banyak digunakan oleh para ahli pidato, untuk itu humor dalam pidato sangat penting. Humor dalam pidato juga bisa berguna untuk menyampaikan maksud kita sekaligus memberikan kesan kepada para penonton. 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dalam memberikan pemahaman tentang cara berpidato yang bisa memikat hati penonton.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang