Daerah mana di Indonesia yang mempunyai biaya hidup paling murah ?

Dilihat 4,22 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Indonesia adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau, dengan populasi lebih dari 258 juta jiwa pada tahun 2016. Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa.

Biaya hidup di suatu tempat itu memang, sih akan mmpengaruhi kenyamanan hidup kita. Namun, semuanyai itu tetap akan berjalan lancar jika penghasilan yang didapatkan juga seimbang. Biasanya, sebelum kita memutuskan untuk pergi hidup di suatu daerah, kita akan mempertimbangkan biaya hidup nya dahulu, kan?

Sekarang, biar saya jelaskan bagaimana sih hidup di Indonesia itu? Murah tidak sih, kehidupan di IndonesiaAyo, baca terus untuk lebih mengenal Indonesia beserta fakta-fakta menarik nya, ya! ^^


Akses Internet Murah?


akses internet


Akses internet cukup lumayan di wilayah Jawa, koneksi kabel seperti Telkom Speedy, First Media, Biznet, modem wireless contohnya Telkomsel, Indosat, XL, harga berkisar antara IDR 300 ribu - IDR 600 ribu per bulan tak peduli dimana wilayahnya (hanya Jawa dan Bali). 


Bagaimana dengan Makanannya?
    makanan tradisional


Jika anda lebih menyukai makanan Barat (atau beberapa restoran terkenal) anda mungkin perlu mempertimbangkan kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, Bandung dan Denpasar. IDR 50 ribu - IDR 200 ribu. 

Jika anda lebih menyukai hidangan lokal yang enak dan murah anda bisa berkunjung ke kota tetangga dari kota-kota di atas, seperti Sidoarjo dan Malang, keduanya dekat dari Surabaya, Solo dan Yogyakarta adalah yang paling murah (anda bisa makan seharga IDR 3 ribu, seperti nasi kucing), atau lebih jauh lagi di Gianyar/Klungkung di Bali, cobalah sate lilit, sate babi, dan seafood panggang. IDR 5 ribu - IDR 30 ribu.


Fakta-fakta Menarik Tentang Makanan 


makanan khas indonesia


  • Jawa Tengah cenderung lebih manis daripada wilayah lain. Gudeg, lodeh, bacem. 
  • Jawa Timur cenderung lebih asin. Soto, sate, nasi pecel, rawon. 
  • Favorit dari Jawa Barat adalah hidangan penutup dan minuman. Bandrek, bajigur, siomay. 
  • Bali adalah surganya makanan untuk festival, pecinta babi, vegan, dan seafood
  • Padang adalah tempat anda yang mencari makanan santan. Rendang babi. 
  • Orang Indonesia sangat menyukai organ dalam (jerohan), jangan takut jika anda melihat orang Indonesia makan usus, ginjal, hati, paru, bahkan otak, karena, kenapa tidak? Kami makan hewan, bukan manusia. 
  • Makanan vegan murni sangat langka, jadi lebih baik buatlah sendiri, atau meminta tolong orang lain.
  • Selalu meminta untuk mengubahnya menjadi daging saja, tanpa jerohan. 
  • Selalu minta sayur saja apabila anda seorang vegan dan mencoba makan gado-gado atau rujak, mereka menggunakan kerupuk ikan dan pasta ikan atau bahkan telur. 

Tempat Menginap yang Murah Meriah 


tempat menginap yang murah


Tempat untuk menginap yang murah adalah guest house/boarding house, di kota besar cenderung lebih mahal. Jakarta, Surabaya IDR 1,5 juta per bulan adalah yang termurah dan sangat buruk, atau bahkan tak ada AC, tak ada kamar mandi pribadi. Tempat yang layak untuk ditinggali biasanya IDR 2 juta per bulan. Di kota yang lebih kecil dan pinggir kota lebih murah. Yogyakarta, Solo IDR 700 ribu per bulan. Yang layak untuk ditinggali lebih dari IDR 1 juta per bulan. Tempat peristirahatan seperti tempat wisata Bali menggunakan harga hotel. IDR 4 juta - IDR 10 juta per bulan, harganya bisa bervariasi untuk penduduk lokal atau orang asing, mereka bisa memberi harga dua kali lipatnya. [Lihat: Kota paling bagus di Indonesia untuk ditinggali]

Saya pernah di Surabaya, Sidoarjo, Yogyakarta, Solo, Jakarta dan Denpasar, Klungkung. 

  • Surabaya dan Denpasar perlu biaya IDR 3 juta - 5 juta per bulan, 

  • Jakarta IDR 4 juta - 6 juta per bulan, 

  • Yogyakarta IDR 2,5 juta - 4,5 juta per bulan, 

  • saya sarankan anda memilih Bali, anda bisa menyewa sepeda dengan paspor, atau bahkan GoJek/GrabBike. 

  • Hindari spot wisata jika anda lebih menyukai tempat yang lebih murah, saya pernah di Klungkung, dataran tinggi, tidak seramai Denpasar, udaranya dingin jadi tak perlu menggunakan AC, 20 menit menuju pantai (pasir hitam), 20 menit ke Gunung Batur, dengan harga IDR 300 ribu per bulan, tapi ragam makanan tidak begitu banyak, jadi saya seringkali pergi ke Denpasar (1 - 2 jam) atau Ubud (30 menit - 1 jam) menghabiskan sekitar IDR 10 ribu - 50 ribu per bulan. 

akses internet terbaik

                         

Saya menggunakan operator XL untuk smartphone saya, 3G cukup bagus, sekitar IDR 50 ribu per bulan jika tak terlalu sering menggunakan internet. Perkiraan IDR 2 juta per bulan, tapi ingatlah ini, harganya bisa bervariasi jika anda orang asing. Jika anda menggunakan GoJek/GrabBike, anda bisa memintanya untuk menjadi penerjemah anda untuk menegosiasi harga juga, jadi baik-baiklah padanya dan selalu ajak mengobrol, makan bersama, jadikan teman, bawa kedamaian.

Semoga anda menikmati Indonesia :)

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang