Dalam ketaatan anjing, apakah dibutuhkan paksaan yang berlebihan?

Dilihat 324 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Anjing merupakan hewan pendamping manusia yang tidak diragukan kemampuannya dalam indra penciuman, menjadikannya sebagai hewan yang paling dibutuhkan sebagai partner berburu. Keterlibatan dalam permainan mencari dan menangkap buruan telah ada sejak dulu hingga saat hari ini.  Selain itu anjing juga mampu menggunakan kemampuan penciuman jarak jauh mereka untuk menemukan jamur yang bisa dimakan, mineral atau membantu pekerjaan lain yang tidak bisa dikerjakan oleh manusia.



Namun sebelum seekor anjing bisa digunakan sebagai partner kerja manusia, dibutuhkan suatu cara melatih anjing agar bisa mematuhi perintah majikannya. Pelatihan ini selain untuk membuat anjing paham perintah, juga untuk melatih fisik, insting dan indra si anjing agar siap diterjunkan ketika diberi tugas oleh sang majikan. Seperti halnya ketika berburu, kegiatan ini memerlukan kondisi fisik yang sangat baik dari anjing dan tuannya, karena dilakukan dalam berbagai cuaca untuk waktu yang lama. Hal ini juga membutuhkan karakter kuat, kegigihan dan kemampuan observasi yang kuat. Terlepas daya  penciuman beberapa hal di atas merupakan syarat wajib sebagai anjing pemburu yang baik.


Pada saat ini ada ratusan ras anjing yang lahir didasarkan dari penggunaan tertentu dan karakteristik tempat/lokasi yang berbeda-beda. Anjing Terrier, anjing air (water dog), anjing kawanan (pack dog), pointer atau retriever, mereka semua memiliki spesialisasi, ciri fisik, karakteristik penciuman atau daya penglihatan masing-masing. Dengan kata lain, tanpa kehadiran anjing, yang merupakan teman dan pendamping bagi pemburu, tidak akan ada kegiatan berburu yang sempurna. Kompetisi berburu memanfaatkan insting anjing, pengetahuannya tentang wilayah dan trik lainnya. Kualitas anjing yang berbeda bisa menghasilkan hasil kompetisi berburu yang berbeda.


Sebagai hewan yang memiliki kemampuan khusus, anjing merupakan teman yang setia dalam kehidupan manusia. Bahkan ada sebuah cerita dari legenda anjing “Hachiko” yang senantiasa setia menanti tuannya untuk pulang di tempat yang sama meskipun si tuan sudah meninggal. Hal itu menunjukkan bahwa anjing merupakan hewan yang mempunyai perasaan yang peka terhadap teman manusianya. Namun untuk memperoleh itu semua, si anjing harus memperoleh pelatihan khusus dari sang pemilik, agar hewan tersebut menjadi patuh dan tidak liar. Berikut ini adalah cara melatih anjing yang kami peroleh dari beberapa sumber yang kredibel di bidangnya. Metode latihan yang kami jabarkan merupakan cara untuk melatih anjing agar taat dan patuh terhadap tuannya dalam menjadi teman hidup sehari-hari.


Cara Melatih Anjing Sebagai Teman Bermain


Kebanyakan orang memelihara anjing sebagai hewan peliharaan digunakan sebagai teman bermain. Sifat setia anjing yang setia dan berani menjadikannya hewan yang asik untuk dijaikan taman bagi keluarga. Oleh karenanya, mayoritas orang memelihara anjing sejak kecil karena lebih mudah dilatih, terkesan imut, lucu dan juga menarik.


  • Langkah pertama adalah biarkan anjing Anda bermain dengan anjing lain. Anjing secara alamiah belajar cara bersosialisasi dengan bermain bersama anjing lain. Anjing yang sangat kecil tidak tahu jika ia bisa menyakiti anjing lain dengan giginya. Mereka belajar dengan bermain. Ketika seekor anjing terlalu keras menggigit anjing lain, maka anjing yang digigit akan menggonggong kecil dan berhenti bermain. Dengan cara ini, anjing belajar mengendalikan gigitannya.


  • Langkah kedua, cegahlah anjing agar tidak menggigit Anda. Bermainlah dengan anjing Anda seperti halnya yang dilakukan anjing lain dengan cara menggelitiknya dan berpura-pura berkelahi hingga ia mulai menggigit Anda. Ketika ia menggigit tangan Anda, keluarkan teriakan kecil bernada tinggi seperti halnya yang dilakukan anjing lain. Lemaskan tangan Anda dan berhentilah bermain. Anjing Anda akan belajar bahwa ketika menggigit, ia tidak mendapat perhatian lagi.



  1. Anjing Anda mungkin akan berusaha memperbaiki sikapnya dengan menggosok-gosok dan menjilat tangan Anda. Pujilah ia dengan suara yang manis dan berilah ia makanan kecil dan teruskan bermain dengannya. Ia akan belajar bahwa bermain dengan baik akan mendapatkan imbalan.
  2. Jangan pernah memukul anjing sehingga ia merasa sakit. Menggunakan hukuman fisik terhadap anjing hanya akan membuatnya takut terhadap Anda.

  • Langkah ketiga, berikan mainan yang bisa digigit pada anjing Anda. Anjing senang menggunakan giginya dan mereka harus diajarkan bahwa kulit manusia bukan untuk digigit. Berikan mainan anjing yang aman agar bisa digigit anjing selama waktu bermain.


  1. Ketika anjing mulai menggigit kulit Anda, berikan mainan yang bisa digigit di mulutnya. Cara ini akan mengajarkannya kalau ia harus mengigit mainan itu dan bukan tangan Anda.
  2. Lakukan hal yang sama jika anjing menggigit tumit dan pergelangan kaki ketika Anda sedang berjalan. Berhentilah berjalan dan berikan ia mainan yang bisa digigit. Jika Anda tidak memegang mainan, Anda cukup berhenti. Ketika ia mulai bisa bermain dengan baik, berilah pujian.
  3. Jika ia mengambil salah satu benda milik Anda, alihkan perhatiannya dan tukarlah benda itu dengan salah satu mainannya.

  • Langkah keempat, gunakan tempat untuk menghukum. Jika anjing mengalami masalah saat belajar untuk tidak menggigit, Anda mungkin perlu menciptakan sebuah tempat hukuman, yaitu sebuah tempat untuk mengajarkan kepada anjing, bahwa jika ia tidak bisa bermain dengan baik, ia tidak boleh bermain sama sekali. Berikan pagar di ruang bermainnya dan bawalah ia ke sana segera ketika menggigit.


  1. Jangan gunakan kandang anjing sebagai tempat menghukum. Ia sebaiknya tidak mengasosiasikan keberadaannya saat berada di kandang dengan hukuman.
  2. Setelah anjing dihukum selama beberapa menit, bawalah ia kembali bermain dengan keluarga. Berilah ia imbalan ketika bermain dengan baik. Jika ia menggigit lagi, berteriaklah dengan nada tinggi dan bawalah ia segera untuk dihukum. Pada akhirnya, ia akan belajar untuk tidak menggigit.

  • Dan yang terahir, ajarkan anjing untuk bermain bersama anak-anak dengan baik. Anak-anak bergerak dengan cepat, mengeluarkan suara bising bernada tinggi, dan seringkali berhadapan muka dengan anjing. Anjing dan anak-anak dapat bersenang-senang bersama, namun mereka harus diajarkan untuk bermain dengan benar. Jika anjing Anda bersikap kasar terhadap seorang anak kecil, hukumlah si anjing segera. Pastikan anak-anak Anda juga tahu cara bermain yang baik.



  1. Selalu awasi anak-anak Anda di sekitar anak anjing. Pastikan anak-anak tahu bahwa anak anjing adalah makhluk yang rapuh dan selalu ajarkan kepada mereka apa yang harus dilakukan ketika si anak anjing bermain dengan kasar.

Cara melatih anjing di atas merupakan langkah yang bisa diterapkan kepada semua jenis anjing yang masih kecil. Selain itu cara tersebut juga bisa digunakan sebagai cara melatih pitbull yang terkenal galak terhadap manusia. Namun selain anjing dilatih sebagai teman bermain, ada baiknya juga si anjing dilatih agar menjadi disiplin dan patuh terhadap perintah majikannya.


Cara Melatih Kepatuhan Anjing


Semua anjing memiliki karakter liar yang memang bakat dari alam, tingkah laku mengejar binatang buruan, poop atau pee di sembarang tempat sebagai petanda wilayah teritorial dan barking adalah sifat alamiah yang perlu dimaklumi oleh semua pemilik anjing. Jika anda tidak ingin anjing anda bertingkah terlalu liar, anda perlu memberikan pelatihan khusus kepada mereka. Setiap binatang memerlukan leader entah pemimpinnya adalah manusia atau hewan sejenisnya, saat anjing telah menganggap anda ialah pemimpin mereka akan mudah untuk mereka berusaha untuk mengerti apa yang kita mau. Anjing akan melakukan apa pun demi makanan yang mereka suka, jadi gunakan treat ini sebagai pancingan.


Ada 3 pelatihan standard yang anjing perlu mengerti, latihan yang akan kita bahas lebih baik diaplikasikan kepada anjing yang berumur sangat muda (puppy) sehingga mereka lebih mudah menyerap apa yang kita ajarkan, walaupun ini juga berlaku untuk semua umur anjing. Apa saja dan bagaimana bentuk latihannya? mari kita bahas bersama dibawah ini.


  • Duduk dan stay, masalah yang sering terjadi adalah anjing terlalu aktif sehingga sulit untuk dikendalikan, oleh karena itu melatih mereka untuk stay dan duduk dengan tenang oleh karena itu metode ini sangat penting untuk di ajarkan kepada mereka. Seperti yang telah dijelaskan anjing akan melakukan segala upaya untuk mendapat apa yang mereka suka, jadi awal anda membutuhkan treat seperti snack atau makanan favorite mereka untuk pelatihan.
  • Come, beberapa anjing mungkin tidak mengerti bahwa mereka sedang dipanggil oleh majikannya, sebetulnya anjing sendiri tidak mengerti apa yang diucapkan manusia tetapi mereka mengingat saat anda ingin memberikan mereka makanan. Jadi apapun yang anda ucapkan sebagai tanda entah memakai dialek berbahasa inggris, bahasa indonesia ataupun bahasa daerah mereka hanya mengingat tanda bahwa anda ingin memberi mereka makan.
  • Heel, metode berikutnya adalah heel, dimana kita mesti memastikan bahwa anjing berada tepat di belakang atau samping kita saat berjalan. Masalah yang sering terjadi anjing akan berjalan tidak berarturan atau tidak fokus, mereka akan mencari makan di jalan atau fokus kepada benda yang bergerak di sekitar mereka. Nah berikut pola latihan yang dapat anda lakukan.

Metode latihan anjing di atas tidak akan berjalan dengan baik jika kita tidak melakukan hal tersebut secara konsisten dan berkala, biarkan anjing mengerti tanda saat-saat anda menginginkan mereka patuh dengan anda. Treat adalah pancingan jadi ketika mereka sudah terbiasa dengan metode yang diberikan anjing akan patuh walaupun kita tidak memberikan mereka makanan. Walaupun anjing tidak mengerti bahasa manusia, tetapi dengan memberikan makanan dan pujian paling tidak mereka tau apa yang mereka lakukan menyenangkan manusia sebagai leadernya.


Melatih kepatuhan anjing merupakan tantangan sendiri bagi sang pemilik. Meskipun anjing merupakan hewan yang cenderung patuh, anjing merupakan hewan yang mempunyai sisi liar dalam dirinya yang harus dikekang. Apalagi ketika kita memelihara anjing pitbull, cara melatih pitbull ini membutuhkan kesabaran yang lebih karena anjing ini memiliki karakter galak dan mudah menyerang manusia. Akan tetapi dalam melatih anjing sebagai peliharaan yang patuh tidak diperlukan paksaan berlebihan apalagi sampai tindakan fisik. Pemberian hukuman kepada anjing yang memberontak cukup berupa sangsi pengurungan ataupun teguran berupa pengurangan jatah makanan bisa dilakukan untuk memberikan efek jera pada si anjing yang nakal.  


Demikian artikel menganai cara melatih kepatuhan anjing ini, semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba...!!!


Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang