Apakah demam merupakan gejala utama meningitis tulang belakang?

Dilihat 1,42 rb • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Apa itu meningitis? Meningitis merupakan infeksi yang menjangkiti meninges atau selaput pelindung pada otak dan saraf tulang belakang. Infeksi ini pada akhirnya merusak sistem saraf dan otak. Gejala-gejala umum yang diwaspadai adalah demam, sakit kepala dan leher yang kaku. Di Indonesia data tentang penyakit meningitis ini sepertinya masih belum terdeteksi dengan baik karena seringkali gejalanya seringkali dianggap sebagai gejala dari penyakit lain. Padahal WHO sudah menyatakan bahwa penyakit ini sangat perlu diwaspadai dan tidak bisa dianggap enteng.


Berdasarkan salah satu data dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo di Jakarta pada Oktober 2003 hingga Oktober 2004 tercatat bayi penderita meningitis bakterialis mencapai 18 jiwa dari total 3289 kelahiran yang memenuhi kriteria positif dalam uji kultur cairan sumsum tulang belakang dan gambaran pleiositis atau peningkatan jumlah sel darah putih dalam cairan sumsum tulang belakang. Pastikan Anda mengenal ciri-ciri meningitis.


meningitis 1

 

Gejala-gejala dan penyebab penyakit meningitis B


Lalu kira-kira apa saja gejala meningitis yang umum terjadi pada anak-anak? Penyakit ini sebenarnya bisa mengidap siapa saja tanpa pandang umur. Basanya pasien merasa gelisah dan sangat terganggu ketika didekati atau disentuh. Demam yang tinggi di mana kaki dan tangan terasa sangat dingin. Anak-anak biasanya menangis dengan lengkingan yang keras secara terus-menerus. Mereka juga terlihat lemas, bingung dan respon melemah, anak sangat mudah mengantuk dan susah dibangunkan. Timbul ruam merah yang sulit dihilangkan dengan hanya menggulirkan gelas di atasnya. 


Pada balita, gejala yang paling sering muncul adalah penolakan untuk menyusu dan timbulnya muntah saat makan serta sering mengalami kejang-kejang.


Sementara itu untuk kelompok umur yang lebih tua mulai dari remaja hingga orang dewasa, gejala meningitis yang paling sering muncul antara lain, muntah, sakit kepala kronis, leher menjadi kaku, irama napas cepat, demam hingga 38C dengan kaki terasa dingin. 

Kebanyakan penderita juga mengalami fotopobia atau mata sensitif terhadap cahaya. Pada sebagian orang gejala meningitis muncul sebagai ruam kulit dengan bintik-bintik merak yang menyebar juga disertai timbulnya kejang-kejang.

Ciri-ciri meningitis yang disebutkan di atas tidak selalu muncul pada setiap kasus. Namun, apabila Anda mengalami salah satu gejala yang cukup signifikan, seperti sakit kepala atau demam yang sangat parah, maka Anda harus cepat-cepat mencari bantuan medis. Jadi, dokter akan menjelaskan kepada kita lebih lanjut apa itu meningitis.


meningitis 2
 

Cara mencegah meningitis


Pencegahan terbaik untuk meningitis tulang belakang adalah dengan memeriksakan diri ke rumah sakit atau dokter setiap kali muncul gejala-gejala yang mencurigakan. Beberapa hal yang dilakukan oleh dokter saat pemeriksaan adalah mencari tanda-tanda meningitis atau septicemia (infeksi darah) hingga kemungkinan tanda luka terinfeksi pada bagian telinga, tenggorokan, kepala dan pada permukaan kulit sepanjang tulang belakang.

Sulitnya meningitis terdiagnosa antara lain karena gejalanya yang tiba-tiba muncul dan sangat sulit dibedakan dari gejala flu, seperti demam misalnya. Jadi, jika merasa khawatir, segera periksakan ke dokter dan jangan menunggu sampai ruam berwarna ungu muncul yang dianggap sebagai gejala utama pada penyakit ini. 

 Untuk itu sangat perlu bagi kita untuk mengenal ciri-ciri meningitisUmumnya langkah-langkah pencegahan dan pengobatan meningitis dilakukan dalam beberapa tahap. Mengingat bahaya dan resiko yang bisa ditimbulkan, maka pencegahan terbaik adalah dengan vaksin. 


meningitis 3


Di Indonesia sendiri saat ini ada dua tipe vaksin meningitis yang tersedia yaitu vaksin meningokosus polysakarida dan vaksin meningokokus konjugat. Untuk vaksin yang pertama diberikan pada anak dengan kemampuan perlindungan hingga 90-95 persen di mana pada balita vaksin ini mampu bertahan 1 sampai 3 tahun dan pada dewasa perlindungannya bisa 3-5 tahun. Sementara itu vaksin mengingokokus konjugat diberikan pada kelompok usia 11 sampai 55 tahun sebagaimana yang diberikan kepada para jamaah haji. Namun vaksin tipe kedua ini tidak dianjurkan sebagai imunisasi rutin.  


Pengobatan penyakit meningitis yang diberikan kepada penderita meningitis tulang belakang dilakukan dengan cara melemahkan atau menghabat pertumbuhan virus penyebabnya. Untuk meningitis virus biasanya kondisi membaik dalam beberapa minggu. Selama masa ini banyak dianjurkan istirahat dan menggunakan obat pereda rasa sakit. Untuk pasien meningitis bakterialis, perawatan dilakukan dengan antibiotik atau obat-obatan yang mampu mengatasi infeksi yang dipicu bakteri. Pasien perlu dirawat di rumah sakit dan untuk kasus yang parah ICU menjadi tempat yang paling tepat untuk menyelamatkan dan memantau fungsi vital tubuh.


meningitis 4
 

Asal-usul penyakit meningitis


Penyakit meningitis merupakan kondisi yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Secara umum meningitis dikelompokkan ke dalam lima grup. Grup pertama yaitu Meningitis bakterialis di mana bakteri menyebar melalui kontak jarak dekat dengan sarana utama otak, indera pendengaran dan juga menginfeksi darah. Meningitis bakterialis seringkali menimpa bayi berusia kurang dari satu tahun.

Meningitis kedua disebabkan oleh virus yang bisa menular lewat batuk, bersin dan lingkungan yang tidak sehat atau tidak higienis. Balita paling sering terkena meningitis jenis ini terutama di saat sistem kekebalan tubuhnya melemah. Tipe ketiga adalah meningitis jamur yang sering menyebar ke sumsum tulang belakang lewat aliran darah. Pasien dengan gangguan fungsi kekebalan akan sangat rentan terhadap meningitis jamur ini seperti penderita HIV dan kanker. Ciri utamanya penderita mengalami sensitivitas cahaya dan mudah bingung.


meningitis 5


Tipe keempat yaitu meningitis parasit. Parasit yang masuk lewat hidung ini dikenal sebagai amuba Naegleria fowleri. Amuba ini banyak ditemukan di sungai air tawar bersuhu hangat, danau, kolam renang yang tak terawat dan juga pemanas air serta tanah. Meningitis kelima disebut sebagai meningitis non infeksi yang disebabkan oleh beberapa faktor sekaligus. Penyakit ini tidak menular dan tidak memiliki gejala umum layaknya tipe meningitis yang lain. 


Demikianlah, setidaknya sebelum menjadi parah, kita perlu tahu apa itu meningitis berdasarkan gejala-gejala dan jenis-jenisnya. Dan semoga ulasan singkat ini menjadikan kita lebih waspada terhadap penyakit berbahaya ini.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang