Dapatkah surat pengunduran diri saya ditolak?

Dilihat 1,27 rb • Ditanyakan 10 bulan lalu
2 Jawaban 2

Ya, tentu saja pihak kantor bisa menolak surat pengunduran diri darimu.

Surat pengunduran diri berlaku sejak tanggal yang tertera pada surat pengunduran diri kerja yang kamu ajukan. Surat pengunduran diri kerja tersebut tidak harus sesuai dengan format tertentu dan kamu tidak harus memenuhi kewajiban kontrakmu. Setelah kamu memberi surat pengunduran diri/berbicara dengan atasan serta HRD mengenai surat pengunduran diri milikmu, perusahaan bertanggung jawab untuk menjelaskan apa yang perlu kamu lakukan untuk keluar dengan cara yang baik.

Setelah kamu mengajukan surat pengunduran diri, kamu menjadi subyek peraturan ketenagakerjaan di negara yang kamu tinggali untuk mengatur pengunduran diri dan persyaratan keluar sesuai yang tertera dalam kontrak kerja dan peraturan perusahaan. Banyak pasal dalam kontrak kerja sulit untuk diselesaikan di pengadilan. Perusahaan melibatkan pengadilan dalam upaya menghadapi kemungkinan resiko terkuaknya bisnis ilegal yang mungkin saja mereka lakukan dan akan mempengaruhi pemasukan perusahaan.

Di sebagian besar negara, kamu dapat berhenti kerja hari ini juga selama belum menerima gaji di depan, absensi juga tidak terlalu mempengaruhi operasional perusahaan dan tidak merugikan perusahaan, akan sulit bagi perusahaan untuk membawa kasus ini ke pengadilan. Ada resiko besar untuk keluar dari pekerjaan. Kebanyakan orang memilih untuk mengajukan surat pengunduran diri, berdiskusi dengan manager mereka cara terbaik untuk menyerahkan dan keluar dengan baik, sehingga meninggalkan kesan baik untuk semua yang terlibat. Meski kadang manajer yang bersangkutan atau HRD mempunyai wewenang untuk menolak semua surat pengunduran diri pertama, untuk mengurangi tingkat turnover karyawan dan memberi tambahan waktu bagi mereka untuk menemukan penggantimu.

Dari sudut pandang perusahaan, kedengarannya bagus, tapi secara hukum dan fungsionalitas hal itu adalah lelucon. Pasal yang tertera dalam kontrak kerja lebih dipahami sebagai berikut, "jika anda ingin mengundurkan diri, sampai mendapatkan pengganti, kami akan membayar gaji anda tiga bulan kedepan. Anda bisa keluar secepatnya dan tidak akan menerima surat rekomendasi." Jika kamu telah menerima gaji dimuka dan keluar secepatnya, kamu harus mengembalikan gaji tersebut. Aku hanya sekali melihat perusahaan dengan kontrak seperti itu sepanjang karirku. Kamu hanya berkewajiban untuk melakukan pekerjaan untuk uang yang dibayarkan kepada kamu.

Terjawab 10 bulan lalu

Surat pengunduran diri adalah surat yang biasanya digunakan oleh pegawai atau karyawan sebuah instansi baik negeri maupun swasta atau sebuah perusahaan yang ingin mengundurkan diri dari posisi yang didudukinya sekarang. Surat pengunduran diri ini bersifat resmi karena ditujukan kepada Instansi ataupun Perusahaan.

Namun perlu diakui bahwa mengundurkan diri dari satu perusahaan juga merupakan proses yang harus dilalui oleh setiap orang di dunia kerja. Bukannya tidak setia kepada perusahaan yang selama ini memberikan pekerjaan bagi diri anda, tetapi pindah kerja juga adalah salah satu cara anda mengembangkan diri, bahkan setelah puluhan tahun bekerja di tempat yang sama. 

        menulis surat pengunduran diri

Ide mengundurkan diri sudah matang direncanakan namun pengunduran diri anda ditolak, dan anda malah dipindahkan ke departemen lain yang lebih cenderung bekerja di belakang komputer. Bagaimana caranya mengungkapkan pada atasan bahwa anda benar-benar ingin mengundurkan diri, mengingat ada beberapa tawaran lain yang juga memikat?


Sebelum mengundurkan diri, sebaiknya anda sudah mempertimbangkan beberapa aspek dengan matang. Misalnya, apakah tempat kerja sekarang memang sudah tidak lagi memfasilitasi kebutuhan anda untuk menekuni bagian tertentu sesuai latar belakang pendidikan. Apakah masih dimungkinkan terjadi transfer ke departemen yang anda minati, apakah anda memiliki peluang promosi di departemen saat ini, dan hal lain yang masih memberatkan anda untuk tetap di tempat kerja sekarang.

Sekiranya daya tarik tawaran pekerjaan di tempat baru begitu kuat, pastikan dulu bahwa anda memang mendapat posisi di sana. Untuk jaminan bahwa tawaran ini bukan sekadar iming-iming belaka, mintalah surat tertulis resmi dari pihak yang memiliki otoritas dalam penerimaan pegawai baru. Surat ini menandakan bahwa anda sudah resmi diterima di perusahaan itu, dan menjelaskan posisi baru yang akan anda sandang.


ATURAN PENGUNDURAN DIRI

Langkah berikutnya, ketahui dengan pasti aturan pengunduran diri di perusahaan anda saat ini. Anda bisa mengonsultasikan pada bagian personalia di perusahaan saat ini, sehingga anda akan menjalani prosedur yang benar. Umumnya, surat pengunduran diri diajukan secara resmi minimal 1 bulan sebelum karyawan berhenti.

Tentu jangka waktu pengajuan permohonan diri ini sangat tergantung pada kesepakatan atau kontrak ketenagakerjaan yang berlaku di perusahaan yang bersangkutan. Atasan saat ini wajib mengetahui permohonan surat pengunduran diri anda sebelumnya. Coba anda evaluasi lagi, kira-kira hal apa yang membuat permohonan anda saat itu ditolak. Mungkin ada hal yang perlu anda benahi, sehingga permohonan bisa diterima.

Ajukan alasan pengunduran diri anda secara singkat, fokus, dan jelas. Intinya, tidak ada yang salah dengan kondisi kerja saat ini, hanya saja anda melihat tawaran lebih baik yang tidak dapat dilewatkan begitu saja.



TETAPKAN PENDIRIAN


                 menetapkan pilihan


Anda pun perlu meyakini dengan kuat alasan penolakan dan nilai tambah yang ingin anda dapat di tempat kerja baru, namun tidak  didapatkan saat ini. Dengan begitu, saat mengajukan pengunduran diri, anda tidak mudah tergoda dengan iming-iming menarik, seperti tawaran dipindahkan ke bagian lain, yang sebenarnya tidak terlalu anda minati, atau mendapatkan tawaran gaji atau fasilitas yang lebih baik.

Jika perusahaan benar-benar memperhatikan kepuasan kerja karyawannya, hal-hal seperti itu idealnya sudah ditawarkan jauh-jauh hari sebelum karyawan memutuskan mengundurkan diri. Katakan dengan terus terang dan sopan bahwa anda berterima kasih dan sangat menghargai tawaran tersebut. Namun anda tidak dapat menerimanya, karena keputusan pengunduran diri kali ini sudah bulat.

Biasanya alasan perusahaan masih menahan karyawan yang hendak mengundurkan diri adalah karena belum ada karyawan lain yang siap menggantikan posisi karyawan tersebut. Perusahaan butuh waktu untuk mengisi posisi kosong yang ditinggalkan.


TAWARKAN BANTUAN


     menawarkan bantuan kepada atasan


Untuk menunjukkan itikad baik, tawarkan pada atasan bahwa sebelum resmi mengundurkan diri anda bersedia menjadi mentor bagi karyawan pengganti. Selesaikan pekerjaan anda dengan tuntas, sesuai target. Tuntaskan proyek yang belum selesai sesuai tanggung jawab anda. Bila anda bersedia, anda pun dapat menawarkan bantuan, bila kantor lama belum mendapatkan pengganti, bahwa anda bersedia menjawab pertanyaan terkait pekerjaan lama, baik melalui email maupun telepon pada waktu yang disepakati. Negosiasikan secara tuntas aspek-aspek yang masih menjadi perhatian atasan dan anda sebagai karyawan saat ini. Dengan begitu, tujuan pengunduran diri akan tercapai. Perusahaan pun tidak memiliki ganjalan lagi, karena sudah ada alternatif solusi.


Satu hal yang sangatlah penting untuk anda ingat, yaitu ketika akan berhenti dari perusahaan, maka tidak ada kesan buruk yang anda lakukan kepada pihak perusahaan ataupun rekan kerja. Nah, anda bisa sejenak membaca beberapa tips yang harus anda lakukan sebelum anda benar-benar membuat keputusan untuk membuat surat pengunduran diri kerja, berikut tipsnya :


  • Jangan mengundurkan diri dengan cara kabur

Mengundurkan diri dari perusahaan secara diam-diam hanya bikin hidup anda serba salah. Karena siapa tahu anda bisa bertemu dengan atasan anda di tempat yang tidak terduga yang menyebabkan rasa canggung karena tidak ada informasi dari anda kalau anda sudah berhenti dan pindah ke perusahaan baru.


  • Pastikan hubungan dengan bos baik-baik saja sebelum mengundurkan diri

Konon, penyebab karyawan terbaik mengundurkan diri adalah tidak cocok dengan bos atau atasan. Tetapi ingat, jangan pernah terlalu benci dengan bos/atasan, pastikan semua dendam dan rasa benci hilang saat kita menyerahkan surat pengunduran diri. Juga jangan pernah menjelekkan si bos saat kita interview kerja di tempat lain. Itu bisa jadi bumerang buat diri kita sendiri. Bisa saja HRD dan calon bos di kantor yang baru adalah teman, sahabat, atau pasangan dari bos kita saat ini. Kebayang, kan? Bisa-bisa belum sempat bilang mengundurkan diri, malah di-PHK duluan, tanpa pesangon. Dan perusahaan tidak mengeluarkan surat rekomendasi kerja. Itu sangat merugikan sekali. 


  • Tidak perlu membocorkan gaji yang ditawarkan di tempat yang baru 

Ini adalah suatu pilihan saat kita mengajukan pengunduran diri di tempat kerja karena ingin mendapatkan gaji yang lebih baik. Tetapi, lebih baik jangan ungkapkan, kecuali ditanya. Atasan tahu kok, salah satu alasan karyawan mengundurkan diri adalah gaji yang lebih besar. Tapi balik lagi ke masing-masing karyawan.


  • Tulis surat pengunduran diri dengan baik dan sopan

Sebesar pun rasa benci dan jengkel kita terhadap atasan, tidak ada salahnya menyematkan kalimat permintaan maaf di surat pengunduran diri kerja atau surat resign. Yakin banget kita tidak pernah buat salah? Yakin banget kalau kita lebih baik dari atasan kita? Jangan lupa mendoakan yang terbaik untuk kantor. Bagaimana juga, kita menerima uang dari perusahaan itu. Demi rekam jejak yang bagus di kemudian hari, coba untuk membuka diri, siap membantu ketika dibutuhkan. Ini jarang sekali dilakukan oleh karyawan yang mau mengundurkan diri. Tidak ada ruginya jika kita menawarkan hal semacam ini. Justru punya nilai tambah untuk kita di tempat yang baru. 


Mengundurkan diri bukan berarti menutup diri untuk tidak lagi mau silahturahmi. Poin penting yang harus diperhatikan sebelum anda mengundurkan diri dari perusahaan dan agar perusahaan tidak menolak pengunduran diri anda adalah harus meninggalkan kesan yang positif kepada atasan dan teman kerja. Ini sikap dan tingkah laku yang baik yang dilakukan oleh banyak orang sebelum mengundurkan diri dari pekerjaan mereka.

Semoga informasi dalam artikel ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk anda.

Terjawab 6 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang