Dari mana mukus di tenggorokan muncul?

Dilihat 18,3 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Munculnya dahak atau lendir merupakan salah satu gejala yang kerap kali muncul saat terserang flu. Melihat orang membuang lendir tersebut di hadapan kita dengan sembarangan adalah suatu hal yang menjijikkan, bukan? Dalam pikiran orang pada umumnya, lendir merupakan sesuatu yang jorok dan menjijikan untuk dibahas. 


Namun, tahukah anda jika lendir ini adalah sesuatu yang keberadaannya sangat penting bagi tubuh manusia? Sebagian besar mungkin tak menyadari hal tersebut, sehingga saya ingin membuat anda memahaminya.



Lendir atau mukus merupakan viskoelastik, cairan homogen yang berisi matriks berair, glikoprotein, protein, dan lipid. 


Mukus diproduksi oleh sel-sel mukosa, yang bentuknya seperti membuat selaput lendir dan kelenjar lendir. Selaput lendir dapat ditemukan pada lapisan sistem pernapasan, sistem pencernaan, sistem reproduksi, dan sistem kemih. 


Salah satu contoh mukus pada wanita adalah cervical mucus (mukus serviks), muncul sekitar masa menstruasi. Namun, kali ini kita akan fokus dalam bahasan mukus pada lapisan sistem pernapasan.



Hal-Hal Mengenai Mukus


Mungkin beberapa dari anda bingung mengenai mukus. Ini beberapa pertanyaan dan jawaban paling umum tentang mukus dan dahak supaya tidak bingung.


  • Apa itu mukus?

"Mukus itu seperti gelatin, zat lengket yang fungsinya adalah untuk melumasi dan juga untuk menyaring," jawab Dr. Ellis. Mukus berperan sebagai penyaring udara yang anda hirup dengan menangkap kotoran dan debu saat anda menghirupnya, melindungi paru-paru. Apa yang kebanyakan orang pikirkan sebagai zat dalam hidung dan saluran sinus mereka adalah untuk menyeimbangkan sekresi mukus dan air — cairan yang terbuat dari sel hidung dan sinus. 


Biasanya kedua zat ini bekerja sama dengan baik, dan bahkan anda mungkin tidak menyadarinya. "Kalau anda alergi atau flu dan hidungmu ingusan seperti keran air, itu berarti anda membuat sekresi air yang berlebih dalam hidung," kata Ellis. Ekstrim yang lain, mukus tebal — jenis yang mengarah ke mukus yang menetes dan penyumbatan atau jadi berkerak — biasanya menghasilkan kekeringan yang berlebihan. Ellis mengatakan 90 persen pasien yang ia lihat sebenarnya mengalami masalah seperti mukus yang tebal, tidak ingusan karena flu biasa.



  • Apa itu dahak?

Dahak adalah zat seperti mukus yang diproduksi karena saluran udara yang lebih rendah. Dahak adalah mukus yang menumpuk di paru-paru. 


Tenggorokan berlendir merupakan hal yang sangat mengganggu. Anda mungkin tidak sadar adanya dahak kecuali anda batuk sebagai gejala dari bronkitis atau pneumonia. Untuk kasus mukus, dahak memiliki warna mukus hijau atau kuning yang mengindikasi adanya infeksi. 


Kapan pun anda melihat darah dalam dahak saat mengeluarkannya, anda harus mencari bantuan medis. Diagnosis dan obat yang tepat akan sangat membantu anda.



  • Apa yang mukus lakukan?

Mukus membantu melindungi paru-paru dengan menangkap kotoran dan debu saat anda menghirup udara. Anda bisa dengan aman menelan campuran ini, walaupun kebanyakan orang tidak menyukai perasaan menelan dalam jumlah yang banyak. Tubuh akan menyerap kembali mukus itu sendiri. Kotoran, debu, dan puing dimatikan pada sistem pernapasan, serta bakteri apapun dibunuh oleh asam perut.


     



  • Apa arti dari warna-warna mukus?

Apabila warnanya hijau atau kuning pekat, dan ada bau tidak enak, terkadang itu menjadi menjadi tanda infeksi, warna tidak selalu mengindikasi masalah kesehatan. 


Warna mukus bisa saja berubah tergantung debu atau serbuk sari dari lingkungan. Mukus bisa juga berwarna kekuningan setelah penjatuhan serbuk sari atau coklat dan hitam jika anda tinggal di wilayah berasam. Jangan panik cuma karena warna. 


Fakta kalau mukus tidak berwarna berarti apa yang ada di dalam udara di lingkunganmu adalah hal-hal baik. Apabila anda berada di lingkungan yang penuh debu atau asap, fungsi hidung adalah untuk melindungi paru-paru.



  • Apa arti dari mukus tebal?

Mukus tebal, yang terlihat ada mukus lebih yang diproduksi dan membuat masalah seperti menetesnya cairan dari hidung dan tenggorokan berlendir, merupakan hasil dari beberapa angka situasi dan biasanya mengindikasi kalau hidungmu terlalu kering. 


Ini adalah beberapa faktor yang memberikan rasa mukus yang tebal dan menyumbat:


  1. Lingkungan dalam ruangan yang kering — baik A/C dan penghangat ruangan mempunyai efek ini
  2. Tidak minum cukup air dan minuman lain, atau minum minuman seperti kopi, teh, dan alkohol yang menghilangkan cairan dalam tubuh
  3. Obat medis yang mengeringkan
  4. Merokok


  • Bagaimana cara mengobati mukus tebal?

Menurut Ellis, cara terbaik untuk mengobati mukus tebal adalah untuk berhidrasi — "minum banyak air, jauhi obat-obatan medis yang mengeringkan, dan minum [produk minuman] yang tidak mengeringkan carian tubuhmu," anjur dia. 


Menggunakan penguap wajah kecil atau pelembab, memakai shower panas beruap atau bahkan bernapas dengan menggunakan handuk hangat yang basah bisa memberimu beberapa kenyamanan dari mukus berkerak dan tebal.



  • Bagaimana mukus bisa membantu dalam melakukan diagnosa?

Dokter akan mengevaluasi kuantitas dan warna mukus yang ada (maupun tidak ada) untuk gejala flu atau alergi lainnya. Mendapatkan diagnosa yang benar berarti anda bisa mendapatkan pengobatan yang benar pula. 


Sayangnya, banyak orang salah mendiagnosa diri mereka sendiri, berpikir, contohnya, kuantitas mukus tebal yang besar mengindikasikan alergi (yang sebenarnya dari sekresi air yang banyak bersamaan dengan gejala alergi). Mereka akhirnya mengonsumsi anti-histamin yang salah, yang akhirnya malah mengeringkan hidung dan memperparah mukus yang tebal. 


Dengan infeksi bakteri sinus, anda baru bisa mengambil antibiotik dari resep dokter untuk mengobati penyebabnya. Tapi dengan virus flu, anjuran pengobatan yang:bisa anda lakukan adalah mengobati gejalanya dengan benar, jadi anda harus pastikan anda punya kecocokan yang pas. 


Ini beberapa masalah mukus dan anjuran pengobatannya:


  1. Mukus tebal: ambil ekspektoran (mukus tipis dan dahak ini), minum banyak cairan, bernafas dengan hidung hangat, dan gunakan uap untuk membuat mukus menjadi encer.
  2. Penyumbatan: ini dikarenakan membran nasal yang membengkak, jadi mengecilkan membran tersebut adalah tujuannya. Gunakan dekongestan oral atau dekongestan nasal (untuk tiga hari saja), bernapas dengan handuk hangat basah, dan gunakan uap untuk meringankan penyumbatan.
  3. Ingusan (dengan bersin dan/atau gatal): ambil anti-histamin.


  • Lebih baik membuang ingus atau menelan kelebihan mukus tersebut?

Pilih yang mana saja tidak apa-apa. Karena mukusnya mungkin terinfeksi, pastikan anda mengikuti cara kebersihan dasar setelah membuang ingusmu. Hati-hati membuang bekas tisunya dan cuci tanganmu. Dan juga, hindari memuncratkan mukus di tempat umum. Mukus itu sangat penting bagi tubuhmu. Belajar untuk hidup dengannya ketika tubuh tidak seimbang, mukus akan membantumu lebih nyaman hingga alirannya kembali normal.



Kira-kira seperti itulah beberapa pertanyaan yang sering muncul saat membahas mukus. Mukus merupakan cairan yang terbuat dari sel hidung dan sinus yang sangat berguna bagi tubuh kita. 

Namun, saat dia menebal bisa menjadi penyakit baik yang ringan atau berat di saluran pernapasan. Semoga pertanyaan anda terjawab melalui artikel ini.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang