Di usia 42 tahun, apakah terlambat bagi saya untuk mulai belajar pengobatan?

Dilihat 252 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Tolong anggap komentar saya sebagai sebuah kesempatan untuk meyakinkan anda dalam hal ini dengan mata anda terbuka lebar. Ada banyak aspek-aspek yang bermanfaat dari pengobatan (saya seorang dokter), tapi itu tidak seperti di TV. Saya kembali pergi berkuliah kedokteran (setelah sembilan tahun jauh dari pengobatan) di usia 31 tahun. Itu relatif tua. Dalam kuliah kedokteran dan di residensi, saat mereka mengatakan "lompatlah", mereka berekspektasi agar anda bertanya "seberapa tinggi?". Saat anda beranjak tua, dibutuhkan sedikit kesabaran ekstra untuk tahan terhadap mentalitas "kemah orientasi"nya.


Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

Jika anda mendaftar sekarang (asumsinya anda tak perlu mengikuti kelas penyegaran, MCAT, dll), anda akan selesai kuliah kedokteran pada usia sekitar 47 tahun. Waktu terpendek untuk residensi adalah tiga tahun. Jadi anda akan berusia 50 tahun saat memulai praktik. Waktu anda sekitar 15 tahun untuk menjalankan praktik pengobatan (meski sebagian pekerjaan lebih lama, itu tak bisa diprediksi tergantung pada kesempatan kerja dan kesehatan anda).

Keluarga anda sendiri sedang dalam tahapan seperti apa?

Berapa usia anak anda nanti?

Seberapa dukungan dari pasangan anda?

Apakah anda akan perlu pindah untuk berkuliah kedokteran?

Apakah kondisi finansial anda mampu menanggungnya?

Apakah anda memiliki tabungan untuk menghidupi selama 4 tahun tanpa penghasilan, 4 tahun uang kuliah, dan kemudian 3 tahun dengan penghasilan rendah sebagai seorang residen?

Apa dampaknya bagi rencana pensiun anda?

Bagaimana prospek kerja/karir anda saat ini jika dibanding penghasilan dokter?

Banyak yang merasa penghasilan dokter akan turun di masa depan. Jika anda melakukan hal ini demi keuntungan finansial, mungkin anda salah jalan. Ketika anda selesai pendidikan, ekspektasi saya kebanyakan dokter akan menjadi karyawan di beberapa sistem rumah sakit atau grup besar. Membuka praktik sendiri (seperti Marcus Welby) semakin jarang.


Satu pertanyaan penting yaitu, mengapa anda ingin pergi ke pengobatan? Apakah anda mengenal ada panutan yang baik, sehingga anda jadi tahu seperti apa menjadi seorang dokter itu?

Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang