Diet seperti apa yang sebaiknya saya lakukan untuk mengurangi perut buncit? Apakah saya harus menjadi vegetarian?

Dilihat 380 • Ditanyakan 11 bulan lalu
1 Jawaban 1

Memiliki perut buncit merupakan hal yang sangat mengganggu penampilan, selain itu juga akan berpengaruh kepada aktivitas sehari-hari karena kamu akan mudah lelah. Seperti halnya dengan kelebihan berat badan atau yang kita kenal dengan obesitas, perut buncit termasuk dalam obesitas perut atau obesitas sentral karena adanya lemak yang menumpuk pada bagian perut sehingga perut akan nampak buncit. Asupan makanan yang melebihi energi yang diperlukan oleh tubuh untuk aktifitas fisik ini merupakan salah satu pemicu timbulnya perut buncit.

Ada beberapa cara mengecilkan perut buncit, misalnya dengan melakukan olahraga dan diet. Meskipun perut buncit biasanya terjadi pada kaum pria, namun banyak juga kaum wanita yang mengalaminya. Wanita yang telah mempunyai anak biasanya akan mudah melar jika tidak menjaga perutnya dengan baik. 

Sebenarnya yang menimbulkan obesitas perut atau perut buncit adalah lemak yang terdapat pada perut. Lemak dalam perut terdiri dari dua macam yaitu lemak subkutan dan lemak viseral. Lemak subkutan adalah lemak yang terdapat di bawah kulit sehingga lemak tersebut bisa dicubit dan diraba sedangkan lemak viseral adalah lemak yang terdapat di dalam tubuh, tepatnya di sekitar organ dalam tubuh sehingga tidak terlihat. Lemak viseral ini yang akan menimbulkan obesitas di perut. Lemak ini sangat berbahaya karena akan mengganggu organ-organ tubuh yang penting seperti jantung, hati, dan paru-paru. Lemak ini juga dapat menyebabkan resiko terkena serangan jantung dan penyakit lainnya disamping itu lemak ini sangat sulit dihilangkan. 

Meskipun mengecilkan perut buncit bukan perkara mudah, tapi kamu harus terus berusaha dengan melakukan cara-cara melangsingkan perut yang akan saya uraikan di bawah ini.


perut buncit

Mengatasi Perut Buncit


Cara mengecilkan perut buncit bisa dilakukan dengan berbagai cara termasuk melakukan olahraga dengan teratur dan menjaga asupan makanan yang tidak menimbulkan perut buncit. Adapun langkah-langkah untuk mengatasi perut buncit antara lain:


1. Menjaga pola makan dengan melakukan diet teratur

Kamu harus dapat menjaga pola makan dengan baik dengan menjaga asupan makanan yang masuk dalam tubuh kamu. Mengontrol makanan dengan tujuan agar asupan makanan tidak masuk secara berlebihan, sehingga tidak terjadi penumpukan lemak terutama pada bagian perutmu. Cara menjaga asupan makanan dengan benar misalnya:

  • Kamu harus dapat mengitung jumlah kalori yang masuk sehingga asupan jumlah kalori tidak berlebihan. Mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat. Kamu perlu mengurangi setiap porsi makan sebanyak 200-400 kalori dari normal per hari (2000-2500 kkal) agar dapat mengecilkan perut buncit. 
  • Mengonsumsi buah-buhan segar dan sayur-sayuran, usahakan selalu mengonsumsi buah-buhan segar dan sayuran karena di dalam sayur dan buah terdapat kandungan lemak yang rendah dan mempunyai serat yang tinggi. Kandungan serat pada sayuran dan buah-buahan sangat baik karena dapat menimbulkan rasa kenyang dan melancarkan metabolisme tubuh.
perut buncit


  • Makan makanan yang mengandung protein tinggi karena makanan yang mengandung protein adalah makanan yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan metabolisme dan membentuk otot. Makanan yang mengandung protein akan membuat kamu kenyang lebih lama sehingga porsi makan berikutnya akan lebih sedikit.
  • Hindari makanan yang mengandung banyak gula, mengonsumsi makanan atau minuman dengan kadar gula yang tinggi, organ hati tidak akan sanggup untuk memetabolisme seluruh fruktosa tersebut dan hanya akan mengubahnya menjadi lemak yang akan menumpuk di perut.
  • Hindari minuman yang beralkohol, kurangi konsumsi minuman beralkohol. Selain tidak baik untuk kesehatan, minuman beralkohol juga dapat menyebabkan perut buncit karena sangat tinggi kalori.

2. Melakukan olahraga 

Cara mengecilkan perut buncit yang lain adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Dengan berolahraga  secara teratur, kalori yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan dapat dimetabolisme dan diubah dengan baik menjadi energi sehingga tidak tertimbun menjadi lemak.  Usahakan melakukan olahraga secara teratur minimal 3x seminggu dengan waktu masing-masing minimal 30 menit. Beberapa olahraga yang dapat mengecilkan perut antara lain:

  • Melakukan olahraga jogging atau lari santai adalah pilihan olahraga paling sederhana untuk mengecilkan perut buncit. Setiap harinya disarankan untuk melakukan olahraga ini minimal 30 menit untuk membakar 500-900 kalori.
joging


  • Melakukan senam aerobik adalah salah satu jenis olahraga yang paling bagus karena dapat membakar kalori dengan baik.
  • Melakukan olahraga dengan bersepeda adalah kegiatan yang termasuk salah satu olahraga yang dapat membakar kalori dan mengurangi lemak perut yang menumpuk secara bertahap dan dapat mengecilkan perut buncit dengan efektif.
  • Renang untuk mengecilkan perut adalah salah satu olahraga yang tidak menggunakan mesin abdomen dan efektif dapat mengecilkan perut buncit karena renang dapat menarik otot-otot perut tanpa memberikan beban pada titik tumpuan tertentu dari tubuh.
  • Olahraga yang dapat membentuk otot perut diperlukan agar lemak yang tertimbun di perut dapat terbakar dengan baik sehingga perut akan tampak langsing. Beberapa olahraga pembentuk otot perut yang dapat Anda lakukan yaitu: melakukan sit-up dengan teratur agar otot perut terbentuk dengan sempurna lakukan selama 20 menit setiap hari.

sit-up



Penyebab Terjadinya Perut Buncit 


Kegemukan atau obesitas terjadi karena banyaknya timbunan lemak yang ada pada tubuh obesitas yang terjadi pada perut mengakibatkan perut buncit disebabkan oleh banyaknya timbunan lemak yang ada di daerah perut. Lemak viseral adalah tipe lemak yang paling berbahaya kumpulan lemak viseral di dalam tubuh bisa mengeluarkan senyawa peradangan dan hormon yang mengganggu metabolisme tubuh.

Senyawa-senyawa peradangan disebut juga sitokin. Senyawa ini dapat menyebabkan peradangan ringan dalam tubuh sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung dan penyakit-penyakit lain yang berbahaya. Adapun yang menyebabkan perut menjadi buncit antara lain:

  • Stres yang berkepanjangan sehingga dapat mengakibatkan atau dapat memicu perut buncit. Dalam banyak kasus orang yang mengalami stres melakukan tindakan dengan cara makan secara berlebihan untuk menghindari masalah yang dihadapinya. Jika kamu memiliki masalah sebaiknya selesaikan dengan baik dan mencari jalan keluar dengan cara membicaran masalah dengan orang terdekat. Atau mencari hiburan dengan bertamasya bersama keluarga sehingga otak akan segar kembali. 
  • Pola makan yang belebihan dan tidak punya aturan terutama yang mengandung lemak dan gula sehingga terjadi penumpukan lemak pada perut.
  • Tidak melakukan olahraga sehingga tubuh kurang bergerak, hal ini akan menumpuk lemak di perut.
  • Langsung tidur setelah makan, hal ini kurang baik karena akan menyebabkan lemak menumpuk pada perut dan terjadi obesitas perut atau obesitas sentral. Usahakan makan malam setidaknya 2-3 jam sebelum tidur.
  • Kurangnya aktivitas fisik, tidak banyak bergerak dan banyak melakukan kegiatan duduk yang terlalu lama sehingga tubuh tidak digerakan dengan baik, biasanya hal ini menyerang pegawai kantoran yang menghabiskan waktunya dengan duduk di depan meja kantor.
  • Sering makan cemilan sambil membaca atau menonton sehingga tanpa sadar sudah makan terlalu banyak.
cemilan


Demikianlah cara melangsingkan perut yang bisa anda coba praktekkan mulai saat ini. Mulai biasakan melakukan olahraga, dengan kombinasi latihan ketahanan, kekuatan, dan kardio. Jika sudah tidak bisa melakukan aktivitas olahraga berat, cobalah rutin berjalan kaki atau yoga. Untuk mengurangi perut buncit, kamu tidak perlu melakukan diet yang ketat tapi cukup dengan menjaga pola makan dengan baik sesuai dengan asupan gizi yang seimbang dan juga tidak perlu menjadi vegetarian karena kamu masih memerlukan protein hewani seperti susu, daging, dan telur yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama apabila kamu ingin membentuk otot perut. 

Dengan pola makan yang dijaga, diimbang dengan olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup dijamin lemak dalam perut kamu tidak akan muncul lagi. Menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting agar dapat melanjutkan hidup dengan baik. Semoga bermanfaat!

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang