Dimana saya dapat menemukan dekorasi pernikahan berbiaya rendah namun berkualitas tinggi?

Dilihat 650 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1




Menikah adalah sebuah peristiwa besar yang dialami oleh seseorang, baik wanita maupaun pria. Karena perayaan pernikahan hanya akan dilakukan sekali seumur hidup, pasti banyak diantara Anda yang ingin merayakannya dengan sangat berkesan. Itulah mengapa para calon pengantin biasanya sangat detail dalam memikirkan persiapan pernikahan mereka, dan tidak jarang keinginan untuk membuat sebuah pesta pernikahan yang diinginkan terpentok dengan biaya yang tinggi. Sebenarnya untuk membuat sebuah pernikahan yang berkesan, tidak melulu harus dengan biaya yang tinggi, anda bisa juga mendapat sebuah pernikahan yang sederhana tetapi tidak terlupakan.


Di masa sekarang ini, banyak orang menginginkan hal-hal yang unik untuk membuat pernikahan mereka menarik dan berkesan. Banyak orang yang menginginkan dekorasi pernikahan yang berbeda dalam penikahan mereka. Misalnya ada yang menginginkan dengan tema tradisional, tema dongeng, tema kerajaan, tema musim panas dan yang lainnya. Sebenarnya dekorasi pernikahan tergantung pada tema dari pernikahan tersebut. Memang menentukan dekorasi pernikahan bukanlah sesuatu yang mudah. Tetapi ini semua dapat disederhanakan dengan mengerucut kepada tema pernikahan terlebih dahulu. Penentuan dekorasi pernikahan tentu harus dimulai dari persiapan budget, besarnya venue, banyaknya tamu undangan, lalu barulah pendalaman tema dekorasi.


Pada saat ini dekorasi pernikahan terfavorit adalah dekorasi pernikahan minimalis. Walau sederhana, dekorasi pernikahan minimalis banyak dicari karena terlihat cantik dan menawan. Patut anda catat, bahwa ragam tema dekorasi pernikahan ini membutuhkan biaya yang tidak terlalu besar. Harga dekorasi pernikahan murah tapi mewah ini relatif terjangkau. Jadi dengan budget yang relatif terjangkau tetapi sudah dapat menghadirkan kesan mewah,  tidak berlebihan bukan?


Nah untuk itu, sebenarnya apa kiat-kiat yang bisa anda lakukan untuk mempersiapkan pesta pernikahan yang budgetnya relatif terjangkau namun berkesan mewah?  Yuk kita lihat tip-tipsnya di bawah ini:


Dekorasi pernikahan murah tapi mewah

Elemen biaya pernikahan akan menentukan kualitas acara pernikahan anda. Biaya tidak bisa berdusta, semakin mahal tentunya semakin bagus pula kualitas acara pernikahan anda. Namun tidak berarti yang murah akan menjadi murahan, tergantung apakah anda dapat mencari wedding organizer yang bisa melayani jasa paket pernikahan yang sesuai antara anggaran yang anda miliki dengan mutu yang mereka promosikan.


Berdasarkan pertanyaan diatas, sebenarnya tidak terlalu sulit  pada masa sekarang ini untuk mencari vendor yang menyediakan dekorasi pernikahan ber biaya rendah namun berkualitas tinggi. Anda tinggal searching di dunia maya, cari dengan keywrod yang anda perlukan, maka google akan memberikan info dekorasi pernikahan yang anda inginkan.  “Dekorasi pernikahan murah tapi mewah” umumnya merupakan keyword  yang paling dicari untuk mencari informasi mengenai vendor yang melayani jasa paket pernikahan berbiaya rendah namun berkualitas. Murah dalam arti tentunya bukan yang murahan, tetapi yang proporsional sesuai dengan anggaran  yang anda miliki.


Selain searching di dunia maya, anda juga bisa mencari informasi mengenai dekorasi pernikahan murah tapi mewah di berbagai pameran. Anda bisa mendapatkan info lengkap  mengenai hal-hal yang anda butuhkan  untuk penyelenggaraan event pernikahan  yang anda butuhkan. Sehingga biaya pernikahan yang harus dikeluarkan akan bisa dihitung dengan cermat.




Pernikahan Simpel dan Berkesan

Untuk membuat pesta pernikahan yang berkesan tidak harus selalu menggunakan wedding organizer. Berikut tips yang membantu anda mempersiapkan pernikahan dengan budget terjangkau namun berkesan:

  • Hindari tanggal pernikahan dimana orang banyak yang menikah

Disadari atau tidak disadari manusia juga memiliki musim nikah. Karena pada bulan tersebut pasangan yang menikah banyak, maka tidak heran jika biaya pernikahan mulai dari gedung ketring dan keperluan pernikahan lainnya bisa tiba-tiba naik. Oleh sebab itu, untuk anda yang memiliki dana terbatas ada baiknya jika anda menghindari musim nikah ini dan memilih waktu lainya. Tidak hanya itu, biaya gedung pun akan menjadi mahal pada hari Sabtu dan Minggu.


  • Memanfaatkan fasilitas publik atau menggelar acara pernikahan di rumah

Dibandingkan harus menggelar acara pernikahan digedung hotel mewah dengan menghabiskan uang hingga ratusan juta rupiah, mengapa tidak anda mencoba untuk memanfaatkan fasilitas publik yang jauh lebih murah, misalkan di taman kota atau diadakan direstoran pun bukanlah pilihan yang buruk, dan yang ada justru anda bisa mendapatkan fasilitas tempat serta ketering dalam satu paket. Bahkan jika rumah orang tua anda sendiri lebih memadai untuk digunakan sebagai tempat resepsi pernikahan, maka tidak ada salahnya jika anda melangsungkan resepsi di rumah.


  • Meminjam atau menyewa perlengkapan

Tidak semua perlengkapan atau barang-barang yang digunakan dalam acara pernikahan bisa digunakan ulang. Sebelum anda terburu-buru untuk membeli semua perlengkapan seperti gaun, jas, pakaian adat dan yang lainnya, maka cobalah anda ingat-ingat kembali pesta pernikahan yang baru-baru ini anda datangi. Mungkin saja ada di antaranya beberapa perlengkapan atau barang yang bisa anda pinjam dari teman atau keluarga yang lebih dulu menikah.


  • Meminta teman yang ahli dalam masalah hiburan dan dokumentasi

Memiliki teman banyak dan koneksi yang luas memang sangat bermanfaat. Dan salah satu manfaatnya yaitu bisa anda ambil ketika hendak melangsungkan resepsi pernikahan. Manfaatkanlah teman yang ahli dalam urusan hiburan seperti menyanyi atau memainkan alat musik sebagai penghibur di resepsi pernikahan anda. Tidak hanya hiburan saja, tetapi anda juga bisa memanfaatkan teman anda yang jago dalam memotret atau yang memiliki hobi menyunting video. Meskipun anda tidak akan mendapatkan jasa gratis, tetapi setidaknya anda bisa mendapatkan potongan harga dari teman anda sendiri.


  • Memilih makanan dengan tepat

Ketika memilih makanan untuk resepsi pernikahan maka anda diharuskan memilih makanan dengan tepat. Pilihlah makanan sesuai dengan uang yang anda miliki bukan dengan selera yang anda sukai. Tujuan menyajikan makanan yaitu untuk membuat para tamu undangan kenyang. Untuk itu diharapkan anda mengutamakan memilih menu utama yang bisa mengenyangkan seperti nasi dan lauk pauknya, sebelum anda memikirkan menu pelengkap lainnya seperti bakso, es krim dan lain sebagainya.


  • Membuat pernak pernik pernikahan sendiri

Jika anda ingin lebih menghemat maka anda perlu bekerja lebih ekstra lagi. Kerjakanlah semua yang anda rasa bisa anda kerjakan sendiri, misalnya dengan mendesain kartu undangan sendiri dan mencetaknya sendiri sesuai dengan format yang anda dan pasangan sukai.


  • Membandingkan antara vendor yang satu dan yang lainnya

Jika anda telah bertemu dengan pihak penyedia barang atau jasa yang pertama, maka janganlah pernah ragu untuk mencari yang lainnya sebagai pembanding. Bisa saja penyedia barang dan jasa kedua atau ketiga lebih murah dan berkualitas dibandingkan dengan yang pertama.




Nah itulah tip-tips mengenai pernikahan simpel dan berkesan. Soal murah  atau mahal pada akhirnya tidak mutlak, intinya semua sesuai dengan budget yang anda miliki, dan sesuai dengan tema paket pernikahan yang ingin anda hadirkan. Bisa dekorasi penikahan minimalis atau bisa mewah. Namun yang paling penting adalah anda mampu mewujudkan event pernikahan anda dengan kenangan yang akan selalu diingat dan indah sepanjang masa. (Baca: Apa tema terkini dekorasi pernikahan di India?)


Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang