Bagaimana cara membuat animasi bergerak dengan Unity dan aplikasi terbaik lainnya?

Dilihat 596 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Seiring berkembangnya tekhnologi yang semakin canggih kini banyak beragam kreativitas untuk bisa membuat benda atau gambar yang bisa bergerak. Banyak orang menggemari serta menggunakan gambar animasi bergerak untuk tujuan komersial atau hanya sekedar kesenangan semata. Kamu bisa membuat animasi bergerak sendiri dengan menggunakan komputer dengan cara mengunduhnya. Beragam aplikasi ada di dalamnya tinggal memilih dan mengikuti petunjuknya. Cara membuat animasi bergerak bisa melakukannya dengan berbagai macam kreativitas sehingga akan menghasilkan animasi yang bagus dan nyata. Salah satu kreativitas yang sedang tren saat ini adalah aplikasi untuk membuat animasi, kamu tinggal mengunjungi google play store kemudian memilih serta mengunduh berbagai aplikasi animasi yang kamu inginkan.


Munculnya kreativitas yang tren tersebut tentunya diawali oleh adanya aplikasi yang banyak digemari orang terlebih dahulu. Adanya aplikasi membuat animasi bergerak membuat orang tertarik dan ingin mempelajari bagaimana cara membuat animasi bergerak. Untuk mendapatkan aplikasi membuat animasi bergerak bukanlah hal yang susah, kamu bisa mengembangkan kreativitasmu dengan membuat animasi-animasi yang bagus dan menarik. Bagaimana cara membuat animasi bergerak dengan unity dan aplikasi terbaik lainnya? Tentunya kamu penasaran ingin mengetahui lebih lanjut penjelasan tentang cara membuat animasi. Untuk itu mari kita simak penjelasan dibawah ini.


animasi bergerak

Membuat Animasi Bergerak Dengan Unity


Cara membuat animasi bergerak dengan unity ada berbagai cara biasanya kebanyakan orang membuatnya untuk game atau permainan yang membutuhkan tingkat kreativitas yang tinggi misal ular tangga atau game perang. 

Dalam membuat animasi yang harus dilakukan adalah :


  1. Objeck animasi dimana objeck animasi bisa didapat dengan membuat sendiri dari software. Objek animasi bisa dengan menggunakan software gratisan seperti blender.

2. Unity 5, dimana tahapan pembuatan animasi di unity 3D adalah:


  • Langkah pertama siapkan objeck animasi objeck tersebut sebelumnya harus di export dengan menggunakan format file 3ds max.
  • Import objeck animasi ke unity, biasanya untuk mengimport bisa dengan mendrag secara langsung ke unity atau dengan melalui tab import kemudian ke import new asset. 


animasi


Sekarang ini banyak tutorial yang tersedia untuk membuat animasi 3D yang paling penting adalah ada objeck animasinya, kamu bisa mengikuti tata cara tutorial yang tersedia tahap demi tahap yang pertama adalah buka projec baru unity, untuk memulainya kamu terlebih dahulu harus membuka projec baru unity dengan klik all program. Maka akan tampil new project. Kemudian masuk ke bagian unity, kamu tinggal membuat kreasi sendiri dengan gambar yang tersedia, apakah gambar tersebut untuk game atau hanya gambar animasi bergerak saja. Untuk lebih mudahnya kamu bisa mengikuti tutorial yang ada sehingga kamu bisa mengikutinya dengan mudah. Untuk pemula sebaiknya gunakan software gratisan saja dalam membuat gambar yang sederhana sehingga tidak akan mengalami kesulitan untuk membuatnya. 

Ada sebagian orang yang membuat animasi tidak memerlukan script hanya memanfaatkan packege yang telah ada di dalam unity 3D. Tapi itu semua membutuhkan tingkat kesabaran tersendiri. Bagi orang sering membuatnya tentunya mudah tapi bagi pemula pasti akan mengalami kesulitan walaupun sudah berusaha mengikuti tutorial yang ada.

Cara Membuat Animasi Bergerak Dengan Aplikasi Lainnya


Cara membuat animasi bergerak dengan aplikasi terbaik lainnya adalah dengan membuat animasi menggunakan aplikasi adob photoshop CS3 yaitu:


  • Jalankan aplikasi photoshop, kemudian buka file gambar yang akan kamu bikin animasi ( disini kamu bisa gunakan image atau logo) kemudian bikin tiruan layar menjadi 3.
  • Setelah membikin tiruannya, klik menu window kemudian pilih animasi, kemudian di hide layar satu dan layar dua dengan cara meng-klik icon mata pada layar.
  • Sekarang ke layar tiga, pilih layar tiga, kemudian pilih lagi rectangular Marque Tool yang terdapat pada tools di sebelah kiri, selanjutnya pilih area yang hendak didelet, kemudian didelet.
  • Pada layar dua, lakukan lagi apa yang tadi dilakukan pada layar tiga dengan menghapus bagian yang lainya.
  • Untuk layar satu tampilan tidak ada yang perlu dihapus atau dirubah biarkan seperti sedia kala.
       

         animasi bergerak


  • Kalau tampilan animasinya masih dalam bentuk timeline animasi, maka gantilah tampilan dari bentuk timeline animasi menjadi Frame animasi, caranya dengan meng-klik Convert to Frame. Dengan seketika tampilan animasi berubah.
  • Selanjutnya ubahlah Delay time ketiga frame tersebut dengan durasi menjadi 0,5 sekon, caranya kamu tinggal klik saja segi tiga kecil yang terdapay pada icon.
  • Setelah itu test play animasi dengan cara meng-klik tombol play, maka animasi akan bergerak.
  • Jika animasi kamu ingin bergerak dengan berulang-ulang, maka ubahlah mode animasi dengan metode forever, pilih once untuk berulang satu kali, atau pilihan lainya untuk berulang kali sesuai keinginan kamu.
  • Jika telah selesai menyeting pengulangan, selanjutnya simpan dengan cara klik file menu kemudian pilih save for web dan devices, lalu klik lagi save danpilih lokasi yang kamu inginkan.
  • Untuk membuka file tersebut, kamu tinggal klik kanan pada filenya lalu pilih open with, kemudian pilih internet explorer.

Itulah cara membuat aminasi bergerak dengan menggunakan aplikasi yang ada kamu tinggal mengubah durasi dan mengubah mode animasi.

              

                   gambar animasi

                       

Demikian membuat animasi bergerak yang bisa kamu pelajari sendiri dengan tutorial yang tersendia kamu tinggal mengatur durasi dan memperhatikan tahap demi tahap dan memilih mana yang cocok dengan keinginan kamu. Aplikasi untuk membuat animasi memang sedikit rumit hal ini membutuhkan kreatifitas yang tingggi dan kamu harus sering melatihnya agar mendapatkan animasi yang sempurna. 


animasi


Kesimpulannya Untuk membuat sebuah animasi memang tidaklah sesulit membuat aplikasi, sebuah animasi dapat dibuat pada sebuah aplikasi namun kreativitas yang menentukan menarik tidaknya sebuah animasi. Pada saat sekarang sudah banyak software atau aplikasi animasi yang dapat kamu unduh dan gunakan untuk membuat animasi yang kamu inginkan.

Buatlah kreasi yang unik dan lucu seperti halnya kartun yang dapat menarik orang untuk melihat atau menontonnya. Selamat mencoba!


Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang