Apakah gigi yang berlubang harus segera ditambal?

Dilihat 1,26 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Selain memiliki fungsi utama yaitu untuk mengunyah, gigi juga memiliki peran yang sangat penting bagi penampilan anda. 


Memiliki senyum yang indah akan membuat wajah si pemilik senyuman tersebut jauh lebih menarik dibandingkan dengan memolesnya dengan beragam jenis make up. 


Untuk itu, demi menunjang senyuman yang cantik, keindahan gigi menjadi faktor penting yang akan menunjang senyuman yang indah. Namun banyak orang yang merasa malas untuk merawat gigi yang akan berakibat pada beberapa permasalahan gigi yang akan muncul, misalnya gigi berlubang. 


Satu-satunya cara untuk mengatasi gigi berlubang adalah dengan melakukan tambal gigi, tentunya tambal gigi berlubang harus dilakukan oleh orang yang ahli misalnya dilakukan di klinik dokter gigi yang terpercaya. 


Pentingnya merawat gigi


Pentingnya Merawat Gigi


Gigi adalah faktor penunjuang penampilan kita yang juga berperan untuk mengunyah makanan. Selain itu, gigi adalah hal yang akan selalu terlihat oleh lawan bicara saat anda mengobrol dengan orang lain. 


Beberapa orang melakukan beberapa cara untuk mendapatkan tampilan gigi yang indah dan menarik mulai dari merapihkan bentuk gigi, melakukan metode pemutihan gigi, membersihkan karang gigi, hingga menempelkan perhiasan pada gigi seperti emas. 


Tetapi tidak jarang banyak orang yang merasa malas untuk merawatnya padahal gigi adalah organ sistem pencernaan mekanis yang penting dalam kehidupan kita. 


Beberapa hal yang bisa merusak gigi di antaranya adalah jarang menggosok gigi, tidak memperhatikan makanan yang dimakan; memakan makanan terlalu dingin atau terlalu panas juga bisa merusak gigi kita. 


Salah satu cara termudah untuk merawat gigi adalah dengan rajin menggosok gigi minimal 2 kali sehari pada pagi dan malam hari sebelum kita tidur. Anda juga sebaiknya melakukan pemeriksaan gigi ke dokter gigi secara rutin. 


Jika anda memiliki rasa takut untuk datang ke dokter gigi, yakinlah bahwa dokter gigi tidak akan melakukan sesuatu yang buruk pada gigi anda. 


Permasalahan gigi berlubang


Penyebab Sakit Gigi dan Gigi Berlubang


Jika anda termasuk orang yang malas untuk menjaga dan merawat gigi anda, cepat atau lambat pasti beberapa permasalahan gigi akan menghampiri. 


Salah satu masalah kesehatan gigi yang sering diderita orang dewasa maupun anak-anak adalah masalah gigi berlubang. Saat gigi anda mengalami masalah seperti gigi berlubang, tentunya akan mengganggu kegiatan makan anda terlebih lagi jika gigi berlubang yang anda alami terasa sakit. 


Pastinya selain mengganggu kegiatan makan, gigi yang berlubang juga akan menggangu aktivitas anda sehari-hari. Sakit gigi akan membuat orang merasa sangat jengkel bahkan menderita, pasalnya saat mengalami sakit gigi kita tidak bisa mengunyah makanan yang bersifat keras sehingga kita hanya bisa makan-makanan tertentu agar tidak membuat gigi semakin terasa sakit saat mengunyah. 


Selain itu, sakit gigi juga bisa menjalar dan membuat kita merasakan sakit kepala, bengkak di daerah sekitar gigi yang sakit, hingga demam. 


Selain karena gigi berlubang, sakit gigi juga bisa disebabkan oleh penumpukan nanah di dasar gigi akibat infeksi bakteri, penyusutan gusi, gigi retak, dan pembengkakan pada gusi. 



Penanggulangan Sakit Gigi Ringan



Adapun beberapa cara yang bisa anda lakukan saat mengalami sakit gigi, di antaranya adalah: 


  • Membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi agar terbebas dari sisa-sisa makanan yang menempel 
  • Berkumur menggunakan air garam hangat
  • Mengoleskan minyak cengkeh pada gigi atau gusi yang sakit
  • Mengompres gigi 
  • Meminum obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau aspirin. 

Namun, jika gigi anda terlanjur berlubang dan sering terasa sakit dan nyeri, tentunya cara di atas tidak terlalu manjur untuk meredakan rasa sakitnya.

 

Lalu bagaimana baiknya menanggulangi gigi yang berlubang? Apakah anda harus melakukan tambal gigi pada gigi yang berlubang? 


Jawabannya adalah iya, ketika gigi anda berlubang tidak peduli sekecil apapun maka anda harus melakukan tambal gigi untuk mencegah kerusakan dan infeksi pada pulpa gigi.


Penambalan pada gigi berlubang yaitu menambahkan lapisan gigi pada gigi yang berlubang, saat melakukan tambal gigi berlubang struktur asli gigi anda tidak akan berubah. 


Penambalan gigi berlubang harus cepat dilakukan walaupun tidak terasa sakit dan gigi berlubang juga tidak mengganggu aktivitas anda. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan pada pulpa gigi menjadi lebih besar lagi dan nantinya akan mengakibatkan pembentukkan lubang gigi yang lebih parah. 


Faktor mengapa menambal gigi itu penting



Kenapa Gigi Berlubang Harus Segera Ditambal?



Berikut adalah beberapa faktor mengapa lubang pada gigi harus segera ditambal:


  • Lubang Kecil Pada Gigi Akan Cepat Membesar

Lubang pada gigi atau karies yang terlihat kecil pada permukaan gigi bisa menjadi tanda bahwa gigi mengalami kerusakan atau terdapat lubang besar di dalamnya. 


Hal ini disebabkan karena lapisan gigi di bawah email yang disebut dengan dentin menjadi lebih lunak. Lubang kecil pada email bisa menjadi pintu masuk bagi bakteri dan berkembang dengan cepat. Bakteri yang berkembang biak di dalam gigi akan menghasilkan asam yang nantinya akan membuat gigi menjadi rapuh dan perlahan-lahan habis. 


Maka, tambal gigi adalah salah satu solusi terbaik untuk menghindari lubang kecil pada gigi menjadi lebih besar.



  • Menambal Gigi dengan Lubang kecil Jauh Lebih Baik

Saat menambal gigi, dokter gigi tidak hanya mengambil jaringan gigi yang rusak sebelum menambal, namun juga sebagian jaringan gigi yang sehat di sekitar lubang yang akan ditambal. 


Maka dari itu, semakin banyak jaringan gigi yang rusak maka akan semakin banyak lapisan gigi yang akan dibuang sebelum gigi tersebut ditambal. Selain itu, kemungkinan gigi kembali berlubang ketika lubang kecil pada gigi ditambal akan sangat kecil. 


Setelah melakukan proses tambal gigi, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, misalnya tidak makan sampai efek anestesi telah benar-benar hilang. Mulut yang masih berada dalam pengaruh anestesi membuat anda tidak dapat merasakan suhu makanan. 


Selain itu, anda juga dianjurkan untuk meminum obat pereda nyeri karena setelah efek anestesi hilang kemungkinan anda akan merasakan nyeri. 


Menghindari makanan yang sangat panas, sangat dingin, dan sulit dikunyah juga dianjurkan bagi anda yang baru saja melakukan proses tambal gigi. 



Makanan manis bisa membuat gigi berlubang


Mencegah Gigi Berlubang


Hal-hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah gigi berlubang, misalnya:


1.  Mengurangi Makanan yang Manis


Kandungan glukosa pada makanan sangat mudah menempel pada lapisan gigi dan lebih cepat merusak email gigi. Selain itu, makanan manis bisa menyebabkan gigi berlubang tanpa anda sadari. 


Makanan yang mengandung gula juga bisa menciptakan plak pada gigi sehingga terbentuk seperti karang gigi yang berwarna kuning. Plak pada gigi juga sulit untuk dihilangkan kecuali dengan melakukan proses pembersihan plak di klinik dokter gigi.



2. Menyikat Gigi Sebelum Sarapan dan Sebelum Tidur


Bakteri pada mulut beraktivitas pada malam hari saat kita sedang tidur, untuk itu menyikat gigi pada pagi hari akan membantu menghilangkan plak yang menempel pada gigi. 


Penting juga bagi anda untuk menyikat gigi sebelum tidur agar kuman dan bakteri dari sisa makanan yang anda makan bisa dihilangkan. Menyikat gigi di pagi hari dan juga malam hari sangat penting, terutama jika anda terbiasa meminum minuman atau memakan makanan yang mengandung asam seperti jus jeruk atau soda.


Pentingnya mengunyah permen karet bebas gula

3. Mengunyah Permen Karet Bebas Gula


Mengunyah permen karet baik untuk menstimulasi mulut anda dalam memproduksi air liur, dan ini baik bagi gigi kita. 


Selain baik untuk menstimulasi produksi air liur, mengunyah permen karet juga membantu membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan yang menempel. Sudah terbukti secara medis bahwa mengunyah permen karet bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut


Namun harus diperhatikan bahwa permen karet yang baik untuk dikunyah adalah permen karet yang bebas gula. Jika anda mengunyah permen karet yang mengandung banyak gula, bukannya membersikan gigi malah akan membuat gigi cepat rusak karena kandungan gula tersebut.



4. Gunakan Sedotan Saat Minum Soda


Soda mengandung asam yang sangat tinggi dan bisa menyebabkan kerapuhan pada gigi jika terlalu sering mengonsumsinya. 


Dianjurkan bagi anda yang memang gemar meminum minuman bersoda untuk meminumnya menggunakan sedotan untuk mencegah soda bersentuhan langsung dengan gigi. 


Sebaiknya mulai sekarang anda mengurangi jenis minuman ini. Karena selain bisa merusak gigi, minuman bersoda juga tidak baik bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi terlalu berlebihan.


Berkumur bisa mencegah kerusakan gigi

5. Berkumur dengan Minyak Bunga Matahari 


Berkumur menggunakan minyak bunga matahari dipercaya dapat membersihkan mulut dari bakteri yang bisa menyebabkan gigi berlubang. 


Minyak bunga matahari memiliki sifat anti bakteri dan kuman sehingga sangat ampuh untuk mencegah gigi anda dihinggapi oleh kuman penyebab gigi berlubang. 


Selain itu berkumur dengan campuran bunga matahari dan jahe juga bisa menghilangkan sakit gigi akibat gigi berlubang. 


-


Menjaga kebersihan gigi dan mulut dari bakteri yang bisa menyebabkan gigi berlubang sangat dianjurkan karena penyebab gigi berlubang sendiri ialah bakteri dan kuman yang menempel kemudian berkembang merusak email gigi. 


Selain hal-hal di atas, berkumur dengan obat kumur setelah sikat gigi juga bisa membantu agar mulut anda tetap bersih dari bakteri penyebab gigi berlubang. Selain itu asupan nutrisi yang cukup ternyata ikut berperan untuk membuat gigi anda tetap kuat dan sehat diantaranya vitamin A, D, E, K, kalsium, fosfor, dan magnesium. 


Jika anda memiliki anak, anda harus menerapkan kebiasaan merawat gigi. Untuk mengetahui cara untuk mempersiapkan anak anda pada kunjungan pertamanya, anda bisa melihat link ini: cara mempersiapkan kunjungan pertama anak ke dokter gigi


Semoga artikel ini dapat bermanfaat dalam memberikan informasi tentang cara merawat gigi dan mencegah gigi dari permasalahan gigi berlubang. 

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang