DTP adalah vaksin difteri, tetanus, dan pertusis. Mengapa tidak ada vaksin untuk bakteri karies gigi?

Dilihat 486 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Ini adalah pertanyaan yang bagus, aku rasa. Ini adalah euro milik saya 0.02 yang berada atasnya. Terdapat beberapa hal yang membuat permasalahan pada sebuah vaksin normal. Satu yang perlu disadari bahwa apa yang vaksin lakukan adalah untuk melatih sistem kekebalan tubuhmu untuk mengenali bakteri atau virus tertentu sehingga mereka dapat dibuang lebih cepat. Kemudian ketika seseorang memperhatikan penyakit karies gigi maka akan menemukan bahwa bakteri yang terlibat dalam semua proses pada dasarnya berkeliaran di luar gigimu. Kata kunci di sini adalah di luar. Rongga mulut benar-benar di luar tubuhmu, ini juga berlaku untuk bagian dalam perut dan usus. 


Ini menyiratkan bahwa sebenarnya tidak ada sel-sel kekebalan tubuh manusia yang bekerja untuk membersihkan area dari infeksi, jadi tidak peduli seberapa baik sistem kekebalanmu akan dilatih tidak ada jalan bagi sistem kekebalan tubuh untuk benar-benar bisa mendapatkan bakteri yang menyebabkan penyakit ini. Sementara ada beberapa hal dalam air liurmu yang membuat hidup lebih sulit bagi beberapa bakteri (sIgA contohnya) kamu akan menemukan bahwa tidak ada hal-hal seperti T-sel atau makrofag yang berkeliling membunuh orang-orang jahat. Isu lainnya adalah bahwa vaksin umumnya berfokus pada organisme tertentu. Salah satu dari kebanyakan bakteri terkenal menyebabkan karies gigi akan menjadi mutan Streptococcus. Untuk beberapa penelitian telah dilakukan tentang bagaimana berperilaku dan bagaimana memeranginya. Juga eksperimen dengan memproduksi bakteriograf (virus yang menargetkan bakteri) yang akan berfokus pada bakteri tertentu ini dilakukan, dan telah ada upaya untuk rekolonisasi rongga mulut dengan strain patogen yang kurang dari s. mutan. (yaitu versi rekayasa genetika yang tidak hanya membuat asam yang mengacaukan gigimu). 


Hal-hal ini bisa agak dicap sebagai vaksin. Kedengarannya bagus, kan? Masuk ke era ekosistem. Karies gigi tidak lagi dikaitkan hanya dengan satu bakteri. Pandangan modern  dengan melihat microbiome lisan dari mulutmu, dan pada gigimu, seperti ekosistem dan karies gigi (dan periodontitis) sebagai sesuatu dari bencana ekologis. Sesuatu (untuk karies umumnya itu akan menjadi makanan) yang menyebabkan pergeseran eskosistem yang menghasilkan microbiome awal untuk menghancurkan gigimu. Dan bahkan jika kamu menyingkirkan satu bakteri tertentu (atau dua, atau lima, atau sepuluh...) selalu ada beberapa organisme lain (atau rantai organisme) yang dapat mengambil tempat itu. 

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang