Dua minggu yang lalu saya melakukan penggantian mahkota gigi untuk semua gigi saya karena pembusukan yang berlebihan. Saya masih merasakan sakit karena hal tersebut dan gusi saya bengkak. Apakah ini wajar?

Dilihat 237 • Ditanyakan 7 bulan lalu
1 Jawaban 1

Tidak, itu tidak normal. Memasang mahkota  pada semua gigi adalah hal rumit.  Saya merekomendasikan anda untuk kembali ke dokter gigi yang melakukan perawatan dan mintalah mengatasi hal ini. 


Ada beberapa hal yang bisa terjadi, tetapi ini hanya kemungkinan saja (untuk pastinya harus melakukan pemeriksaan yang tepat).


Rasa sakit mungkin akibat dari tempat yang tinggi dari mahkota gigi. Hal ini membuat gigi tertentu terdorong dan dapat  "mengganggu " saraf gigi. Masalah ini harus segera diatasi karena akan menyebabkan kerusakan saraf tetap sehingga perlu melakukan perawatan saluran akar / Root Canal Treatment (RCT) .

Rasa sakit mungkin juga disebabkan dari gigi yang sekarang sedang dipasangkan mahkota,  membutuhkan perawatan saluran akar (RCT), hal ini kadang-kadang terjadi akibat  menggesekkan gigi  (teeth grinding) yang menciptakan trauma mekanik dan termal, seharusnya jika pemasangan dilakukan dengan tepat, gigi anda baik-baik saja.  Bahkan dalam beberapa kasus , meskipun pemasangan sudah dilakukan dengan tepat, saraf gigi tidak kuat dengan perawatan restoratif (akibat menggesekkan mahkota / crown grinding).


Gusi yang meradang dapat disebabkan tidak tepatnya anatomi pemasangan mahkota. Garis tepi mahkota dengan garis tepi gigi yang akan dipasangkan mahkota harus benar-benar cocok tanpa adanya jarak atau kelebihan, kalau tidak gusi anda akan "membayarnya" / pembusukan akan terjadi di ruang yang berjarak tersebut. 

Bagian lain dari anatomi yang sering dilakukan tidak tepat adalah kontur (bentuk) mahkota. Mahkota yang besar sekali juga dapat menyebabkan iritasi pada gusi. 

Hal lain adalah kebersihan mulut anda, tanyakan kepada dokter anda apakah ini  faktor yang patut dipertimbangkan, jika iya tanyakanlah apa yang anda harus lakukan secara berbeda untuk membantu menghilangkan rasa sakit pada gusi anda. 

Terjawab 11 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang