Fakta-fakta apa yang menarik tentang kuku jari tangan pada tubuh manusia?

Dilihat 321 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Fakta Menarik tentang Kuku


Bagian-bagian Kuku

Kuku yang anda cat atau yang anda lihat pada jari tangan anda itu adalah hanya 1 bagian dari kuku, ada banyak bagian kuku lainnya. Bagian utama dari kuku adalah lipatan kuku Proximal, Kutikula (Eponychium), Lunula, Kuku, Lempeng kuku, Dasar kuku, Lipatan kuku Lateral, Tepi distal dari lempeng kuku dan Hyponichium. Bingung? Lihat gambar ini.


Pertumbuhan Kuku

Tahukah anda, kuku jari tangan anda yang dominan tumbuh lebih cepat daripada kuku jari tangan anda yang satunya. Kuku jari tumbuh rata-rata 3,5 milimeter per bulan, sedangkan kuku jari kaki tumbuh rata-rata 1,6 milimeter setiap bulan.


Temperatur dan Kuku

Tahukah anda bahwa temperatur mempengaruhi pertumbuhan kuku anda? Kuku tumbuh lebih cepat dalam kondisi panas dan hangat. Di musim dingin tingkat pertumbuhan kuku melambat.


Keringat

Seluruh tubuh kita berkeringat, setiap bagian tubuh kita berkeringat, tapi kuku tidak berkeringat. Ini adalah fakta universal, tapi kita tak pernah mengamatinya.


Bintik Putih Pada Kuku

Bintik putih pada kuku bukanlah diakibatkan defisiensi kalsium. Oke, kita semua pernah mendengarnya dan masih juga mendengarnya hingga saat ini, ini adalah MITOS yang sangat terkenal. Meskipun hal itu bisa karena defisiensi kalsium, zinc, vitamin atau ada alasan lainnya juga. Tapi bintik putih di kuku tidak berarti pasti merupakan defisiensi kalsium. Selain defisiensi nutrien, tekanan atau trauma pada lempeng kuku juga bisa membuat bintik putih tersebut.


Kuku Pria vs Wanita

Kuku Pria cenderung tumbuh lebih cepat daripada kuku wanita. Nah itu adalah sesuatu yang menarik. Wanita membutuhkan serta menginginkan kuku yang lebih panjang dan kuku pria tumbuh lebih cepat. Satu-satunya pengecualian - kuku wanita tumbuh jauh lebih cepat dari siapapun dan apapun selama masa kehamilan.


Kuku dan Rambut

Kuku dan rambut memiliki suatu hubungan, yang kurang dikenal. Keduanya terbuat dari bahan yang sama yang dikenal sebagai Keratin. Jadi lain kali saat anda memperhatikan diet anda untuk rambut, anda juga akan melihat perbedaan yang signifikan pada kesehatan kuku anda.


Kuku Membedakan Primata dari Mamalia

Kebanyakan mamalia memiliki cakar dan primata (termasuk manusia) memiliki kuku jari. Wahh!! Kita semua sudah mengetahuinya tapi tak pernah menyadari perbedaan antara cakar dan kuku... Menarik dan menakjubkan!


Disebut apa Menggigit Kuku itu?

Ok, sekarang jangan katakan menggigit kuku itu adalah menggigit kuku....he he he. Menggigit kuku adalah suatu kebiasaan saat gugup dan dikenal sebagai Onychophagia. Menurut sebuah penelitian, kebanyakan orang-orang mampu menghilangkan kebiasaan menggigit kuku dengan sendirinya di usia 30 tahun. Menggigit kuku tidak berbahaya, tapi terkadang menelan potongan kuku itu bisa menyebabkan masalah di kemudian hari.


Kuku Bernafas

Jika anda suka mengecat kuku-kuku anda, tahan sebentar dan bacalah ini. Kuku melakukan pernafasan dan cat kuku anda itu membunuh kuku-kuku anda. Bagian terkeras yang terletak pada kuku jari anda itu adalah jaringan hidup. Ia bernafas dan oksigen melakukan penetrasi melalui lempeng kuku menuju dasar kuku. Cat kuku anda mencekik dasar kuku, membuatnya kering dan membuat kuku anda lebih lemah.


Stress dan Tidur mempengaruhi Kuku

Tingkat stress anda bisa menghambat pertumbuhan kuku. Mengalami tidur yang tidak benar akibat peningkatan stress juga bisa mempengaruhi pertumbuhan kuku. Stress dan tidur yang terganggu mengalihkan energi dan nutrisi dari kuku. Jadi lain kali anda merasa kuku anda menjadi lebih lemah, periksa kebiasaan tidur anda dan tetaplah tenang.


Mengapa kita tak tahan mendengar kuku di papan tulis?

Membayangkannya saja sudah membuat anda ngeri, apakah anda demikian? He he! Ok, mari kita lihat mengapa kita merasa ngeri? Menurut sebuah penelitian, kebisingan yang ditimbulkan oleh kuku pada papan tulis dikuatkan oleh bentuk kanal-kanal telinga kita. Apapun itu bisa menjadi alasannya, kebisingannya begitu mengganggu dan menulis tentangnya pun membuat saya ngeri. Tuhan tolong saya!


Apa Peran dari Kutikula

Kutikula disekitar kuku anda digunakan untuk mengunci kelembapan kuku, yang menjaga kuku tetap lembab dan kuat. Tak hanya menahan kelembapan, kutikula juga memastikan bahwa bakteri tidak ada di dasar kuku. Pastikan untuk tidak mengacaukan kutikula dan jika anda mengalami luka kutikula, obati sesegera mungkin.


Kuku membutuhkan Darah untuk Bertahan Hidup

Kuku butuh darah, oksigen dan nutrisi untuk pertumbuhan yang benar. Sebuah cidera pada kuku kebanyakan akan mengakibatkan kuku itu terlepas setelah menghitam dan membiru. Hitam dan birunya kuku setelah cidera menunjukkan betapa lembutnya dasar kuku kita. Darah yang digunakan oleh lempeng kuku setelah cidera segera membuat kuku berubah menjadi hitam dan biru,


Kuku adalah jendela kesehatan

Tahukah anda, kuku anda menceritakan banyak tentang kesehatan anda. Percayalah, bentuk, ukuran, warna dan garis pada kuku-kuku anda itu cukup untuk memberitahu dokter anda tentang kesehatan anda. Penyakit Paru membuat kuku anda tampak kebiruan. Setiap warna kuku memiliki cerita yang berbeda, kuku keputihan, kekuningan atau bahkan kuku yang terikat. Lain kali anda melihat ada yang aneh terjadi pada kuku anda atau berubah warnanya, konsultasi ke dokter.


Semoga anda menyukai semua fakta menarik tentang kuku ini. Jika anda rasa saya melewatkan suatu fakta, tolong bagikan lebih banyak lagi fakta menarik tentang kuku.

Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang