Bagaimanakah tips membeli kamera DSLR untuk pemula?

Dilihat 3,67 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kamera DSLR merupakan kamera yang memiliki kecanggihan di atas kamera pocket biasa. Dan bagi seseorang yang tertarik dalam dunia fotografi, maka paling tidak dibutuhkan kamera sejenis ini setidaknya pada entry level. 


Cara menggunakan kamera DSLR tidak seperti menggunakan kamera pocket biasa tetapi membutuhkan keahlian khusus dan juga latihan agar foto yang dihasilkan bisa maksimal. 


Selain itu juga terdapat sejumlah faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli kamera DSLR sehingga dapat memberikan kepuasan tersendiri.


kamera 1



Kamera DSLR Terbaik Dengan Harga Terjangkau 


Sekali lagi perlu diperhatikan bahwa kamera yang lebih mahal biasanya memiliki fitur dan kegunaan yang lebih lengkap. Cobalah pelajari terlebih dulu tips memilih kamera DSLR agar sesuai dengan kebutuhan Anda. 


Ada juga kamera DSLR yang bisa dibeli dengan harga terjangkau. Terdapat sejumlah kamera DSLR murah yang sangat cocok untuk fotografer pemula. 


Berikut ini adalah beberapa kamera DSLR terbaik dengan anggaran ketat yang dapat Anda miliki:


  • Kamera DSLR Nikon D3100 + Lensa 18-55 VR

Kamera ini memiliki badan kamera yang terbuat dari bahan bagus dengan beberapa fitur menarik yaitu 11 titik autofocus untuk mempertajam gambar, Auto ISO akurat, resolusi tinggi hingga 1080 piksel dan ukuran layar LCD relatif lebar. Sangat mudah dioperasikan dan cocok bagi fotografer pemula.



  • Kamera DSLR Canon 600D + 18-55mm IS

Kamera ini selain cocok bagi tingkat pemula juga sering digunakan oleh para fotografer mahir. Kamera DSLR Canon 600D + 18-55mm IS memiliki keunggulan antara lain kemudahan interface, fasilitas wireless flash, resolusi tinggi dan flip out system pada LCD-nya.



  • Kamera DSLR Pentax K500

Kamera merek ini memang tidak sepopuler Canon, Nikon, Samsung maupun Sony tetapi kualitas yang dihasilkannya tidak kalah mutunya. Sebagai pendatang baru Pentax menawarkan fitur-fitur yang melebihi ekspektasi para fotografer pemula untuk sebuah kamera DSLR. 


Keunggulannya antara lain kamera ini tahan lama dan handal serta Rentang ISO yang lebar (100 - 601000). Selain itu juga mampu mengambil gambar 6 fps dan kualitas rekaman video yang mencapai Full HD 1080p dengan 30 fps.



kamera 2



Kehebatan kamera DSLR Untuk Fotografi Malam Hari


Kamera DLSR memiliki fitur yang mampu mengumpulkan cahaya sehingga dalam kondisi pencahayaan eksternal lemah seperti pada malam hari, gambar yang dihasilkan juga masih sangat berkualitas. 


Untuk menjadi seorang fotografer ahli, Anda perlu banyak mempelajari dan mempraktikkan cara menggunakan kamera DSLR dengan baik. Bagian lensa berperan penting dalam menghasilkan foto terbaik di malam hari. 


Sebagai bagian dari tips memilih kamera DSLR, Anda perlu mengenal jenis-jenis lensa sebagai berikut:


  1. Lensa Zoom. Sebuah lensa yang memiliki kemampuan panjang focal beragam. Jika sebuah lensa memilki panjang focal tinggi (sekitar 120 atau lebih) kita menyebutnya sebagai lensa telefoto. Sebuah lensa zoom telefoto bisa men-zoom dan merupakan lensa jarak jauh.
  2. Lensa primer: Lensa primer adalah lensa panjang focal tetap. Lensa ini performanya lebih unggul dibandingkan dengan lensa setting zoom padanannya. Lensa-lensa ini sangat populer di antara fotografer potret. Sebuah lensa primer telefoto merupakan lensa panjang focal tetap dengan panjang focal besar (misalnya 135 mm)
  3. Lensa-lensa macro: lensa-lensa ini memiliki kemampuan berfokus pada obyek-obyek kecil dan memperbesar mereka untuk menampilkan detailnya.

kamera 3



Karakter Penting Suatu Lensa


Tips memilih kamera DSLR menuntut kita untuk memahami beberapa karakter penting lensa sebagai berikut:


  1. Panjang Focal (mm): Angka ini (atau rentang angka) menjelaskan kapasitas zoom lensa. Jika sebuah angka diberikan untuk panjang focal, maka ini merupakan lensa primer. Zoom merupakan panjang focal tertinggi kira-kira yang dibagi dengan panjang focal terendah.
  2. Ukuran Aperture (jumlah f) (rentang seperti 4,5,6, atau angka seperti 1,8 atau 2,0 atau 2,8): Ini menjelaskan ukuran maksimum bukaan pada lensa untuk mengumpulkan cahaya. Angka f berbanding terbalik dengan bukaan. Tapi seiring bertambahnya ukuran apertur dalam sebuah gambar, kedalaman bidang (atau bagian pandang yang jelas, dan tidak kabur) akan menurun. Ketika mengambil gambar lanskap, nomor f yang lebih tinggi (ukuran apertur yang lebih rendah) digunakan. Ini memiliki bagian gambar yang lebih besar dalam fokus.
  3. Angle of view. Bagian ini menentukan bidang pandang kamera. Para fotografer lanskap menggunakan lensa ukuran lebar.
  4. Jarak fokus minimum (dicetak pada lensa itu sendiri). Adalah jarak minimum yang harus dipertahankan antara kaca lensa bagian luar dan obyek agar mampu mendapatkan fokus yang jernih atas obyek tersebut. 
 kamera 4


Cara Memilih Kamera DSLR yang Baik


Untuk dapat memiliki kamera DSLR yang baik, Anda harus terlebih dulu memahami seluk beluk dan cara kerja kamera DSLR


Karena cara menggunakan kamera DSLR tidak lepas dari pemahaman kita tentang spesifikasi dan fitur yang ditawarkan oleh sebuah kamera. Fotografi sangat berkaitan dengan pemilihan subyek fokus. 


Secara luas pemilihan fotografi bisa dipilih-pilah sebagai berikut:


  1. Fotografi potret. Fotografi yang melibatkan subyek seperti orang-orang dan obyek-obyek besar dengan latar belakang di luar fokus. Subyek dan latar berbeda (Lensa primer menjadi pilihan karena keunggulan performanya)
  2. Fotografi Lanskap: Segala yang ada dalam gambar merupakan bagian dari subyek. Tidak ada latar (sudut lebar dan sudut ultra-lebar)
  3. Fotografi Makro: Subyek begitu kecil dan memerlukan lensa-lensa khusus untuk memperbesar subyek agar terlihat bagus. Gambar serangga, bagian-bagian kecil dari mesin-mesin yang besar dan seterusnya.
  4. Fotografi Satwa. Ini merupakan kategori khusus karena tidak saja bergantung pada pengaturan kamera, tapi juga timing. Fotografi jenis ini memerlukan lensa-lensa zoom tele-foto.

Kamera DSLR memiliki dua bagian yang perlu kita perhatikan saat membeli kamera yaitu bagian bodi dan bagian lensa. Di pasar ada banyak jenis lensa yang bisa dipilih dengan merek-merek berbeda.


Catatan: Ukuran piksel tidak penting terkait kemampuan kamera. Ukuran piksel hanya memberikan gambar yang lebih besar pada layar. Jangan membeli kamera hanya karena ukuran pikselnya besar.



kamera 5


Beberapa hal teknis yang perlu dipertimbangkan saat membeli sebuah kamera adalah:


  • Kecepatan bidikan kamera (diukur dalam detik dan biasanya berkisar dari 1/8000 hingga 30) Ini merupakan rentang waktu bagi kamera untuk mengumpulkan cahaya untuk membentuk gambar. Jika Anda mencoba membidik obyek bergerak (seperti mobil, atau dalam even olah raga atau apapun yang biasanya terlihat buram dengan mata biasa) Anda perlu mendapatkan gambar yang terpapar dalam waktu yang sangat singkat. Bagaimanapun kecepatan bidik yang besar tidak bisa digunakan dalam posisi tangan memegang kamera. Sangat sulit menahan kamera selama 5-6 detik dalam posisi diam sempurna).
  • Sensitivitas sistem terhadap cahaya (diukur dalam ISO, biasanya berkisar dari 50 hingga 102400): Anggaplah ini sebagai kapasitas sistem untuk menyerap cahaya yang diterima untuk menciptakan gambar. Semakin besar ISOnya, semakin banyak cahaya yang bisa diserap dan ini berdampak pada penurunan kecepatan shutter. Sayangnya, semakin tinggi ISO biasanya kualitas yang dihasilkan malah semakin buruk.

kamera 6


  • Tipe sensor: Ini penting karena sering menentukan lensa yang akan dibeli nantinya. Tipe sensor membantu gambar yang diklik bisa di zoom-in sesuai versi yang diinginkan.
  • Kemampuan membidik kontinyu (diukur dalam frame per detik). Jumlah gambar yang bisa dibidik dalam sekali klik per detik. Para fotografer satwa sangat membutuhkan fitur ini karena subyek foto yang mereka ambil sering bergerak tanpa terduga.



Bagaimana cara pemula memilih kamera DSLR? 


Berikut ini beberapa tips memilih kamera DSLR yang bisa diberikan: Pertama adalah pemakaian. Tentukan dulu untuk apa Anda membeli kamera DSLR misalnya untuk mengambil potret atau lanskap atau untuk mikro fotografi. 


Selanjutnya adalah berat. Jadi pastikan dulu apakah Anda akan menggunakannya di studio atau dalam pengambilan gambar outing. Lalu, yang terakhir adalah harga. Untuk DSLR level entri harga mestinya lebih murah.


 

kamera 7


Berikut ini beberapa poin yang patut kita perhatikan saat membeli sebuah kamera:


  1. Pertimbangkan kamera point and shoot yang lebih murah dan lebih sederhana.
  2. Pertimbangkan kamera SLR digital untuk kontrol lebih. Cara menggunakan kamera DSLR bisa agak berbeda dari satu merek dengan merek yang lain.
  3. Jangan beranggapan bahwa merek populer atau harga tinggi selalu berarti berkualitas tinggi. Perhitungkan juga biaya aksesoris yang mungkin nanti dibutuhkan.
  4. Jangan membuat keputusan berdasarkan pada megapiksel.
  5. Pertimbangkan kebutuhan Anda untuk kecepatan.
  6. Evaluasi kemampuan zoom-nya.
  7. Pertimbangkan tipe baterai.
  8. Kenali format memori card.

-


Demikian tadi beberapa tips dan juga cara menggunakan kamera DSLR terutama bagi pemula. 


Bisa disimpulkan bahwa tidak semua kamera DSLR itu mahal, yang terpenting adalah kemahiran Anda dalam menggunakannya secara maksimal sehingga hasil foto bisa sebagus yang Anda harapkan. 


Semoga ulasan singkat ini dapat membantu Anda tentang bagaimana caranya memilih kamera DSLR yang baik sesuai kebutuhan Anda dan memuaskan.



Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang