Faktor Penyebab Penyakit Asites

Dilihat 2,64 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu

Penyebab terbanyak dari asites adalah penyakit hati lanjut atau sirosis. Meskipun mekanisme pasti dari perkembangan asites masih belum dimengerti seutuhnya, teori kebanyakan menunjukkan adanya suatu hipertensi portal (peningkatan tekanan pada aliran darah yang menuju hati) sebagai kontributor utama dalam penyebab asites.


Prinsip dasar ini serupa dengan pembentukan edema di bagian tubuh lainnnya karena ketidakseimbangan tekanan di dalam dan di luar sirkulasi (sistem tekanan yang tinggi di dalam), pada kasus ini, kavitas abdomen merupakan kavitas dengan tekanan yang rendah. 


Peningkatan tekanan darah protal dan penurunan albumin (protein yang ada di dalam darah) bertanggungjawab dalam tekanan gradien dan menyebabkan asites abdomen.


Penyebab terbanyak asites adalah sirosis dari hepar. Banyak faktor risiko lain yang menyebabkan asites dan sirosis yang serupa. Kebanyakan faktor risikonya adalah hepatitis B, hepatitis C, dan penyalahgunaan alkohol jangka panjang. Faktor risiko potensial lainnya yang terkait kondisi ini seperti gagal jantung kongestif, malingansi, dan penyakit ginjal.


Faktor lain yang berkontribusi terhadap terjadinya asites adalah adanya retensi garam dan air. Volume darah yang beredar dapat dianggap rendah oleh sensor pada ginjal sehingga terjadilah pembentukan ascites yang dapat menguras beberapa Volume cairan dari darah. 


Sinyal ginjal ini adalah untuk menyerap kembali lebih banyak garam dan air untuk mengkompensasi hilangnya volume cairan tubuh. Beberapa penyebab lain dari asites berhubungan dengan peningkatan gradien tekanan dari gagal jantung kongestif dan gagal ginjal lanjut karena retensi umum cairan dalam tubuh.



Baca Juga :


Posted By : Jelly Gamat QnC | QnC Jelly Gamat

Jadilah yang pertama untuk menjawab!
Tulis jawaban sekarang