Film action apa saja yang cocok untuk anak-anak?

Dilihat 2,1 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Bagi banyak pecinta film, genre film action termasuk ke dalam salah satu genre yang paling favorit dan paling menyenangkan untuk ditonton. Hal ini bukan sesuatu yang aneh karena film action memiliki banyak adegan yang menegangkan dan membuat jantung berdebar. Belum lagi dengan banyaknya adegan adu jotos, tembakan, ledakan, dan darah yang merupakan daya tarik dari film action.


Bagi para orang dewasa, tentu ada banyak film action terbaik yang tersedia untuk dipilih, namun bagaimana dengan anak-anak? Tidak semua film action Hollywood terbaik layak ditonton oleh anak-anak atau adik-adik kita mengingat banyaknya adegan kekerasan, kata sumpah serapah, hingga adegan 17+.


Jangan khawatir, ada beberapa film action yang cocok untuk anak dan juga cocok untuk dinikmati bersama seluruh anggota keluarga. Film-film tersebut penuh dengan pesan moral, tidak terlalu kasar, namun tetap seru dan menegangkan. Anak dan adik kita akan menyukainya, dan kita juga tetap bisa menikmatinya.


Nah, apa sajakah film action anak tersebut? Mari simak daftarnya di bawah ini!



Film Action Yang Cocok Untuk Anak-Anak



Memilih film untuk anak-anak memang tidak mudah. Karena anak-anak mudah menirukan apa yang mereka lihat, maka tidak baik kalau kita membiarkan mereka menonton film-film action yang sebenarnya dibuat untuk orang dewasa.


Berikut ini adalah beberapa film action yang memang diproduksi untuk dinikmati oleh anak-anak dan keluarga, seperti:


film action yang cocok untuk anak


  • Mulan (Mulan I, Mulan II, Mulan Live Action)


Film kartun karya Disney ini memang sudah sangat lama, sudah ada sekitar 20 tahun lewat sejak penayangan pertamanya di bioskop (1998). Namun, bukan rahasia bahwa film-film jaman dahulu memiliki kualitas dan pesan moral yang tidak kalah dibandingkan film modern saat ini, atau bahkan lebih baik.


Film Mulan menceritakan tentang seorang gadis bernama Mulan yang pergi dari rumah dan menyamar sebagai laki-laki untuk menggantikan ayahnya berperang melawan bangsa Hun yang menyerang Tiongkok.


Mulan merupakan salah satu film action wanita dan sangat direkomendasikan untuk ditonton oleh anak-anak dan keluarga karena kisahnya yang menarik, lucu, dan berunsur sejarah Tiongkok. Dalam Mulan, anak bisa belajar mengenai kekuatan, persahabatan, dan juga cinta. Meskipun demikian, akan lebih baik apabila orang dewasa tetap mendampingi karena dalam film ini tetap ada bahasa kasar yang mungkin sulit dipahami oleh anak.


Pada bulan November 2018, akan ditayangkan live-action Mulan dan diperankan oleh beberapa aktor Hollywood peranakan Tiongkok. Meskipun ceritanya akan menjadi cukup berbeda dari kartunnya, live-action ini tetap layak untuk kita tonton bersama anak.


film action anak


  • The Lion King I dan II


Film action anak yang selanjutnya masih berasal dari studio Disney. The Lion King yang ditayangkan pertama kali pada tahun 1994 ini merupakan kartun dengan karakter para singa dan berlatar belakang di dataran Afrika. Film ini menceritakan tentang seekor anak raja rimba yang bernama Simba yang dijebak dan diusir dari kerajaannya sendiri oleh pamannya yang jahat, Scar.


The Lion King memiliki banyak adegan yang menegangkan, pertarungan antar singa, dan penggambaran tentang dataran Afrika dalam film ini benar-benar indah dan nyata. Selain itu, lagu-lagu yang indah juga mengiringi jalannya cerita ini.


Ada banyak pesan moral yang bisa didapatkan dari perjalanan Simba untuk merebut kembali tahtanya dari pamannya seperti kepercayaan diri, rasa keadilan, hingga persahabatan. The Lion King sangat memukau, dijamin dapat dinikmati bersama oleh seluruh keluarga.


film action yang cocok untuk anak


  • Return To Never Land (Peter Pan)


Peter pan adalah karakter fiksi dari negeri dongeng yang cukup populer di kalangan anak-anak dan remaja. Ia diceritakan tinggal di sebuah tempat yang bernama Neverland, di sana anak-anak tidak bisa tumbuh dan akan selamanya berpenampilan dan bertingkah seperti anak-anak. Peter Pan diceritakan memiliki grup yang disebut dengan The Lost Boys, berteman dengan peri bernama Tinkerbell, dan manusia bernama Wendy.


Return to Never Land adalah film garapan studio Disney dan ditayangkan pada tahun 2002. Film ini menceritakan tentang Peter Pan yang bertemu dengan Jane, anak Wendy. Peter kemudian membawa Jane ke Neverland dan di sana banyak hal terjadi. termasuk pertarungan cerdik mereka melawan Kapten Hook, musuh Peter.


Peter Pan mengajarkan banyak hal kepada anak, misalnya keberanian untuk bermimpi dan berfantasi, persahabatan, keberanian, dan kesetiaan. Jangan lupa untuk terus dampingi anak dan adik kita ketika menonton film ini karena tetap ada adegan atau kata-kata yang akan sulit dimengerti oleh mereka.


film action yang cocok untuk anak


  • The Sword in The Stone


Film live-action ini dibuat oleh pencipta Game of Thrones, Bryan Cogman. The Sword in The Stone akan menceritakan kembali kisah tentang Raja Arthur dari Inggris yang terkenal dan sahabat-sahabatnya seperti Penyihir Merlin, Ksatria Meja Bundar, Archimedes, dan Madam Mim. Kisah kepahlawanan Raja Arthur dan para ksatrianya sangat terkenal di Inggris dan tentu saja membuat The Sword in The Stones menjadi film action yang cocok untuk anak dan adik-adik kita.


Sayangnya film ini masih dalam tahap pembuatan dan masih belum memberi tahu jadwal penayangnnya. Jika tertarik, cobalah untuk menonton versi kartun besutan studio Disney. Versi kartun buatan Disney pertama kali ditayangkan pada tahun 1963 dan merupakan versi asli dari live-action ini.


film action yang cocok untuk anak


  • Power Rangers


Siapa yang tidak tahu para pahlawan super satu ini? Power Rangers juga sama tuanya dengan beberapa film sebelumnya, namun tahun lalu Power Rangers telah dibuat ulang dan kembali ditayangkan di bioskop dengan cerita yang tidak terlalu jauh berbeda.


Power Rangers adalah film action yang cocok untuk anak karena aksi perkelahiannya tidak terlalu keras dan tidak ada gambar darah atau luka yang sangat parah. Selain itu, para karakter yang keren dan robot-robot yang canggih tentu akan disukai oleh anak-anak.


film action anak


  • Ultraman Series


Pahlawan besutan Jepang satu ini tidak kalah terkenalnya dengan Power Rangers yang berasal dari Amerika. Dengan kemampuan mereka berubah wujud menjadi makhluk raksasa yang bertarung melawan monster jahat, biasanya anak lelaki akan menyukai film-film Ultraman ini.


Ada banyak seri dan jenis-jenis Ultraman, dan setiap Ultraman memiliki latar belakang kehidupan yang berbeda-beda. Namun, semuanya memiliki tujuan yang sama, yaitu melindungi bumi dari makhluk jahat dan menjaga manusia dari kehancuran. Dari musuh-musuh Ultraman anak juga dapat belajar bahwa terkadang manusia sendirilah yang menciptakan kehancuran bagi bumi.


Tidak ada darah atau pertarungan yang terlalu sengit dalam film-film Ultraman, menjadikannya cocok untuk anak-anak.


film action yang cocok untuk anak


  • Star Wars


Mungkin Anda akan beranggapan bahwa Star Wars yang merupakan sci-fi akan terlalu berat untuk anak. Namun sebenarnya tidak ada salahnya untuk memperkenalkan genre yang lain pada anak, dan film yang sedikit berat juga akan membantu merangsang perkembangan otak. 


Star Wars layak ditonton oleh anak, namun harus tetap dengan pendampingan orang dewasa karena permasalahan ceritanya yang cukup rumit dan panjang. Tapi anak pasti akan menikmati gambar-gambar kapal tempur antar bintang, pasukan Stormtrooper, dan pertarungan menggunakan lightsaber yang legendaris.




Selain film-film di atas, di bawah ini adalah beberapa film yang juga cocok untuk anak dan keluarga, misalnya:

  • Home Alone 1, 2, dan 3. 
  • Spy Kids
  • Karate Kids
  • Sound of Music
  • Marry Poppins
  • Night at The Museum
  • Film-film dari Studio Ghibli (My Neighbor Totoro, Princess Mononoke, Spirited Away, dll)

-


Memilih film action yang cocok untuk anak memang bukan hal mudah, maka dari itu, saya rekomendasikan kartun atau film yang memang diproduksi untuk anak. Anak-anak mudah mengingat dan mengikuti apa yang mereka lihat, jadi jangan sembarangan membiarkan mereka menonton tayangan di televisi sembarangan.


Sayangnya, banyak orang tua yang tidak paham dan membiarkan anak-anak menonton sinetron dengan banyak adegan drama konyol dan percintaan yang tidak masuk akal. Sekarang kita banyak melihat anak-anak bertingkah aneh layaknya orang dewasa, kan?


Lebih baik kita sediakan tayangan yang memang cocok dan dapat mendidik mereka, tidak masalah walaupun itu film-film action lama sekalipun. Misalnya seperti Mulan, meskipun Mulan adalah seorang wanita, ia berhasil menjadi pahlawan Tiongkok dan dihargai oleh seluruh rakyat. Anak bisa menangkap bahwa wanita juga bisa menjadi sosok yang kuat dan keberanian adalah kunci yang paling utama.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang