Film action Bollywood apa saja yang merupakan film terbaik?

Dilihat 4,9 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Film genre action tentu sangat menarik dan memiliki penggemar yang sangat luar biasa di seluruh dunia. 


Kita mengenal film-film laga atau action banyak sekali dibuat oleh studio mulai dari Hongkong, Hollywood sampai Bombay. Tampaknya setiap wilayah tersebut memiliki visi dan filosofi tersendiri terkait dengan film laga yang ditampilkan.


Ambil contoh misalnya film Hongkong yang didominasi oleh film-film kungfu sudah menjadi andalan sejak dulu. Seiring perkembangan teknologi sinematografi, gerak dan plot semakin canggih dan apik. Film-film Hongkong pun masih menjadi kiblat bagi film laga terutama yang mengambil setting masa lampau. 


Lalu bagaimana dengan film action India?


artis india 1


Film India terbaik merupakan perpaduan dari keindahan tarian, nyanyian dan cerita di dalamnya. Kita tahu daratan India sangat kaya akan tari-tarian yang diiringi musik, kostum yang berwarna-warni serta lagu-lagu yang dinyanyikan oleh para biduan merdu. 


Ada banyak film drama romantis Bollywood yang memiliki kisah cinta menyedihkan, dan film jenis ini tak kalah larisnya dengan jenis film laga keluaran Bollywood.



Film action Hollywood versus Bollywood


Kalau mau dibandingkan antara kedua industri ini, tentu saja Hollywood lebih unggul. 


Hollywood bisa dikatakan sebagai tempat berkumpulnya bakat-bakat terbaik dari seluruh penjuru dunia mulai dari ahli di bidang teknologi perfilman, make up, desain latar, kostum hingga kemampuan berakting itu sendiri. 


Panggung-panggung teater semacam Broadway merupakan tempat magang para artis dan aktor handal sebelum mereka akhirnya tampil di layar lebar.


Film action yang paling bagus yang pernah ada, baik dari Hollywood maupun dari Bollywood selalu bermunculan setiap tahunnya. Dari ranah Hollywood kita mengenal paling tidak aksi-aksi Sylvester Stallone, Arnold Schwarzenegger, Bruce Willis sampai Tom Cruise, masih banyak lagi bintang laga yang kita kenal. 


aktris india 1

Film action di Bollywood sebenarnya relatif lebih baru dibandingkan dengan film-film Hollywood. Film action yang paling laris selama ini, dari Bollywood maupun Hollywood sepertinya bersaing dalam menyajikan keseruan laga demi laga sejak awal hingga akhir film. 


Unsur-unsur utama yang mendukung sebuah film laga antara lain perkelahian antar aktor atau sebuah keributan massal, aksi kejar-kejaran dengan motor atau mobil, baku tembak, dan yang paling menegangkan adalah ledakan-ledakan.


Film-film Action India yang Terbaik


Sebagai salah satu kiblat industri perfilman dunia, Bollywood terus menghasilkan film-film action terbaiknya dari masa ke masa. Setiap saat selalu ada film Bollywood yang terbaru dan terbaik yang beredar di berbagai bioskop, baik di Indonesia maupun di negara-negara lain. 


Dengan sendirinya kultur perfilman di sana sudah mengakar kuat dan di antara film-film action India yang layak untuk ditonton adalah sebagai berikut:


  • Don

The Angry Young Man of Bollywood, Diperankan oleh Amitabh Bachchan yang bermain sebagai Vijay, seorang lelaki biasa, namun juga merangkap sebagai Don, seorang penjahat buronan. Film ini sukses besar pada tahun 1978, dengan adegan aksi yang luar biasa dan mengantarkan para aktor utamanya kelak menjadi ikon Bollywood terutama Amitabh Bachchan.  


Don Amitabh bachchan


  • Sarfarosh

Di film ini sang bintang Aamir Khan kembali menahbiskan dirinya sebagai aktor perfectionis India. Film produksi tahun 1999 yang disutradari oleh John Matthew ini bercerita tentang Ajay Singh Rathod (diperankan Aamir Khan) mahasiswa kedokteran yang kemudian memutuskan untuk masuk ke dalam Kepolisian India demi menumpas para teroris. 


Adegan demi adegan laga yang dipertontonkan di dalam film ini sangat memukau dan rasanya sayang jika dilewatkan oleh para penggemar film action terutama film action India.  


sarfarosh


  • Don 2
Jika Anda penggemar film action sekaligus fans berat Shah Rukh Khan maka film Don 2 ini akan sangat memuaskan, terutama bila sebelumnya Anda sudah menyaksikan Don sekuel pertama. 


Cerita yang bagus (diadaptasi dari karya Amitji) dipadukan dengan kehandalan akting sang mega bintang Shah Rukh Khan membuat banyak kalangan berpendapat bahwa film Don 2 ini termasuk salah satu film India terbaik dalam genre action yang dirilis pada 2011.  


don 2


  • Ek Tha Tiger
Bagi fans berat Salman Khan dan film laga Bollywood, Ek Tha Tiger merupakan film yang pas untuk ditonton. Adegan demi adegan laga yang didukung oleh kemampuan berakting Salman Khan yang luar biasa akan menyajikan keseruan sejak awal film diputar. 


Film yang diproduksi pada 2011 dan disutradarai oleh Kabir Khan ini juga turut bersaing dengan film action lainnya untuk menjadi yang terbaik. 

    
ek tha tiger


  • Agneepath
Kira-kira penggemar film India terutama action mana yang tidak kenal tokoh Vijay? Karakter ini sudah sangat melekat di hati para penggemar sinema India baik di negara asalnya maupun di Indonesia. Sendirian ia mampu menumpas lawan-lawannya, seorang hero yang dicintai oleh semua orang. 


Namun kali ini Vijay tidak sedang diperankan oleh Amitabh Bachchan tetapi oleh Hrithik Roshan karena ini merupakan sebuah film remake yang dibuat ulang oleh Karan Malhotra pada 2012.    


agneepath


  • Baby
Ini merupakan film besutan Neeraj Pandey rilis pada 2015 sebagai film yang mengusung bintang-bintang tenar semacam Rana Daggubati, Taapsee Pannu dan sang bintang laga Kumar. 


Mirip dengan film-film Hollywood yang mengangkat tema operasi intelijen, di film ini kita akan disuguhi oleh kejeniusan aksi dan strategi para petugas India Intelligence System. Film ini masuk dalam deretan film India terbaik.

 

baby film india


Daya Tarik Film Action Bollywood


Di antara film action Bollywood, film action apa yang baik ditonton untuk anak usia 6 sampai 8 tahun? 


Ini merupakan pertanyaan yang penting mengingat film action tak luput dari bumbu-bumbu kekerasan dan juga percintaan. Untuk kategori anak-anak kita bisa memilih film-film yang dibintangi oleh tokoh anak-anak terutama untuk film-film action yang mengangkat kisah super hero.


Akhirnya adalah daya tarik utama film India antara lain terletak pada tarian-tarian, lagu dan cerita yang dikemas dalam satu sajian film. 


Koreografi di dalam film India mampu memberikan sajian yang sangat menarik dengan pernak-pernik serta hiasan bunga-bunga yang boleh dikatakan paling meriah di antara film-film buatan rumah produksi besar baik di Cina, Eropa maupun Hollywood.


film india 2


Selanjutnya adalah faktor lagu. Lagu-lagu di film India sangat beragam dan sudah memiliki pangsa pasar tersendiri. 


Sekilas mirip dengan lagu dangdut (atau memang lagu dangdut sangat dipengaruhi oleh lagu-lagu India?) membuat film India terasa sangat lengkap. Film India terbaik kerap kali didukung oleh aransemen musik yang mendapatkan penghargaan tertentu di sebuah ajang.


Dan yang terakhir adalah dari segi cerita sendiri. 


India merupakan daratan di mana cerita-cerita besar berasal. Sebut saja misalnya Mahabarata dan Ramayana. Kisah-kisah ini sudah mengilhami imajinasi banyak orang selama berabad-abad dan bergenerasi yang disajikan dalam banyak bentuk baik lisan, tulis maupun pertunjukan panggung.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang