Apa saja film action Hollywood terbaik sepanjang masa?

Dilihat 18,9 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Film action memang merupakan genre film yang cukup umum dan paling diminati oleh sebagian besar masyarakat. Berbagai macam adegan yang menegangkan dan memacu adrenalin seperti perkelahian, ledakan bom, letusan senjata api, serta para pemain yang gagah dan cantik dengan kemampuan akting yang mumpuni tentunya menjadikan sebuah film action sangat menarik ditonton untuk menghabiskan waktu luang bersama keluarga dan orang-orang terdekat. 


Akan tetapi, sering kali kita 'tertipu' oleh film action dengan poster yang tampak mengesankan, namun keseluruhannya sangat tidak memuaskan. Entah karena sound effect dan grafis yang terkesan murahan, akting yang jelek, hingga alur cerita yang tidak masuk akal atau terlalu ditekankan pada unsur percintaan. Hal ini tentu sangat mengecewakan bagi penggemar action sejati.


Saya sendiri merupakan pecinta film action dan selama ini sudah menonton banyak sekali, mulai dari yang ditayangkan tahun 1969 hingga era 2000an. Berikut ini, saya berikan daftar film action terbaik yang pernah saya tonton dan saya yakin, pasti anda akan menyukainya juga. 

Semua dibintangi oleh para pemain dengan kemampuan yang tidak perlu diragukan lagi, bahkan beberapa di antaranya dapat dikategorikan sebagai film action terbaik sepanjang masa!!



Daftar 33 Film Action Terbaik



33. Haywire - 2011


haywire movie

Siapa yang menyangka Steven Soderbergh punya film klasik? Sang sutradara film Sex, Lies, and Videotape berkolaborasi dengan petarung MMA Gina Carano untuk membuat film Spy-Thriller. 


Cerita dari film ini penuh dengan kejutan yang tidak dapat diprediksi. Banyak adegan perkelahian yang bagus dan dikoreografikan dengan baik, serta adegan pertarungan tanpa diiringi dengan backsound, seperti perkelahian antara Gina Carano dengan Channing Tatum di restoran, pertemuan yang luar biasa dengan Michael Fassbender dan pertarungan menakjubkan melawan Ewan McGregor di sebuah pantai.



32. John Wick - 2014


john wick movie


Film debut dari sutradara Chad Stahelski dan David Leitch, 2 orang stuntman yang mendesain pertempuran untuk The Matrix, Troy, The Bourne Legacy, dan 300 adalah para pemain gun-fu terbaik dalam dunia film action. 


Ceritanya adalah tentang pembunuh bayaran profesional yang ingin membalas perbuatan suatu geng setelah membunuh anjingnya. Aktor Keanu Reeves beraksi; ia melompat, menggelinding, menendang dan meninju, serta menembakkan pelurunya dengan tepat sasaran. Film ini dipersiapkan oleh dua orang master film action selama hampir seumur hidup mereka dan membuat film ini menjadi salah satu film action terbaik yang pernah dimiliki oleh Hollywood. 



31. Blade 2 - 2002


blade 2 movie


Sulit untuk mencari film yang mirip dengan Blade 2 di dunia Film Marvel saat ini. Film ini menceritakan tentang dunia yang berisi dengan vampir di dunia modern dan penuh dengan sentuhan darah yang merupakan ciri khas sutradara Guillermo del Toro. Selain itu, Blade 2 juga berisi dengan kekerasan yang sangat cocok untuk dunia fantasi. 


Semakin lama ditonton, film ini akan terasa semakin baik, maka jangan beranjak pergi hanya dalam beberapa menit saja. Tokoh utama diperankan oleh Wesley Snipes, mengenakan jas panjang berwarna hitam dan kacamata Oakleys-nya, menikam dan membunuh para vampir dengan begitu mudahnya dan tampak sangat keren!



30. Bloodsport - 1988


bloodsport movie


Jean Claude Van Damme sangat terkenal setelah dia menyelesaikan film ini karena banyak orang yang berpendapat bahwa film ini merupakan salah satu film action terbaik di masa itu. Bloodsport banyak terinspirasi dari film Bruce Lee. Mengambil tema bertarung untuk bertahan hidup  Gerakan tubuh yang baik dari van Damme yang terlihat bagus saat ada adegan bertarung dengan sarung karate yang diperlambat. 


Pada adegan akhirnya, Van Damme yang penuh diselubungi debu dari arena pertarungan dan meneriakkan teriakan kemenangannya dengan sepenuh tenaga sangat menakjubkan. Film action ini akan memberikanmu sebuah sensasi yang luar biasa dan adrenalinmu akan berpacu dengan sangat cepat!



29. Lethal Weapon - 1987


lethal weapon movie


Apakah Lethal Weapon adalah film action? Bagi semua orang yang mempertanyakan masalah ini, hentikan sajalah. Mungkin Mel Gibson adalah orang yang menyebalkan, tapi selama 110 menit durasi film ini, dia adalah jagoannya. Dan Danny Glover? Dialah yang pertama kali mengucapkan kata-kata "I'm too old for this shit." (Aku terlalu tua untuk hal ini)! 


Film ini membuktikan bahwa film action tidak harus selalu berisi ledakan, adegan perkelahian, dan adu tembak. Film action cenderung memiliki spesifikasi tersendiri dan Lethal Weapon memenuhi spesifikasi tersebut.



28. Crank - 2006


crank movie


Di Serial Transporter, Jason Statham membuktikan bahwa dia bisa menghajar orang dengan semangka di tangannya. Tapi di Crank (dan juga di sekuel yang sama luar biasanya, Crank : High Voltage), Jason Statham didorong untuk menjadi orang yang sangat marah dan sangat menunjukkan personanya hingga ke titik maksimal. 


Neveldine dan Taylor memang sepasang penulis dan sutradara yang mampu membuat film imajinatif dengan genre thriller yang mampu membuat nadi berdenyut kencang dengan sentuhan satire yang aneh. 



27. Assault on Precinct 13 - 1976


assault on precinct 13 movie


Film yang dibuat oleh John Carpenter ini adalah film yang terkenal menyedihkan dan menyeramkan. Film ini merupakan kelanjutan dari They Live. Terinspirasi dari Rio Bravo yang disutradarai oleh Howards Hawks, Carpenter mengimajinasikan Western sebagai film pengepungan era modern, meletakkan Letnan Ethan Bishop (Austin Stoker) sebagai pusat dari pertarungan berdarah antar geng di kantor polisi. 



26. Kill Bill Vol.1 - 2003


kill bill vol 1 movie


Kebanyakan film action memang dibintangi oleh laki-laki karena genre film ini melibatkan adegan perkelahian serta adegan-adegan berbahaya lainnya. Tapi film Kill Bill yang diperankan oleh Uma Thurman sukses merebut perhatian publik. Film ini juga meraih berbagai penghargaan mulai dari best actress, best director, best female performance, bahkan best fight serta best action film. 


Film ini dibuat oleh sutradara terkenal Quentin Tarantino dari film filmnya yang terkenal pada tahun 70 an. Ini adalah film buatan Quentin yang lagi-lagi menyajikan kadar kekerasan yang sangat tinggi. Meski begitu, Quentin juga masih bisa menemukan aspek-aspek yang lucu di dalam film actionnya . Karena kesuksesan film ini, maka tak lama setelah itu, Quentin Tarantino memutuskan untuk langsung membuat Kill Bill Vol.2. Film ini merupakan salah satu film action terbaik untuk perempuan.



25. Taken - 2009


taken movie


Taken sejak awal seharusnya merupakan sebuah film yang terlupakan. Ada jeda setengah tahun perilisan antara US dan Perancis karena pihak eksekutif tidak dapat memutuskan apakah film besutan sutradara Pierre Morrel dan produser Luc Besson ini layak untuk tayang. Namun akhirnya salah satu film action terbaik sepanjang masa ini rilis dan semua orang dapat menikmati kharisma Liam Nesson yang luar biasa dan keahlian karate-nya yang mengagumkan.  



24. The Dark Knight - 2008


the dark knight movie


Tidak semua film superhero adalah film action. Tapi The Dark knight adalah film yang sangat memfokuskan perhatian kepada perampokan, kejar-kejaran mobil, Truk terbalik dan Batman, seorang pengusaha kaya raya yang berjuang untuk membuat kotanya damai dan penuh dengan keadilan. Film ini banyak menuai kritikan atas editing sang sutradara, Christopher Nolan, dianggap tidak layak dan plot yang berlubang. Namun Nolan yang juga merupakan sutradara Inception adalah master dalam pembuatan naratif dan menumpuk ide-ide hingga menampilkan sebuah cerita luar biasa yang tidak terduga. 


The Dark Knight adalah film suspense yang sangat brilian, ditambah lagi dengan Joker yang diperankan oleh Heath Ledger, kau tidak akan mampu beranjak sebelum film ini selesai. The Dark Knight juga merupakan salah satu dari 100 film Amerika terbaik sepanjang masa.



23. Enter the Dragon - 1973


enter the dragon movie


Fist of Fury (1972) mungkin memang telah memberikan Bruce Lee awalan tempat untuk berdiri, merintis karir, dan terkenal sebagai aktor film laga. Tapi film yang lebih baik dari pada itu adalah Enter the Dragon. 


Film action ini sangat dikenal sebagai film pertama yang menggabungkan antara Hollywood dan kungfu. Koreografi di film ini dipikirkan dengan matang dan dipersiapkan secara baik, sehingga dengan kharisma dan keahlian Bruce Lee menciptakan film action bertema bela diri terbaik di dunia yang sangat menonjol dan baik. Kenyataan bahwa Bruce Lee meninggal dunia sebelum film ini rilis menimbulkan kesan mistis tersendiri ketika menontonnya. 



22. Con Air - 1997


con air movie

Nicolas Cage dikenal dengan ciri khasnya berakting dengan gila dan meledak-ledak atau biasa disebut “baroque”. Con Air benar-benar membalikkan seluruh dugaan karena disini ia berperan sebagai pahlawan yang tenang. Justru dunia di sekitarnyalah yang rasanya akan meledak kapan saja. Dan peran ini sangat cocok untuknya; dengan sutradara Simon West yang berusaha sebaik mungkin mengikuti gaya Michael Bay, lalu bintang lainnya seperti John Malkovich, Ving Rhames, Dave Chappelle, Steve Buscemi, M.C. Gainey, dan Danny Trejo membuat Air Con mendobrak masuk ke jajaran film action yang paling spektakuler. Ada pertarungan dan aksi kejar-kejaran di Vegas, juga sangat banyak ledakan. Seharusnya film ini masuk dalam salah satu film action yang memenangkan penghargaan Oscar.



21. Mission: Impossible - 1996


mission impossible movie


Tom Cruise memainkan perannya dengan sangat baik di film yang di sutradarai oleh Brian De Palma ini. Dia berhasil membuat film ini secara konstan penuh dengan action yang non-stop. Adegan terakhir pada film ini adalah pertarungan yang terjadi di antara helikopter dengan kereta api yang bergerak dengan cepat. Walaupun banyak adegan dalam Mission: Impossible sangat tidak realistis, namun dapat membuat penonton tercengang dan tercekat dengan fantasi-fantasi yang di bawakan oleh aktor yang sangat baik. Menurut saya, ini adalah film action terbaik di tahun 90an.



20. The Raid : Redemption - 2011


the raid redemption movie


Siapa bilang Indonesia tidak dapat menciptakan sebuah film action yang bagus? The Raid merupakan film box office hasil produksi Indonesia yang berhasil menanjak dari festival film ke bioskap dan akhirnya home video. Film ini merupakan salah satu film terbaik buatan Indonesia yang paling sukses di tingkat dunia. 


Sekilas, alur cerita film ini mirip dengan film Brick Mansion, di mana aparat keamanan berusaha untuk menyerbu kediaman gembong narkoba yang sebelumnya tidak pernah tersentuh hukum. Tidak lupa musik yang mengalun film ini juga sangat baik. Film ini mampu membuat anda merasa ngilu hanya dengan menontonnya. 



19. The Rock - 1996


the rock movie


Jelas sekali bahwa film ini merupakan Film Michael Bay yang paling baik. Ini adalah cerita bagaimana seseorang harus kabur dari Alcatraz, penjara yang memiliki perlindungan militer yang kuat. Jika anda ingin melihat Nicholas Cage memegang senapan berat dan mulai menyemprotkan peluru ke segala penjuru, atau Sean Connery dengan joke kasar dan tampak seperti seorang pengendara motor yang sangar, ini adalah film yang harus anda tonton. The Rock adalah film yang penuh dengan adegan action terbaik yang pernah dibuat oleh Michael Bay.



18. Bullitt - 1968


bullitt movie


Dengan setting di San Fransisco, ada sangat banyak yang dilakukan oleh sang Letnan Frank Bullitt dalam menginvestigasi konspirasi organisasi kejahatan yang mengancam keamanan kotanya. Di sekitar pertengahan, pertempuran antara Bullitt dan dua orang penembak terasa seperti sebuah permainan piano, begitu terorganisir dan tidak diduga-duga. Pengejaran terakhir berlatar di sebuah bandara, dan sangat jelas ini merupakan sebuah inspirasi untuk Heat dan Casino Royale. 


Bullitt adalah sebuah film yang akan membuat penontonnya akan terus berkeringat di sepanjang alur cerita hingga akhir dan sangat layak untuk ditonton.



17. The Bourne Supremacy - 2004


the bourne supremacy movie


Film ini dibuat oleh sutradara Paul Greengrass, sutradara yang terkenal dengan aksi kameranya yang bergoyang tanpa henti dan membuat semua aksi yang kecil menjadi aksi yang menegangkan. Peran utamanya dimainkan oleh Matt Damon yang melawan pembunuh bayaran dengan majalah, mencekiknya dan menggunakan pemanggang roti untuk menghabisinya. 


Film ini sangat seru, menegangkan dan mungkin membuat orang mual dan pusing. Sebagai salah satu film action terbaik sepanjang masa, The Bourne Supremacy membawa Matt Damon memenangkan penghargaan best actor pada Empire Award,



16. First Blood - 1982


first blood movie


Film-film Rambo yang lain mungkin memiliki jumlah lebih banyak dalam soal korban jiwa, tapi film yang pertama inilah yang memiliki sisi emosional paling berat, menyangkut masalah politik, dan penuh dengan ketegangan yang menyenangkan. 


Berhadapan dengan Sheriff Will Teasle dan seluruh kekuatan militer, Rambo adalah petarung yang luar biasa. Ia menjatuhkan helikopter dengan sebuah batu. Ia meledakkan pombensin. Dan ia menyampaikan monolog yang sangat menggetarkan hati di akhir cerita. Benar-benar tidak ada yang tidak bisa dilakukan olehnya.



15. Point Break - 1991


point break movie


Dengan potret lautan yang cantik, adegan perampokan yang sangat mendebarkan, dan hubungan persahabatan antara dua pria yang sangat ‘romantis’ antara Keanu Reeves dan Patrick Swayze, dua orang polisi yang sedang berada di bawah penyamaran. Beberapa hal agak aneh, namun sang sutradara, Kathryn Bigelow mampu membawa perputaran cerita menjadi semakin menarik dari waktu ke waktu.



14. Aliens - 1986


aliens movie


Kehalusan memang bukanlah kemampuan James Cameron. Sementara Ridley Scott yang rilis pada tahun 1979 menampilkan teror gangguan pesawat luar angkasa, Cameron menciptakan gabungan antara militer dan dunia sci-fi untuk menciptakan sekuel yang luar biasa. Alien dengan lendir mengerikan (serta ratu mereka) bergerak melawan Ripley, semua sangat menakjubkan. 

Ada senjata-senjata yang lebih besar, serangan-serangan yang lebih hebat, dan pertarungan yang heboh. Unsur thrill-nya adalah bagaimana kau merasakan ketakutan apabila mereka benar-benar menyerang kita seperti yang terjadi di film ini.



13. RoboCop - 1987


robocop movie


Silakan mengomentari bahkan film Robocop sangat mengganggu perut anda dan membuat anda mual-mual karena kekerasan yang berlebihan yang dilakukan oleh sang robot polisi. 


Menceritakan bagaimana seseorang polisi di tembaki secara brutal sehingga tubuhnya hilang dan tidak dapat terekonstruksi dan akhirnya menjadi subjek penelitian seseorang yang bisa membuat dirinya menjadi robot. Ia diberikan tugas menjadi polisi dan menjatuhkan penjahat kelas kakap dengan perangkat tempur yang sekarang ia miliki di tubuh robotnya. Ini adalah film action terbaik di masanya yang mampu berjalan secara harmonis dan baik pada awal-awal dunia film hi-tech berkembang.



12. The Wild Bunch - 1969


the wild bunch movie


The Wild Bunch termasuk film action yang harus di tonton. Film ini diangkat dari peristiwa sejarah Amerika kuno pada abad pertengahan. The Wild Bunch ini menggambarkan Willian Holden sebagai orang yang berdarah dingin yang sewenang-wenang dan haus darah. Gambaran ini sangat memberikan penekanan mengenai orang yang baik dan juga kejam sekaligus sebagai karakter utama. Film ini di akhiri dengan adegan penghancuran kereta yang sangat luar biasa. Biaya pembuatan film ini pasti memakan dana yang tidak sedikit.



11. Casino Royale - 2006


casino royale movie


Jika kita mendengar 007, kita akan teringat dengan Goldfinger, The Spy Who Loved Me, atau The Living Daylightsas. Tapi 007: Casino Royale adalah film yang sangat berisi dengan '007' yang diperankan oleh Daniel Craig. FIlm ini merupakan campuran dari film action, drama, psikologis dan sisi gelap Daniel Craig dengan misi-misinya. Pembukaan film yang tidak kalah baik dengan film film 007 sebelumnya. Action yang di lakukan Daniel Craig tidak membiarkan penonton kebosanan. Adegan-adegan dilakukan secara berkelas tapi juga brutal.


 

10. Predator - 1987


predator movie


Ada sesuatu yang sangat menempel dengan Arnold Schwarzenegger. Orang yang memiliki tubuh yang kekar dan kharismanya yang sangat menegangkan. diawali dengan misi bersama teman-temannya. Lalu entah bagaimana dipertemukan dengan monster yang dapat menghilang dari penglihatan manusia. 


Film ini disutradari oleh John McTierman, pahlawan yang tidak diduga di dunia perfilman action. Dengan lumpur, asap dan keringat ikonik dalam film ini membuat penonton terkagum-kagum dengan film ini.



9. Five Deadly Venoms - 1978


five deadly venoms movie


Film ini adalah film yang merevolusioner film kung fu yang biasanya di lakukan pada tahun 1960 dan 1970. Film ini menggabungkan palet warna, tradisi, budaya yang semua di angkat dari Amerika pada tahun 1970. Film ini bersama dengan The 36th Chamber of Shaolin adalah film dengan tema yang sama yang terbaik dalam dunia film action. 


Bercerita tentang seseorang yang dibayar untuk menutup kejahatan yang dilakukan oleh seseorang sehingga dapat menunjukan kelemahannya di antara dunia yang korup. Tidak hanya dari koreografi tempur, namun juga set, dan kostum yang digunakan pemain, sangat memberikan aura tahun 1970 pada film ini.



8. The Matrix - 1999


the matrix movie


Film ini menggabungkan teknik film Slow motion dan juga 360 derajat. Adegan penembakan dibuat sangat ikonik dan keren untuk film ini. Ini adalah film action fiksi ilmiah yang sempurna. Tidak hanya dari aspek cerita, namun juga adegan-adegan yang mampu mengacaukan pikiran penonton.



7. Terminator 2 : Judgement Day - 1991


terminator 2 movie


James Cameron membuat film ini sama seperti film alien. Dilengkapi dengan Arnold Schwarzenegger dengan tubuh robotnya dengan kode T800 yang membuat film ini jauh lebih terkenal dari Terminator pertama. Film ini berhasil menciptakan tokoh antagonis yang terlihat sangat kuat dan tak terkalahkan. Meski begitu, Arnold Schwarzenegger tetap mampu memainkan perannya sebagai robot dengan baik. Film ini merupakan salah satu film action yang sangat bagus.



6. The Road Warrior - 1981


the road warrior movie


Sama seperti Mad Max, Mad Max 2 yang juga dikenal dengan "The Road Warrior" mendapatkan penghargaan Oscar, karena ini adalah film bertema mobil yang kedua setelah Mad Max. George Miller berhasil membuat film ini menjadi penerus keberhasilan Mad Max di dunia perfilman. Film ini juga menjadi patokan dimana film action bertema mobil menjadi terkenal.



5. Commando - 1985


commando movie


Ini adalah film Mark Lester yang bercerita tentang seseorang yang harus melawan banyak orang dengan menentang debat amandemen, dan merupakan peran yang sangat pantas dimainkan oleh Arnold Schwarzenegger. Film ini dipenuhi dengan tembok runtuh, tembakan senjata api, dan darah. Film ini juga diwarnai dengan sentuhan kehancuran dan kekerasan, sampai akhirnya Arnold Schwarzenegger menusukkan pipa besi di dada musuhnya.



4. Speed - 1994


speed movie


Tidak ada yang perlu dipertanyakan tentang Speed, anda bisa langsung duduk untuk menonton film ini. Ada bom di dalam elevator yang menyuruh Dennis Hopper untuk mencari orang yang menanam bom tersebut. Kita tahu bahwa orang ini adalah orang yang gila. Speed adalah film yang linear A - B - C yang disajikan secara menegangkan setiap saat. 

Keanu Reeves memainkan perannya dengan baik, dengan tidak berhenti dan mengambil istirahat pada saat berjalan-jalan. Jadi jika anda menonton film ini, anda harus memperhatikan dengan baik, atau anda akan kehilangan arah fokus cerita.



3. Hard Boiled - 1992


hard boiled movie


Ini adalah penghargaan yang terbaik dari Sutradara John Woo kepada dunia film action. Setelah mendapatkan penghargaan klasik seperti The Killer dan A Better Tomorrow, Woo membuat film ini dengan cerita yang sangat sengit di antara sutradara-sutradara lain, membuat film ini semakin baik dan menegangkan. Ini adalah film yang baik setelah kematian sutradara tersebut.



2. Die Hard - 1988


die hard movie


Die hard itu lucu, tapi tidak konyol. Menyeramkan, tapi bukan horor. Film ini sederhana, tapi tidak membosankan. Ini adalah film yang sangat sempurna. Die Hard merupakan film action terbaik di tahun 1980an. Di sutradarai oleh John McTiernan, pembuat film yang sangat ideal, yaitu Die Hard. Peran sempurna juga dimainkan oleh Bruce Willis yang pada tahun 1988 terkenal sebagai aktor yang bermain dalam film Moonlighting. Die Hard menjadi pijakan bagi Bruce untuk memasuki dunia film action. Film ini menjadi film yang sangat ikonik pada tahun 1990 an karena banyak teknik action yang khas, dan kata - kata yang terkenal.



1. Raiders of the Lost Ark- 1981


raiders of the lost ark movie


Indiana Jones adalah film yang merevolusi industri film action dan masih terus berdampak hingga hari ini. Steven Spielberg benar-benar menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam action masterpiece-nya ini. 


Petualanya pertama Indiana Jones terasa seperti buku komik yang ditampilkan 24 panel per detiknya. Nazi menyeret pahlawan kita di sepanjang jalanan Kairo yang berdebu, laki-laki kuat yang terus mengancam untuk membunuhnya, dan batu yang luar biasa besarnya mengejarnya di dalam labirin tak berujung. Tidak pernah sekalipun Spielberg membelokkan jalan cerita meskipun sebenarnya ia bisa melakukannya. 


Setting sangat baik, bahkan hingga ke aksesoris yang sekecil-kecilnya dibuat dengan sangat detail. Tidak lupa, film action terbaik ini juga adalah jasa dari Harrison Ford dan Karen Allen yang hingga kini masih terus dikenang sebagai pasangan emas yang memang ditakdirkan untuk berdua. Indiana Jones juga terpilih sebagai film terbaik sepanjang masa pada sebuah survei media online.


-

Inilah daftar film-film action terbaik menurut pendapat saya, selamat bersenang-senang!

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang