Film animasi apa saja yang termasuk film terbaik dan wajib ditonton?

Dilihat 718 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Bagi kebanyakan orang, menonton film adalah hal yang menyenangkan. Dengan menonton film, kita bisa menghilangkan penat bahkan stress. Dari banyak genre film yang ada, film animasi juga banyak digemari. 


Pasalnya, film dengan genre ini cocok untuk ditonton oleh semua kalangan bahkan anak-anak sekalipun. Jalan cerita yang menarik serta imaginatif membuat banyak film animasi terbaik memiliki tempat tersendiri di hati para penggemarnya. 


Buat kalian pecinta film, khususnya film animasi, tentunya tidak mau ketinggalan film animasi terbaru di bioskop terdekat di kota kalian. Banyak sekali film animasi yang beredar saat ini yang dibuat menggunakan teknologi yang canggih sehingga menghasilkan gambar animasi yang lebih detail. 


Film animasi up


Perkembangan Film Animasi


Perkembangan film animasi memiliki sejarah panjang tersendiri sampai perkembangannya begitu canggih seperti sekarang. Film animasi mulai diciptakan di Amerika sejak abad ke 18.


Bagaimana film animasi dibuat? Saat itu film animasi dibuat dengan menggunakan teknik stop motion atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan teknik gerak henti. Teknik ini menggunakan serangkaian gambar yang dijadikan satu dan menimbulkan kesan seolah-olah gambar menjadi bergerak. 


Namun teknik ini dianggap cukup sulit karena harus menyiapkan banyak gambar yang tentunya akan memakan banyak waktu. Salah satu pioner dari Amerika yang menggunakan teknik stop motion untuk membuat film animasinya adalah J. Stuart Blackton. 


Beberapa film animasi terbaik saat itu yang ia ciptakan diantaranya Humorous Phases of Funny Faces (1906) dan The Enchanted Drawing (1900). Setelah teknologi komputer mulai berkembang, pembuatan film animasi juga ikut berkembang dengan sangat pesat. Beberapa film animasi dibuat dengan menggunakan komputer yang tentunya lebih sederhana dan memudahkan manusia saat membuatnya. 


Film animasi yang menggunakan teknologi komputer dalam pembuatannya terbagi menjadi dua macam yaitu, dua dimensi (2D) dan tiga dimensi (3D). Pada animasi 2D film animasi dibuat menggunakan bitmap graphics atau 2D vector graphics. 


Sedangkan film animasi 3D dibuat dengan lebih kompleks karena menambahkan beberapa efek seperti efek pencahayaan dan efek visual lainnya.


Perkembangan film animasi

Berbicara tentang film animasi, pastinya tidak akan lepas dengan nama seorang tokoh yang terkenal berjasa dalam perkembangan film animasi yaitu Walt Disney. 


Walt Disney telah menciptakan beberapa karakter animasi yang terkenal hingga saat ini diantaranya seperti Mickey Mouse, Pinokio, Donald Duck, Pluto, dan masih banyak lagi. 


Saat itu film animasi diciptakan tanpa menggunakan suara dan Walt Disney adalah seorang tokoh yang mencatat sejarah telah menciptakan film animasi dengan suara untuk pertama kalinya. Pada 18 November 1928 di Steamboat Willie di Colony Theatre, New York, Walt Disney berhasil menayangkan film Mickey Mouse dengan suara yang membuat banyak orang kagum atas karyanya. 


Kemudian pada tahun 1932, Walt Disney juga telah menciptakan film animasi berwarna untuk pertama kalinya. 


Walt Disney adalah pelopor film animasi dunia


Film Animasi Terbaik


Film animasi adalah film yang pastinya sangat disukai oleh semua kalangan. Selain karena gambarnya yang cukup menarik untuk ditonton karena mampu menggambarkan suasana secara detail, namun juga biasanya film animasi menyajikan cerita ringan yang mudah dicerna. 


Untuk itu, film animasi adalah tontonan yang tepat untuk ditonton saat liburan bersama keluarga tercinta. Beberapa film animasi juga dikategorikan sebagai film animasi terbaik yang memiliki alur cerita yang luar biasa. 


Bahkan film animasi juga sering menyajikan cerita yang sarat akan makna kehidupan yang berisi pelajaran hidup disamping keunggulannya dalam menampilkan gambar-gambar yang lucu. Beberapa diantaranya bahkan berhasil memenangkan beberapa penghargaan karena kualitas dari film animasi tersebut. 


Saya memiliki beberapa rekomendasi film animasi terbaik yang bisa anda tonton sebagai rekomendasi. Berikut adalah beberapa di antaranya:


Film animasi finding nemo

1. Finding Nemo


Film animasi keluaran tahun 2003 ini diproduksi oleh Walt Disney Pictures dengan pengisi suara Albert Brooks, Ellen DeGeneres, dan Alexander Gould. Film animasi yang disutradai Andrew Stanton dan Lee Unkrich ini menceritakan tentang seekor ikan badut bernama Marlin yang mencari anaknya yang bernama Nemo yang hilang saat berenang terlalu dekat dengan permukaan. 


Nemo kemudian tertangkap oleh manusia dan dijadikan sebagai hewan peliharaan dalam sebuah akuarium. Film animasi ini menceritakan tentang petualangan dan perjuangan ayah nemo yang ditemani Dori untuk menemukan jejak anaknya berada. Film ini sarat akan pelajaran hidup tentang perjuangan seorang ayah yang berjuangan demi bertemu dengan anaknya.



2. Frozen


Film animasi yang diisi suara oleh Kristen Bell dan Idina Menzel ini merupakan salah satu film animasi paling populer di dunia. Hampir tidak ada yang tidak tahu tentang film yang satu ini bahkan anak-anak sekalipun banyak yang menggemarinya. 


Film animasi ini merupakan salah satu film animasi dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa. Film animasi yang hadir dengan 3D ini diproduksi oleh Walt Disney Pictures dan dirilis pada tahun 2013 langsung menjadi film terlaris pada tahun itu. 


Pada tahun berikutnya Frozen memenangkan piala Oscar dalam ajang Academy Awards untuk Best Original Song. Sondtrack film animasi ini juga ternyata dibuat dari 25 bahasa yang berbeda. Menakjubkan, bukan?


Film animasi tangled

3. Tangled


Tangled yang diproduksi oleh Walt Disney Pictures pada tahun 2011, adalah film animasi musikal yang diisi suara oleh Mandy Moore dan Zachary Levi. Film ini diadaptasi dari buku Brother's Grimm dengan judul Rapunzel. 


Bercerita tentang seorang putri kerajaan yang diculik saat masih bayi oleh seorang wanita agar mendapatkan kecantikan awet muda. Putri kerajaan tersebut dikurung di dalam menara yang sangat tinggi hingga pada suatu hari seorang pencuri bernama Flynn Ryder datang ke tempat itu dengan niat bersembunyi. 


Tangled meraup pendapatan kotor sebanyak 591 juta dollar dan merupakan salah satu film animasi terlaris pada tahun 2011.



4. Spirited Away


Bagi para pecinta film animasi pastinya sudah tidak asing dengan film besutan sutradara asal Jepang Hayao Miyazaki ini. 


Meskipun berasal dari negara Jepang, film animasi keluaran Studio Gibhli ini masuk ke dalam daftar film animasi yang wajib anda tonton. Film ini mengisahkan tentang Chihiro, gadis kecil yang berusia 10 tahun yang tiba-tiba masuk ke dalam dunia sihir dan menemukan banyak hal aneh. Selanjutnya ia mencari cara agar bisa kembali ke dunia nyata. 


Film ini dinilai menjadi film animasi Jepang terterbaik sepanjang masa mengalahkan film Titanic. Spirited Away berhasil mendapatkan Oscar pada kategori film animasi terbaik pada tahun 2002. 


Saking populernya, Walt Disney Picture merilis kembali film ini dan di-dubbing ulang oleh banyak aktor terkenal.


Film animasi despicable me

5. Despicable Me


Despicable Me adalah film animasi yang diproduksi oleh studio Universal Pictures dan disutradai oleh Pierre Coffin, dan Chris Renaud. 


Film yang diisi suara oleh Steve Carell, Jason Segel, dan Russel Brand ini meraup total pendapatan sekitar 250 juta dolar di Amerika saja dan termasuk film animasi terlaris pada tahun 2010. 


Film ini menceritakan tentang Gru yang mempunyai ribuan minions sebagai prajurit yang membantunya melakukan pekerjaan jahat. Namun akhirnya Gru berubah menjadi pribadi yang baik setelah mengadopsi 3 anak yatim piatu yang lucu. 


Banyak orang yang sangat gemas melihat tingkah lucu para minions dan juga cara bicara mereka yang merupakan gabungan dari berbagai bahasa. Bahkan di tahun ini, Despicable Me mengeluarkan sekuel terbarunya dan menjadi film animasi terbaru di tahun 2017. 


-


Itulah beberapa film animasi terbaik yang bisa menjadi rekomendasi anda menonton bersama keluarga di rumah. 


Film animasi saat ini selain sarat dengan kecanggihan teknologi dalam proses pembuatannya namun juga menyajikan alur cerita yang berkualis dan mengandng makna yang dalam. Jadi anda tidak perlu khawatir untuk mengajak anak-anak untuk menonton film tersebut. 


Selain kualitas gambar yang bagus, isi cerita film animasi tersebut juga bisa membuat anda tertawa karena sebagian besar film animasi selalu diselingi dengan alur komedi yang menarik. Untuk menonton film animasi tersebut, anda bisa menontonnya di beberapa situs terbaik untuk menonton film secara online yang tetap bisa memberikan pengalaman menonton terbaik untuk anda dan keluarga. 


Atau anda juga bisa mendownload film animasi tersebut di beberapa situs terbaik untuk mendownload film, berikut adalah linknya: situs terbaik untuk mendownload film dengan kualitas HD. Selamat menonton!

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang