Film hantu terseram apa saja yang memiliki paling banyak jumpscare?

Dilihat 1,67 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Film bergenre horor memiliki banyak penggemar dan mungkin Anda termasuk salah satu di antaranya. Saya sendiri termasuk penggemar film-film horor Indonesia era 90an terutama yang dibintangi oleh Suzzanna. 


Perasaan merinding selalu timbul di saat menonton film-film horor tersebut dan bahkan setelah selesai menonton masih terbayang-bayang seramnya. 


Film seperti inilah yang menurut saya bisa dikatakan sebagai film horor terbaik. Suzzanna sendiri telah membintangi banyak sekali film horor Indonesia yang sangat menakutkan dan menyeramkan.


Sejak tahun 2000an ke atas, film-film horor lokal nampaknya mengalami kemunduran baik dari segi kualitas maupun kuantitas, seiring dengan lesunya perfilman nasional. 


Namun tidak demikian halnya dengan film-film horor asing. Genre horor ini tidak hanya didominasi oleh Hollywood saja, karena kita mengenal beberapa film horor bagus dari Jepang seperti the Ring, atau film-film horor asal India, Korea dan China. 


Meski demikian, secara sinematografi film-film Hollywood masih menunjukkan supremasinya atas industri perfilman negara-negara lain.

 


Film Hantu Terbaik


Film hantu menyimpan banyak adegan menarik yang mengagetkan dan tak terduga. Di Indonesia, karakter hantu yang paling banyak difilmkan antara lain kuntilanak, pocong, setan, tuyul dan lain-lain. Hantu-hantu ini umumnya tidak menyerang secara langsung tapi kehadirannya membuat karakter lain (biasanya antagonis) terpengaruh sehingga menghadapi bahaya.


Berbeda dari film-film horor Indonesia, film horor dari negeri Jepang memiliki keunikan yang berbeda. Histeria dan efek-efek psikologis lebih ditonjolkan. Sosok atau karakter hantu jarang sekali ditampilkan kecuali pada bagian-bagian klimaks dan mendekati ending. Film horor terbaik Jepang yang pernah saya tonton adalah the Ring, dan film ini memang begitu terkenal sampai Hollywood membuat versi tersendiri.


horror jepang 2


Film hantu dari Korea memiliki tipikal yang sekilas agak mirip dengan film-film horor Jepang namun sepertinya konflik ditekankan. Ada banyak adegan yang menegangkan dan penyertaan tokoh protagonis dan antagonis masih begitu kuat. Film horror terseram juga datang dari Bollywood, India. Kita tahu bahwa budaya India banyak menyimpan hal-hal mistis. Aroma dupa, bunga-bunga, tempat persembahan didukung oleh pencahayaan dan tata audio khas ala Bollywood mampu membuat penonton merinding.


Beberapa film hantu terbaik yang paling populer mungkin berasal dari Hollywood. Film-film Barat memiliki kreativitas yang lebih tinggi dalam mengolah tingkat keseraman sebuah cerita baik itu yang dibumbui dengan karakter hantu ataupun kombinasi antara psikopat yang menghasilkan kisah-kisah thriller


Hantu-hantu dalam film horor Barat umumnya bersumber dari budaya Kristen seperti kisah tentang eksorsisme, hantu atau roh jahat yang merasuki tubuh seseorang dan juga kehadiran fitur-fitur seperti kalung salib hingga bawang putih.


suzzanna 2 


Apa film hantu terseram yang pernah anda tonton?


Jika ada pertanyaan, film hantu apa yang paling horor atau paling seram yang pernah Anda tonton, tentu jawaban yang muncul akan beragam. Setiap orang memiliki pengalaman horor dan menyeramkan sendiri dan bergantung pada banyak faktor. Apa yang dianggap seram dalam satu budaya mungkin terasa biasa saja dalam pandangan budaya lain. 


Seorang teman saya penggemar sinema Hongkong sangat menyukai film-film vampir dan menganggapnya sebagai film horror terseram meski juga menyukai film-film horor lain.


Saya pribadi selain menyukai film-film horor Indonesia era 90-an juga menggemari film-film horor buatan Hollywood. Dari segi sinematografi dan cerita film-film horor seperti Annabele ataupun The Boy sangat memberi efek mencekam apalagi jika ditonton di bioskop dengan sistem audio yang bagus. Beberapa teman lebih menganggap film seperti Insidious sebagai film yang paling menyeramkan.


horror jepang


Film horor versi India banyak terinspirasi dari cerita-cerita mistik yang berlatar belakang budaya Hindu. Antara lain kita bisa menyaksikan adegan-adegan seorang dukun atau paranormal yang mengusir setan atau roh jahat dan gangguan-gangguan yang ditimbulkan. Kita bakalan disuguhi dengan cerita-cerita tentang orang yang kerasukan. Dengan dukungan industri perfilman Bollywood yang boleh dikatakan maju, film-film horor India layak untuk ditonton.


Film horor terbaik selalu memberi kejutan yang mengagetkan dan tak terantisipasi oleh penonton. Dari masa ke masa apa yang dianggap menyeramkan atau horor oleh penonton selalu berubah-ubah. Banyak film horror terseram diadaptasi dari kisah-kisah nyata seperti pada film The Conjuring. Begitu menyeramkan dan menakutkannya film ini, sampai-sampai sang produser membuat film ini menjadi part I dan II. Demikian pula dengan film Insidious.


horror korea
  


Film Horor Terbaik dan Terseram yang Pernah Ada


Berdasarkan penilaian dari berbagai faktor sepertinya kita juga bisa menyepakati film setan terbaik dan terseram apa yang pernah dibuat. Meskipun tidak mutlak, kira-kira berikut ini ringkasannya baik film horor terbaik maupun film horror terseram dari berbagai polling.



1.  The Omen (1976)


Film ini diangap sebagai film terseram sepanjang masa oleh beberapa lembaga anugerah film seperti Asosiasi Kritikus Chicago. Film ini berkisah tentang pasangan Amerika (yang dimainkan oleh Gregory Peck dan Lee Remick) ketika mereka mengadopsi Damien (diperankan Harvey Stepthens) setelah kematian bayi mereka sendiri. Sejak itu kejadian-kejadian gaib bermunculan. Film ini sangat terkenal hingga beberapa waktu kemudian.


the omen 1976


2.  Friday The 13th


Tokoh yang sangat populer di dalam film ini tak lain adalah Jason, pembunuh berdarah dingin yang bertubuh besar serta menggunakan topeng hoki dan sebilah parang di tangan. Kisah Jason ini bermula dari pembunuhan oleh Ny. Voorhees atas penjaga Crystal Lake lantaran penjaga tersebut lalai menjaga anaknya hingga tewas tenggelam. 


Ternyata Jason tidak meninggal dan tumbuh mewarisi sifat bengis dan pendendam ibunya. Film ini selanjutnya berkembang menjadi serial dan sekuel yang cukup panjang. Salah satu yang paling menegangkan dan menyeramkan adalah sekuel Freddy vs Jason di mana Freddy Krueger menjadi ikon yang sama menyeramkannya dengan Jason itu sendiri.


friday the 13th



3.  Poltergeist


Film yang dirilis pada 1982 ini merupakan salah satu masterpiece sutradara Steven Spielberg. Ketegangan dan kengerian yang ditampilkan oleh film ini bukan saja terjadi di dalam ceritanya. Kejadian demi kejadian mengerikan yang dialami oleh para pemainnya bahkan setelah 6 tahun rilisan Poltergeist yang pertama menambah daya tarik dan keseraman film ini. 


Poltergeist berkisah tentang fenomena mistis di mana benda-benda dapat berpindah-pindah dengan sendirinya tanpa disentuh. Saking terkenalnya, film ini dibuat hingga dalam banyak sekuel.


poltergeist


4.  The Conjuring


Keluarga Perron baru saja menempati rumah baru mereka dan kehidupan pada awalnya berjalan dengan penuh kebahagiaan. Selang beberapa waktu berlalu, kejadian demi kejadian aneh mulai menimpa mereka. Carolyn dan anak-anaknya kerap mendapati gangguan dari mahluk halus. Demikianlah antara lain kisah di dalam film horor ini. 


Film besutan sutradara James Wan ini berhasil meraup hingga 300 juta US dolar lebih sampai-sampai salah satu boneka di dalam film ini, Annabelle, dibuatkan film khusus yang terbukti menarik banyak penonton.


the conjuring


5.  Insidious 2


Sebenarnya Insidious I juga sangat menyeramkan dan menarik, namun secara pribadi saya berpendapat Insidious 2 memberikan keseraman dan horor yang lebih menegangkan dibandingkan yang pertama. Film ini bercerita tentang kehidupan Josh Lambert yang pada sekuel pertama sudah mengalami berbagai hal mistis. 


Di film ini, Renai sering diganggu dan dihantui oleh hal-hal buruk sampai puncaknya ia kedatangan sosok perempuan berbaju putih dengan rambut disanggul. 


Celakanya, Josh yang dia ceritai kejadian-kejadian tersebut bukanlah Josh yang dia kenal alias Josh yang sedang kerasukan arwah psikopat. Jadi, Renai harus berusaha sendiri mengeluarkan arwah tersebut dari tubuh Josh dengan bantuan paranormal.


insidious 2


Demikian tadi kira-kira beberapa film horor terbaik dan film horor terseram yang pernah dibuat oleh Hollywood. 


Sebenarnya masih ada banyak lagi film hantu dan film horor terseram sepanjang masa yang berasal dari Asia seperti Jepang, Korea, Hongkong hingga Thailand dan India, yang penuh dengan adegan yang menegangkan dan mengagetkan. Anda bisa mencarinya sendiri di internet atau bertanya lagi di situs ini.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang