Bagaimana cara memilih koper yang terbaik?

Dilihat 2,05 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Ketika berpergian jarak jauh dengan waktu yang cukup lama, tentunya dibutuhkan tas yang cukup besar untuk memudahkan membawa barang-barang yang anda perlukan selama perjalanan. 


Sebagian orang akan memilih untuk membawa koper. Koper memiliki berbagai ukuran, dari koper kecil sampai yang besar, yang mana sangat membantu sesuai dengan kapasitas kebutuhan yang akan anda bawa. Jenis bahan koper untuk melindungi barang bawaan pun juga ada berbagai pilihan. 


fungsi koper


Tips Menentukan Koper yang Bagus



Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan saat memilih koper yang bagus, di antaranya:


  • Bahan koper 

Bahan koper ada yang terbuat dari kain seperti bahan karung goni . Ada yang dari bahan sintetis seperti kain tapi berplastik atau disebut juga ballistic nylon dan ada juga yang dari Polycarbonate/abs (hard case). 


Masing-masing bahan punya kelebihan dan kekurangan nya masing-masing. Pc/abs plastic yang berbentuk hard case dibagi menjadi dua, ada yang mengkilap dan ada yang doff. 


Kekurangan koper dari pc/abs adalah bobotnya pasti lebih berat. tetapi bisa melindungi isinya. Untuk koper pc/abs yang glossy (mengkilap) biasanya pakai dua kali langsung sakit hati, karena koper kita pasti lecet-lecet. Dan kalau ditempel stiker sama security bandara, susah membersihkannya. Pasti ada bekas stiker. 


Oleh karena itu kalau mau beli pc/abs disarankan beli yang doff (yang tidak mengkilap) karena kalau lecet tidak terlalu terlihat. dan biasa stiker kurang begitu nempel. Untuk yang berbahan kain seperti karung, biasanya ada gambar-gambarnya, bahan ini tidak direkomendasikan karena jika terkena noda kotoran tidak bisa hilang. 



  • Roda Koper

Tas koper yang berukuran besar pastilah sangat berat untuk diangkat. Untuk tas koper yang cukup berat, dapat dibawa dengan didorong atau ditarik jika tas tersebut memiliki roda. 


Pastikan anda memilih tas koper yang memiliki roda jika tas tersebut cukup besar. Beberapa tas koper memiliki empat roda, tetapi ada juga yang memiliki dua roda. Tas koper yang memiliki roda umumnya memiliki gagang tarik yang dapat dipanjangkan untuk mempermudah menarik atau mendorong tas tersebut. 



  • Ukuran

Saya sarankan beli yang cabin size atau medium size, karena travelling dengan membawa sedikit barang lebih praktis, dan meringankan beban kita. Apalagi sekarang jamannya low budget airlines


Traveling tanpa bagasi tentu saja lebih hemat. Anda juga harus mengerti cara mengemas yang paling efektif agar baju anda tidak kusut dan menghemat ruang yang ada dalam koper.


koper terbagus


  • Resleting koper 

Cari yang resleting nya besar. Semakin besar tahanan semakin kuat.

Karena ada kecenderungan kita suka memaksakan isi yang berlebihan. Jika resletingnya kecil dan lemah dapat dipastikan resletingnya cepat jebol.  Juga perlu diperhatikan lubang relseting untuk memasukan gembok, bagusnya ada fitur yang sudah ada gemboknya.



  • Gagang 

Pastikan anda memilih tas koper yang bagus dengan gagang yang nyaman dipegang dan diangkat dengan satu tangan. Gagang yang nyaman dipegang adalah memiliki diameter ukuran yang cukup besar untuk digenggam, tidak memiliki sudut yang keras, dan memiliki permukaan yang nyaman di telapak tangan. 


Jika memungkinkan pilihlah tas koper dengan dua gagang pegangan sehingga dapat diangkat dari sisi panjangnya atau dari sisi lebarnya. Hindari memilih tas koper dengan pegangan berupa tali pipih, kecuali jika koper tersebut kecil dan ringan.



  •  Anggaran 

Tas koper tersedia di pasaran dengan rentang harga yang sangat bervariasi mulai dari sekitar ratusan ribu sampai dengan beberapa juta rupiah. Perbedaan harga ini umumnya dipengaruhi faktor merk dan kualitas bahan. Anda sebaiknya menentukan seberapa besar anggaran yang rela anda bayar untuk sebuah tas koper.



  •  Model 

Tas koper klasik berbentuk kotak dengan sudut-sudut yang kaku. Tas koper modern tampil dengan bentuk yang lebih modis dan tanpa sudut-sudut yang kaku. Anda sebaiknya membandingkan beberapa model tas koper sebelum menentukan tas koper yang paling anda sukai.



  • Tema 

Kebanyakan tas koper tampil dengan tema umum yang cocok untuk digunakan siapa saja. Namun, ada juga tas koper yang tersedia dengan tema-tema tertentu untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang sangat memperhatikan penampilan. 


Tas koper tersedia dengan desain fenimim dan warna cerah bagi para konsumen wanita. Tas koper yang lebih maskulin umumnya memiliki bentuk lebih kaku dan warna klasik. Bagi para remaja, tas koper tersedia dengan desain tematik yang cocok untuk anak muda.



  • Merk 

Tas koper yang tersedia di pasaran sangat beragam dan dari berbagai merk. Sebagian berasal dari brand nasional tetapi banyak juga yang merupakan brand impor. Umumnya merk sebuah tas koper yang bagus juga mewakili harga dan kualitas. Pilihlah tas koper dengan merk yang anda sukai berdasarkan kemampuan anggaran anda.

koper terbaik

Berdasarkan Fungsi, Koper Mana yang Bagus?


Dan hanya menimbang beberapa pon tanpa menghiraukan apa yang anda masukkan ke dalamnya (oke, kembali pada kenyataan)

Saya banyak berpergian untuk sebuah urusan dan tidak pernah sama sekali mengecek tas saya, jadi fitur alat penggulung dan tampilan tas saya sangatlah penting. 


Fitur paling penting bagi saya adalah: Tas itu sendiri harus ringan. 


Saya telah menggunakan Delsey Helium sisinya lembut selama beberapa tahun dan saya tampil cantik dan bahagia dengannya. Tarikan yang ditangani harus sangat kuat dan dapat tahan lama untuk bertahan bertahun-tahun saat mengangkat tas di pinggiran jalan dan pulang pergi naik bis. Tas harus dapat diperluas/diperbesar. Harus ada kantong pada ujung atas yang untuk memudahkan menyimpan tas benda-benda cair saya.


Lapisan selip yang baik di belakang untuk menyeret saat di pinggir jalan. Kualitas roda dan bantalan disegel. Resleting berkualitas terbagus yang akan tetap bertahan selama bertahun-tahun.


merk koper terbagus

Seperti itulah fungsi utama koper idaman menurut saya. Mungkin ada yang tidak setuju dengan yang saya utarakan di atas, bagaimana pun juga itu adalah pendapat pribadi mengenai seperti apa koper yang bagus


Kebutuhan orang saat berpergian juga beragam, maka dari itu pasti tiap orang memiliki koper idaman yang berbeda, baik koper besar maupun koper kecil. Jika anda ingin, anda juga bisa menceritakan seperti apa koper idaman anda :)

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang