Haidku sudah telat, tetapi tes kehamilanku negatif. Apakah ini tanda awal kehamilanku?

Dilihat 7,41 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Tanda awal kehamilan seringkali sangat dinantikan wanita saat mereka sudah menikah. Biasanya harapan itu muncul tepat setelah suatu pasangan menikah, meskipun ada juga yang belum siap untuk memiliki anak. Terdapat beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai tanda kehamilan. 


Ada beberapa wanita mengalami tanda orang hamil yang muncul pada tahap awal, namun ternyata itu adalah tanda kehamilan palsu. Maka dari itu mengetahui tanda-tanda awal kehamilan yang muncul pada umumnya sangatlah penting


tanda kehamilan


Tanda-tanda Kehamilan


Berikut ini adalah beberapa tanda awal  kehamilan yang terjadi pada umumnya:


  • Kesemutan pada Payudara 

Beberapa wanita bisa merasakan kesemutan pada payudara ketika masuk minggu pertama kehamilan. Pada tahap awal biasanya payudara mulai berubah karena bersiap untuk menghasilkan ASI. Perubahan ini membuat rasa payudara menjadi nyeri, berat, dan terlihat sangat lembut jika disentuh. 


Beberapa wanita juga merasakan sakit seperti nyeri yang kuat dari dalam payudara. Pada masa ini bisa jadi tubuh sedang mengalami perkembangan pembuahan dari calon janin. Namun beberapa wanita bisa menerima kondisi ini karena efek samping pil KB jadi sulit untuk merasakan tanda kehamilan awal. Rasa nyeri dan kesemutan pada payudara juga sering menjadi ciri menstruasi akan datang dan bukan tanda awal kehamilan. Jadi rasa kesemutan pada payudara bisa saja terasa dengan kuat atau sangat lemah.



  • Daerah Areola Menjadi Gelap 

Beberapa wanita yang hamil pada minggu pertama juga bisa merasakan tanda seperti daerah areola yang menjadi lebih gelap. Areola adalah daerah luar di sekitar puting payudara. Tanda awal ini dipengaruhi oleh perubahan hormon tubuh ketika payudara bersiap menghasilkan ASI untuk calon bayi. 


Perubahan warna areola juga akan memudahkan ketika ibu menyusui sambil tiduran ketika bayi sudah lahir. Namun perubahan ini juga bisa baru terjadi pada beberapa minggu setelah kehamilan. Jadi tanda ini bisa saja muncul pada tahap awal kehamilan atau pada masa pertengahan.



  • Flek Merah Seperti Menstruasi 

Terkadang beberapa wanita juga mendapatkan tanda yang mengejutkan seperti flek merah seperti pada tahap awal masa menstruasi. Bercak merah ini berbeda dengan bercak menstruasi karena warnanya merah muda dan sangat bersih. Bercak merah ini sebenarnya adalah tanda bahwa telah terjadi pembuahan dari sperma dan ovum. Pertanda ini biasanya muncul setelah 5-10 hari setelah terjadi pembuahan. Ketika embrio berhasil melekat pada rahim, maka darah ringan akan keluar seperti menstruasi. 


Beberapa wanita bisa mendapatkan tanda ini dan mengira ini adalah menstruasi seperti biasanya. Namun terkadang ada wanita hamil yang tidak mendapatkan tanda ini. Tanda flek merah ini berbeda dengan flek merah sebagai ciri-ciri anak mau menstrusi. Rasa khawatir akan segera menstruasi juga karena rasa takut akibat telat haid yang sering dihadapi perempuan.


tanda hamil


  • Tubuh Sangat Lelah 

Tubuh terasa sangat lelah dan membuat tubuh seperti tidak biasanya ketika beraktifitas. Ini adalah pertanda yang sangat wajar pada minggu pertama kehamilan. Tubuh akan terasa seperti kehilangan tenaga dan terlihat sangat lemah. Bahkan tubuh seperti membutuhkan energi yang berlebihan untuk melakukan pekerjaan yang ringan. Kondisi ini terjadi ketika tubuh sedang berproses untuk menyiapkan calon janin yang sudah melekat dalam rahim. 


Energi tubuh akan kembali seperti semula setelah kehamilan berjalan selama 12 minggu. Pada masa ini biasanya plasenta sudah terbentuk sempurna. Jadi ibu hamil cepat lelah memang kondisi yang sangat wajar pada awal kehamilan hingga menjelang persalinan, namun juga bisa menjadi tanda gangguan kehamilan yang berat.



  • Mual dan Muntah 

Banyak wanita yang merasa tiba-tiba mual dan muntah ketika naik mobil pada tahap minggu pertama kehamilan. Selain itu mual dan muntah juga bisa disebabkan karena rasa tubuh yang sangat sensitif. Mual dan muntah adalah efek yang sangat umum pada kehamilan awal. Dan ini adalah tanda yang berbeda dengan gejala penyakit maag karena ada perbedaan mual hamil atau maag. Meskipun ada beberapa wanita hamil yang tidak mual saat hamil. 


Perubahan hormon dalam tubuh menjadi salah satu penyebab mengapa wanita hamil sering mual dan muntah pada awal kehamilan. Rasa mual dan muntah yang berlebihan bisa menyebabkan tubuh lemah dan ibu hamil membutuhkan perawatan di rumah sakit. 


Namun semua tahap ini akan hilang setelah kehamilan masuk trimester kedua. Bagi wanita sangat beruntung jika bisa hamil tapi tidak mual dan tanpa ngidam.



  • Sering Buang Air Kecil 

Pada tahap minggu pertama sebenarnya embrio baru terbentuk dan sama sekali tidak ada tekanan pada kandung kemih. Namun banyak wanita yang merasakan gejala sering kencing saat hamil sehingga terasa berbeda dengan kondisi ketika ibu tidak hamil. Hal ini disebabkan karena tekanan pada kandung kemih terjadi ketika ada kontraksi rahim yang lebih kuat. 


Pembuahan yang terjadi pada rahim membuat tekanan lembut pada kandung kemih. Semakin besar ukuran janin maka tekanan pada kandung kemih juga akan lebih besar. Tapi waspada jika ini adalah bagian dari gejala adanya kista di rahim.



  • Sembelit 

Sembelit saat hamil juga sudah bisa terjadi pada minggu pertama kehamilan. Tekanan hormon dalam tubuh menyebabkan usus mengalami perubahan. Perubahan ini membuat usus bekerja lebih lambat sehingga ibu hamil akan sembelit. Banyak ibu hamil yang sembelit pada tahap awal ini namun sama sekali tidak merasakan bahwa ini adalah tanda kehamilan. 


Jika sembelit terus memburuk maka ibu bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung serat. Serat akan membantu gerakan usus walaupun terjadi perubahan hormon dalam tubuh. Tapi wanita juga harus berhati-hati sebab sembelit juga bisa menjadi gejala endometriosis, yaitu penyakit yang umum pada sistem reproduksi wanita.


tanda awal kehamilan
  • Demam

Demam saat hamil juga bisa muncul ketika kehamilan masuk ke minggu pertama. Kehamilan menyebabkan perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil. Respon tubuh mendeteksi ada perkembangan yang aneh dalam rahim. Demam bisa terjadi pada pagi dan malam hari, atau tergantung pada kondisi kesehatan umum ibu hamil. 


Ibu hamil dengan kekebalan tubuh yang lemah bisa mengalami demam yang sangat buruk dan mengira jika ini adalah sakit infeksi biasa. Terkadang demam akan naik turun selama dua minggu kehamilan.

 
  • Indra Penciuman Menjadi Sensitif 

Kehamilan pada minggu pertama juga bisa meningkatkan sensitifitas indra penciuman. Ini salah satu sifat yang tidak pernah diduga oleh ibu hamil. Ketika Anda mencium aroma yang kuat seperti bau ikan goreng, bau masakan yang sedang dimasak, bau busuk dari udara atau bau parfum, maka hidung menjadi sangat sensitif. Mencium aroma yang sensitif ini menyebabkan ibu hamil akan mual, muntah, sakit kepala dan bahkan tubuh menjadi sangat lemah. 


Meskipun tidak semua ibu hamil mengalami hal ini, namun ibu hamil bisa mengalami kondisi yang buruk karena mual berlebihan. Kondisi yang kompleks ini lebih sering dinamakan dengan morning sickness. Ada berbagai macam penyebab morning sickness pada ibu hamil yang selalu terjadi pada trimester awal. 



  • Tidak Menstruasi 

Ibu hamil tidak mengalami menstruasi selama minggu pertama kehamilan dan seterusnya. Ini adalah tanda kehamilan yang sangat jelas dan sangat dinantikan oleh pasangan yang sedang melakukan program kehamilan. Bagi ibu yang memiliki siklus menstruasi yang teratur, maka terlambat selama lima hari sudah bisa menjadi cara untuk mendeteksi kehamilan. Namun sangat sulit mengenali tanda ini untuk wanita yang memiliki siklus menstruasi acak. 


Terkadang tidak menstruasi juga bisa disebabkan karena stres, pola makan yang buruk dan berbagai masalah kondisi hormon tubuh. Jadi gejala ini lebih jelas untuk wanita dengan siklus menstruasi yang teratur. Pola menstruasi yang tidak teratur juga bisa disebabkan karena bahaya KB suntik yang menjadi penyebab haid tidak teratur.



  • Ingin Makan Berlebihan 

Bagi ibu hamil yang masuk minggu pertama, maka juga bisa mengalami keinginan makan berlebihan. Bahkan beberapa jenis makanan tertentu bisa diinginkan sebagai efek dari rasa ngidam. Keinginan mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak berbeda dengan nafsu makan meningkat pada hari-hari biasanya. Sebab beberapa jenis makanan yang diinginkan mungkin adalah makanan yang kurang disukai pada hari lainnya. 


Tapi pertanda ini juga sering tidak muncul pada ibu hamil sehingga tidak bisa dijadikan tanda awal kehamilan yang pasti. Tapi jika Anda benar-benar hamil maka jauhi kebiasaan buruk saat hamil ini untuk mencegah bahaya obesitas bagi ibu hamil.


wanita hamil
  • Sering Marah 

Emosi tidak stabil juga merupakan tanda orang hamil yang biasanya terjadi pada minggu-minggu pertama. Hal ini disebabkan karena ibu hamil mengalami perubahan fisik, kondisi tubuh dan hormon dalam tubuhnya. 


Ada berbagai faktor yang memicu ibu hamil cepat marah seperti rasa lelah berlebihan. Emosi yang meningkat akan membuat ibu hamil menjadi lebih sensitif sehingga akan sering marah. 


Perubahan hormon dalam tubuh menyebabkan ibu hamil pada minggu pertama menjadi sangat peka terhadap emosi. Jadi jika mengalami kondisi ini dan lain dari biasanya, maka bisa menjadi pertanda kehamilan awal. Tapi terlalu sering marah saat hamil akan meningkatkan resiko bahaya sering emosi saat hamil.



  • Sakit Kepala 

Rasa sakit kepala biasa, sakit kepala yang parah, kepala berat hingga migren bisa menjadi pertanda kehamilan pada minggu pertama. Penyebab sering pusing saat hamil bisa karena perubahan hormon dalam tubuh. Perubahan hormon ini menyebabkan berbagai tekanan dalam tubuh juga berubah. 


Namun gejala kehamilan ini terkadang juga tidak muncul pada wanita hamil dengan kondisi kesehatan yang lebih baik. Sementara wanita hamil yang memiliki riwayat penyakit migren, darah rendah dan anemia cenderung mengembangkan gejala ini berlebihan.



  • Tekanan Darah Turun 

Tanda awal kehamilan juga bisa terkena gejala aneh seperti tiba-tiba pingsan atau tiba-tiba menjadi sangat lemah. Kondisi ini disebabkan karena tekanan darah turun secara drastis. Ada berbagai penyebab ibu hamil darah rendah yang harus diatasi dengan cepat. Selain itu kondisi detak jantung menjadi lebih cepat dan membuat jantung memompa darah lebih cepat. Ketika hal ini terjadi maka tekanan darah akan turun dan membuat ibu hamil sering sakit kepala. 


Jika kondisi semakin berat dan kesehatan ibu hamil sedang turun, maka ibu hamil bisa pingsan. Ini adalah bahaya darah rendah pada ibu hamil yang sering ditandai dengan ibu hamil cepat ngantuk.



  • Mulut Tidak Nyaman 

Beberapa ibu hamil juga akan mengalami kondisi bau mulut yang tidak nyaman. Aroma dan rasa logam dalam mulut akan lebih kuat pada minggu pertama. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon yang sangat kuat dalam tubuh. 


Namun menurut para ahli hingga saat ini belum ada penyebab pasti dari gejala awal kehamilan pada minggu pertama ini. rasa mulut yang tidak nyaman bisa muncul pada awal kehamilan hingga menjelang trimester kedua. Jika kondisi semakin berat maka ibu hamil bisa mengalami penurunan berat badan karena tidak nafsu makan.


ciri-ciri hamil


Jadi, untuk jawaban pertanyaanmu adalah tidak juga. 


Ada banyak hal yang dapat menyebabkan hal itu terjadi. Salah satunya yang paling umum buat gadis muda itu karena mereka terlalu kurus dan terlalu banyak olahraga. Hal ini dapat menyebabkan gangguan haid. Penyebab lainnya itu karena stress (tekanan). 


Terlalu stres dapat mengacaukan sistemmu dan menyebabkan terlewatnya haid. Sindrom ovarium polikistik dapat menyebabkan terlewatnya masa haid. Perimenopause juga bisa menyebabkan terlewatnya haid. Mengkonsumsi pil KB bisa melewatkan haid, memberi ASI pada bayi juga bisa. 


Begitulah, kuharap kamu dapat mengerti kalau ada banyak alasan kenapa haidmu bisa terlewat. Selain haid yang terlambat, sebaiknya kamu juga perhatikan tanda-tanda kehamilan dan gejala lainnya yang sudah disebutkan di atas. Kalau kamu penasaran, pergilah ke dokter dan lakukan tes darah. Tes itu adalah tes paling akurat.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang