Hal apa yang orang Indonesia paling rindukan ketika pergi ke luar negeri?

Dilihat 222 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Karena kamu menanyakan hal - hal apa saja.. jadi di sini saya akan menulis lebih dari satu hal. Saya adalah orang Indonesia, tapi jawaban saya belum tentu mewakili orang Indonesia secara keseluruhan. Jawaban saya didasarkan pada situati di Jabodetabek. Saya sudah pergi ke luar negera dalam arti saya sudah tinggal di Jerman selama 4 tahun.


Hal - hal yang saya rindukan tentang Indonesia adalah hal - hal yang tidak bisa saya temukan di Jerman. Jawaban ini saya urutkan berdasarkan hal yang paling saya rindukan terlebih dahulu. Jadi, ini hal yang paling saya rindukan tentang Indonesia:

  1. Keluarga. Yang paling penting buat saya bukan makanan, tapi keluarga. Alasan kenapa saya merindukan keluarga mungkin tidak perlu saya jelaskan lagi. Tidak adanya keluarga di sisi saya (atau setidaknya kemudahan untuk menemui mereka) membuat saya merasa jiwa saya tidak lengkap. Beneran loh, saya tidak melebih - lebihkan.
  2. Yang ini saya sebut sebagai pelayanan bintang 5. Di Indonesia, saya dapat menemukan makanan yang enak dan murah di manapun juga dengan mudah, 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Banyak toko - toko yang buka sampai malam bahkan ketika hari libur nasional. Banyak rumah yang memiliki pembantu yang bayarannya terjangkau dan sangat membantu dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga sehingga kamu bisa fokus mengerjakan kerjaanmu sendiri. Tempat - tempat olahraga seperti futsal, basket, bulu tangkis, bola voli, dan renang sangat mudah dicapai dan kamu juga tidak harus membayar mahal untuk menyewa lapangan, bahkan mungkin ada lapangan - lapangan yang bisa dipakai tanpa harus membayar. Bioskop yang sangat modern di kota Bekasi (saya belum pernah menemukan bioskop yang lebih baik dari itu di Jerman) dimana kamu hanya perlu membayar Rp. 35,000 untuk menontok setiap film di hari libur. Wah, pokoknya luar biasa.
  3. Komunitas serta interaksi sosial. Mungkin orang - orang Indonesia tidak terlalu profesional dan kadang tidak tepat waktu. Kondisi ekonomi Indonesia juga masih jauh tertinggal dibanding negara maju. Tapi orang - orang Indonesia sangat ramah, baik terhadap sesamanya maupun terhadap orang asing. Ya... Mungkin kadang orang Indonesia menertawakan Bahasa Indonesia orang asing, tapi mereka tidak pernah menghina. Justru biasanya orang Indonesia akan merasa terkesan dan penasaran terhadap orang asing tersebut. Orang Indonesia suak tersenyum dan mengobrol tanpa maksud tertentu. Orang Indonesia juga akan membalas senyum yang dilemparkan kepada mereka. Setahu saya, orang Indonesia tidak pernah mengejek bahasa orang asing. Para pedagang melayani pelangganya dengan baik. Dan kalau ada teman yang sakit, orang Indonesia suka mengumpulkan uang untuk membantu mereka.
  4. Nah, ini dia: Makanan. Mungkin yang satu ini cukup jelas alasannya. Secara objektif  saya akan bilang bahwa di Indonesia, terutama di Jabodetabek, ada jauh lebih banyak jenis makanan dibandingkan di Eropa, dan bumbu yang digunakan juga bervariasi. Saya sendiri tidak pernah bosan dengan masakan Indonesia, tapi berbeda hal nya dengan makanan Jerman. Bukan berarti makanan di sini tidak enak, hanya saja variasinya jauh lebih sedikit dibanding di Indonesia. Saya juga bisa masak sendiri di sini, tapi tentunya akan butuh lebih banyak waktu dan tenaga. 
  5. Cuaca. Pada dasarnya di Indonesia itu cuacanya terdiri dari musim panas sepanjang tahun yang diselingi dengan musim hujan. Di Indonesia cuacanya juga bisa jadi sangat panas (dan ini terjadi sepanjang tahun) dan tidak ada musim - musim lainnya. Tapi saya sendiri lebih suak dengan musim panas sepanjang tahun di Indonesia dibandingkan musim dingin selama 8 - 9 bulan setiap tahunnya. Tapi saya juga mengakui kalau cuaca di Indonesia bukan yang terbaik yang ada di dunia. Mungkin cuaca yang terbaik itu seperti di LA, Amerika (tidak terlalu panas tapi juga tidak terlalu dingin).
  6. Berbicara dalam bahasa Indonesia dan menjadi bagian dari mayoritas. Saat berada di negara lain, ketika kamu berbicara bahasa lain kamu akan dilihat sebagai minoritas. Saya rindu berbicara dalam bahasa Indonesia dan tidak dilihat sebagai orang asing.
  7. Keindahaan alam Indonesia/ Alam Indonesia sangat indah. Tentunya buka di kota - kota besar. Tapi di tempat - tempat lain, saya sangat suka dengan alam Indonesia. Mungkin karena selain dari pengunungan dan pantai - pantainya yang indah, liburan di Indonesia juga lebih murah dibanding liburan di negara lain.
  8. Bulan puasa. Menurut saya, bulan puasa di Indonesia itu suasanya berbeda dibanding bulan - bulan lain dan saya sangat merindukannya. 

Semua yang saya tulis di sini bukan berarti bahwa hidup di Indonesia sangat indah dan hidup di Jerman tidak enak. Jerman merupakan negara yang luar biasanya dan salah satu negara yang sangat berkembang di Eropa. Tapi, hal - hal di atas adalah hal - hal yang sangat saya rindukan dari Indonesia.

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang