Haruskah saya mengambil obat jerawat untuk jerawatku yang parah?

Dilihat 639 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Dari masa remaja awalku melalui masa remaja, saya menderita dari jerawat sistik. Jerawat yang marah dan membengkak jauh di dalam kulit, berisi nanah dan darah. Tanpa rasa bersalah, kalau kamu bertanya-tanya tentang kebersihanku. Aku benar-benar cukup untuk waktu tertentu. Jadi kamu mungkin tahu sakitku – mencoba untuk mencegah dan mengobati jerawat, dan gagal, kalau ada yang bertanya tentang kebersihan, ngomong kalau kamu tidak makan dengan benar atau mungkin tidak bersih. Kamu bisa beritahu mereka.


Hanya ada dua solusi yang bekerja untukku.

#1. Di sekitar umur 18/19, aku akhirnya berhasil meyakinkan ortu kalau ini bukan kasus biasa untuk jerawat dan butuh intervensi medis. Saya pernah dengar satu obat mengandung (isotretinoin, turunan dari vitamin a). Dokter masih belum tahu cara kerjanya, tapi membuat tubuh berhenti memroduksi sebum (minyak yang tersekresi oleh kulit). Keluar dengan banyak peringatan. Sudah dikenal bisa mengakibatkan depresi berat (berujung ke beberapa kasus bunuh diri) dan teratogen yang kuat (mengakibatkan kelainan kelahiran). Juga tidak boleh minum alcohol atau obat lain yang bisa memberaatkan kerja hati, obat ini sangatlah berat untuk hati. Pemakaian pada perempuan selalu diperhatikan, membutuhkan bukti dari DUA tipe kontrol kelahiran. Karena aku laki-laki, saya tidak memiliki masalah itu, tapi aku masih harus cek darah setiap bulan. Dermatolog terus memonitor tingkat triglyceride, menganggap kalau hatiku baik-baik saja.


Pada akhirnya, itu bekerja dengan baik. Jerawatku hilang setelah 3-6 bulan perawatan dan sementara itu terkadang datang setelah beberapa bu;an, tidak seburuk dulunya dan bisa diatasi oleh asam salisilat dan krim dan pemutih bonzoil peroksida. Saya piker akan menarik kalau perawatan sementara ini memiliki efek permanen.

Saya piker pengalamanku dangkal tapi satu-satunya efek samping yang kurasakan: bibir kering dan pecah-pecah, pergantian mood dan iritabilita.


#2. Setelah 5 tahun, jerawatku tumbuh lagi tapi tidak separah dulu. Tapi tetap cukup buruk kalau tidak diatasi dengan cuci muka dan memakai krim. Saya temukan kalau saya bisa mendapat kulit bebas jerawat hanya dengan satu metode. Pembersih dan lotion hanya bisa bekerja sebanyak itu. Pori-pori mu harus dibersihkan secara manual. Aesthetisi terlatih (alias seseorang yang bekerjaa di salon kecantikan) akan membersihkan kulitmu, membuka pro-pori dengan uap, mengeluarkan semua nanah dan minyak/kulit mati, pembersih lebih dalam/exfoliate, dan melembabkan.


Itu adalah proses yang menyakitkan sebagaimana menusuk jarum tajam ke kulit yang bengkak dan menekan dengan keras. Jika mereka melakukan pekerjaan secara menyeluruh, bisa ada banyak kerjaan. Satu sesi butuh setidaknya sejam dari awal sampai selesai. Aku bilang biasanya 15-40 tusukan dalam satu sesi. Tapi jika kamu melakukan itu rutin, kamu tidak usah melakukan itu dengan sering. Setelah sesi 4 atau 5 pertama (yang harusnya selama 2 minggu untuk memberikan waktu bagi kulit untuk regenerasi), kamu bisa pergi kesana selama sekali sebulan atau dua bulan.


Sementara aneh kalau aku pergi ke salon, di mana 90% pelanggan adalah perempuan, tapi itu bekerja buatku dan aku berterima kasih.

Kata-kata peringatan, orang yang melakukannya harus sangat berpengalaman dan kamu harus menerima kalau itu lebih baik untuk err di sisi hati-hati dan tidak melakukan semuanya dalam satu sesi. Terkadang, kamu harus menunggu untuk bengkaknya dekat di permukaan. Mengacaukan itu terlalu banyak dan mungkin bisa lebih buruk, seperti yang mungkin kamu ketahui.


Ya, itu mahal untuk melakukannya dalam basis perminggu dan kulitmu akan terlihat merah dan berkeropeng, tapi setelah seminggu pemulihan, kulitmu akan lebih baik dari sebelumnya.


Obat lain dicoba untuk ini:

Antibiotik oral (doxycycline, tetracycline), resep kuat krim benzoil peroksida, proaktif, ramuan herbal, akupuntur.

Ya aku coba banyak hal. Sangat susah.

Tapi berharaplah, hal-hal ini bekerja dengan baik untukku, dan mungkin untukmu juga!


Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang