Haruskah saya mengonsumsi suplemen Omega 3?

Dilihat 674 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Omega 3 adalah asam lemak yang sangat penting bagi tubuh kita namun tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh manusia. 


Oleh karena itu kita harus mengkonsumsi omega 3 melalui makanan ataupun dari suplemen omega 3 yang sudah mendapat persetujuan badan kesehatan terkait. Nama lain omega 3 adalah PUFA = Poly Unsaturated Fatty Acid (asam lemah rantai panjang tak jenuh). Lemak ini sangat penting bagi otak, serta untuk tumbuh kembang secara normal. 


Selain itu, fungsi omega 3 juga membantu mengurangi peradangan atau inflamasi dan risiko penyakit kronik seperti penyakit jantung, kanker, dan artritis.


Namun mengonsumsi suplemen omega 3 tidak bisa sembarangan, berbeda dengan mengkonsumsi makanan alami yang memang mengandung omega 3. 


Menurut rekomendasi dari American Heart Association [AHA], jangan mengonsumsi lebih dari 3 gram sehari asam lemak omega-3 dari kapsul (suplemen) tanpa pengawasan dari penyedia layanan kesehatan, karena akan meningkatkan risiko pendarahan. Terlebih lagi jika Anda merasa sehat wal afiat, maka Anda tidak harus mengkonsumsi suplemen omega 3. Namun apabila makanan yang Anda santap setiap hari bukanlah sumber makanan yang kaya omega 3 maka mengkonsumsi suplemen omega 3 dapat membantu Anda mempertahankan kesehatan tubuh. 


omega 3 makanan



Mengkonsumsi Suplemen Omega 3 Setiap Hari 


Omega 3 adalah asam lemak esensial. Untuk orang dewasa yang sehat yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung, AHA merekomendasikan untuk mengkonsumsi ikan sedikitnya 2 kali per minggu (250 gram ikan) atau 8 Ons untuk orang dewasa yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung koroner. 


Sedangkan untuk konsumsi suplemen omega 3 seperti minyak ikan, AHA merekomendasikan 1 gram setiap hari, yang mana suplemen tersebut mengandung EPA dan DHA. Akan dibutuhkan waktu sekitar 2 minggu sampai dengan 3 minggu sebelum manfaat dari suplemen minyak ikan dapat Anda rasakan.


Untuk orang dewasa dengan kadar kolesterol tinggi: AHA merekomendasikan suplemen asam lemak omega 3 (seperti mengkonsumsi minyak ikan setiap hari), 2 sampai 4 gram sehari dari EPA dan DHA. Mungkin diperlukan 2 sampai 3 minggu untuk merasakan manfaat dari suplemen minyak ikan tersebut. Komposisi lemak di tubuh kita terdiri dari 97% lemak jenuh dan lemak monosaturated 3%. 


Sedangkan untuk lemak poly saturated, tubuh kita memiliki 1,5% omega 3 dan 1,5% omega 6. Lemak dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun sel-sel yang telah rusak dan memproduksi hormon. Namun konsumsi suplemen omega 3 haruslah sebagaimana yang telah disarankan. Sejumlah pola diet malahan cenderung mengandung omega 6 yang sangat tinggi dibandingkan dengan kandungan omega 3-nya. 


Oleh karena itu, untuk mendapatkan asupan omega 3 yang mencukupi kebutuhan tubuh, pastikan makanan yang Anda santap memiliki kandungan omega 3 yang tinggi. Dan jika makanan yang kita santap setiap hari tidak mencukupi kebutuhan omega 3 tubuh, konsumsilah suplemen omega 3, seperti minyak ikan misalnya, sesuai aturan dokter.


omega 3 suplemen


Dosis Suplemen Omega 3


Sebagaimana telah disinggung di atas, bahwa AHA menyarankan dosis konsumsi suplemen omega 3 untuk orang dewasa yang sehat tanpa riwayat penyakit jantung adalah sebanyak 250 gram ikan atau 8 ons per minggu. Sedangkan untuk konsumsi suplemennya, disarankan mengkonsumsi 1 gram per hari. 


Suplemen omega 3 biasanya dijual dalam bentuk kapsul minyak ikan dan di dalamnya sudah terkandung EPA dan DHA yang bagus untuk kesehatan tubuh kita. Fungsi omega 3 ini dapat mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah kita atau dalam dunia medis juga dikenal dengan nama aterosklerosis. Ateroskeloris ini dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung, stroke, dan alzheimer. 


Oleh karena itu, dosis yang disepakati oleh sejumlah organisasi kesehatan adalah sekitar 250 hingga 500mg untuk orang dewasa ini dapat membantu mencegah terjadinya penyakit-penyakit tersebut.


Untuk penderita penyakit jantung koroner, AHA menyarankan konsumsi omega 3 sebanyak 1000mg. Sedangkan bagi yang menderita trigliserida tinggi, maka disarankan untuk mengkonsumsi sebanyak 2000 hingga 3000mg. Sedangkan untuk penderita penyakit lainnya, Anda dapat menghubungi dokter Anda guna mendapatkan saran terbaik terkait dosis suplemen omega 3 yang bisa Anda konsumsi setiap harinya. 


Namun harus tetap diingat bahwa ini adalah suplemen bukan obat-obatan, oleh karena itu tidak bisa dijadikan pengganti pengobatan standar terkait suatu penyakit. Anda harus tetap berkonsultasi dengan dokter terkait penyakit Anda serta dosis suplemen omega 3 yang dapat membantu proses penyembuhan Anda pada sang dokter.


Karena konsumsi suplemen dengan dosis berlebihan dapat menyebabkan terjadinya pendarahan dan pengenceran darah Anda, oleh karena itu perhatikan dengan teliti soal dosis ini.


omega 3 ikan

 

Manfaat Mengkonsumsi Suplemen Omega 3


Fungsi omega 3 ini bermanfaat untuk segala usia, baik anak-anak maupun orang dewasa. Bahkan untuk janin di dalam kandungan pun juga sangat bermanfaat. Kandungan omega 3 selain bisa diperoleh dari sumber makanan alami, seperti ikan atau sayuran, juga bisa didapatkan dalam bentuk suplemen. 


Suplemen omega 3 bisa kita dapatkan dengan mudah di sejumlah apotek yang ada di sekitar kita dengan beragam merek serta harga yang cukup variatif. Selain itu kita juga bisa mendapatkannya secara online di internet.


Beberapa manfaat atau khasiat yang bisa didapatkan dari omega 3 adalah:


  • Membantu perkembangan otak, mata, serta mental pada janin dan bayi. 
  • Membantu mengatasi penyakit jantung koroner. 
  • Membantu mengurangi kolesterol tinggi. 
  • Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. 
  • Membantu mencegah demensia. 
  • Mengurangi risiko terjadinya kanker. 
  • Mengurangi risiko depresi. 
  • Membantu meredakan peradangan pada kondisi artritis rematoid, dan lain sebagainya. 

Bahkan juga telah ada bukti yang menunjukkan bahwa ada keterkaitan antara hiperaktivitas anak dengan rendahnya tingkat omega 3.


omega 3 buah


Meskipun banyak sekali manfaat mengkonsumsi omega 3, namun sekali lagi, mengonsumsi suplemen omega 3 tidaklah sama dengan mengonsumsi sumber makanan alami yang kaya akan omega 3. Karena konsumsi suplemen dengan dosis berlebihan dapat membahayakan. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, asal mengkonsumsinya sesuai aturan yang tertera atau sesuai dengan saran dokter, maka akan aman dan Anda bisa memperoleh manfaatnya. 


Jadi, jika Anda tidak mengkonsumsi ikan secara teratur maka lebih baik segera saja mengkonsumsi suplemen omega 3 sesuai dosis yang telah ditetapkan. Karena kesehatan Anda lebih berharga dari apapun!

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang