Ibu saya memiliki kanker payudara, apakah saya (putranya) lebih rentan terhadap kanker?

Dilihat 516 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Mungkin saja. Tapi, disini kita benar-benar kekurangan informasi untuk mengatakan hal itu (bukan berarti saya akan mengatakan semuanya itu pasti tentang kesehatan seseorang di Quora, posting ini memiliki arti bahwa saya menyatakan interpretasi saya tentang sains terkini). Faktor-faktor seperti gaya hidup dan usia berpengaruh dalam hal ini. Semakin tua usia ibu anda saat ia mengidapnya, maka semakin berkurang anda harus mengkhawatirkannya. Semakin tidak sehat kebiasaan yang ia miliki, dan anda tidak memilikinya, maka semakin berkurang anda harus mengkhawatirkannya.


Kanker payudara pada pria itu langka, tapi mungkin terjadi. Sayangnya, saat ia menyerang pria, ia cenderung lebih agresif. Ini karena wanita memiliki hormon estrogen. Estrogen menstimulasi pertumbuhan sel-sel payudara dan kanker payudara yang tergantung pada estrogen adalah satu dari jenis yang kurang agresif. Akan tetapi, sesuai definisinya, kanker payudara yang tergantung pada estrogen tak akan menyerang pria karena pria hanya menghasilkan hormon itu sedikit sekali. Alih-alih, pria akan menimbulkan kanker payudara yang independen pada estrogen. Jadi, meskipun sangat langka terjadi pada pria, peningkatan agresifitasnya membuat saya cenderung berpikir bahwa cukup aman bagi pria untuk sedikit memikirkan kemungkinannya.


Bagaimanapun juga, yang ingin anda ketahui disini adalah peluang dari kanker payudara yang dialami ibu anda akibat faktor keturunan. Ada pengujian untuk hal ini, yang secara umum melihat gen-gen BRCA1 dan BRCA2. Anda tentu ingin memiliki duplikat dari kedua gen ini karena keduanya menghasilkan protein yang memperbaiki DNA yang rusak. Ketika mereka tidak bekerja dengan baik, anda akan lebih berisiko terkena kanker karena DNA di dalam sel anda lebih mudah bermutasi.


Jadi, jika ibu anda memiliki kanker payudara saat ia masih relatif muda, atau jika beberapa saudara anda yang lain memiliki kanker payudara atau kanker rahim (atau saudara pria yang memiliki kanker payudara), mungkin ada baiknya jika anda berkonsultasi dengan konsultan genetika tentang potensi risiko anda dan melakukan pengujian. Itu juga bisa menjadi ide yang bagus karena ada kemungkinan anda akan memiliki anak nantinya dan jika anda memiliki gen yang cacat anda bisa menurunkannya ke anak anda.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang