Ibuku baru saja didiagnosis dengan artritis reumatoid. Bagaimana aku bisa membantunya untuk meringankan bebannya?

Dilihat 964 • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Terima kasih sudah begitu memahami situasi ibu anda. Arthritis adalah satu diantara penyakit yang seringkali mendapatkan komentar semacam, "Lho, kamu tidak terlihat seperti ada yang salah!". Satu hal yang paling berguna yang bisa anda lakukan untuk ibu anda hanyalah dengan cukup berasumsi bahwa hidup akan penuh perjuangan mulai saat ini dan hanya beliau yang memutuskan apakah ia mampu atau tidak melakukan sesuatu hari ini.


Bantulah menyederhanakan rumah beliau: (sebagai contoh) Taruhlah barang-barang yang paling sering digunakan di rak yang lebih rendah. Ganti barang-barang yang berat dengan versi plastik yang lebih ringan sebisa mungkin. Singkirkan tutup 'anti anak-anak' pada botol-botol obat. (kecuali jika ada anak-anak). Singkirkan karpet yang bisa membuat ibu anda tersandung dan yang mengotori rumah. Pasang pegangan yang terbuat dari busa pada gagang pintu. Pasang alat bantu untuk penyandang disabilitas di dalam kamar mandi (pegangan tangan pada tub atau shower dan pegangan kran air). Naikkan dudukan kursi favoritnya dengan menambahkan tambahan bantalan atau mengaturnya pada dasar yang kuat. (kursi angkat elektrik itu bagus jika ia mampu). Carikan ijin parkir bagi penyandang disabilitas untuk mobilnya. (Beliau bisa membawanya dan menggunakannya untuk kendaraan apapun yang ia kendarai). Meski ia belum bergantung pada tongkat, carikan dan belikan satu kemudian atur sesuai tingginya. Bawa kemanapun beliau membutuhkan bantuan tambahan dalam menaiki tangga atau pijakan yang kasar. Jika ia memiliki akses ke kolam renang, bawa beliau untuk berdiskusi tentang terapi air dengan dokternya.


Sebagaimana permasalahan mobilitas dan fungsinya makin meningkat, beliau akan menghadapi tantangan lainnya dalam menjaga independensinya. Sebuah grup support mungkin membantu beliau agar tidak kesepian dan memberinya kesempatan untuk mencurahkan sesuatu tanpa merasa 'membebani' orang-orang terdekatnya.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang