Ide desain untuk rumah yang bertemakan high-tech?

Dilihat 2,2 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1




Pada abad ke-21 desain rumah populer pada gaya yang lebih minimalis dan bersahaja, namun saat ini gaya rumah menjadi lebih modern dengan menggabungkan perkembangan teknologi tinggi dan kepraktisan di bidang desain rumah. Proyek rumah masa depan dengan gaya teknologi tinggi memenangkan tempat teratas dalam dunia properti.  Rumah berteknologi tinggi mencerminkan pemikiran teknis modern dan didasarkan pada penggunaan desain yang paling canggih dan bahan berkualitas tinggi. Arsitektur rumah hi-tech sangat populer sejak akhir tahun sembilan puluhan abad kedua puluh. Rumah bergaya hi-tech ditandai dengan tidak terdapatnya unsur kayu. Gaya ini menggabungkan teknologi tinggi dan penggunaan bahan yang tidak konvensional dalam konstruksi, seperti  estetika struktur logam  berwarna perak dikombinasikan dengan kaca serta plastik. Oleh karenanya banyak struktur yang mirip dengan bangunan industri, baik interior maupun eksterior. 


Dalam arsitektur pengertian high-tech berbeda dengan high-tech pada industri. Hig- tech pada arsitektur berarti sebuah bagian dari langgam yang diterapkan pada bangunan.  Arsitektur high tech sebagai arsitektur techno-arthistic dengan  rancangan teknologi pabrikasi yang maju dengan konstruksi utama metal atau logam.  Arsitektur tidak lagi mengambil bentuk scluptural abstrak seperti pada arsitektur monumental dari beton. Bahan-bahan pabrikasi ditonjolkan baik pada ruang dalam maupun luar, sehingga bahan, struktur, system dan sub-sistem struktur, konstruksi dan dekorasi secara integral menampilkan bentuk arsitektur yang berkarakter khusus.  Lalu bagaimanakah bentuk penerapan high-tech di rumah tercanggih di dunia? Yuk, simak terus artikel berikut...



Desain Rumah Hi-Tech


Sistem pencahayaan alami, sangat membantu dalam desain rumah berteknologi tinggi  Metode  ini sesuai dengan konsep rumah masa depan yaitu penggunaan  sinar matahari sebagai alternatif selain lampu listrik dan perlengkapan pencahayaan lainnya. Kebutuhan untuk membangun sistem pencahayaan alami harus  melalui tahap-tahap awal rencana pembangunan yang  penting seperti  lokasi jendela dan partisi kaca. Selain kepuasan estetika dan psikologis, sistem pencahayaan alami dapat membantu pemilik menghemat listrik dan berdiri di antara kelompok penikmat solusi arsitektur yang tidak biasa.




Proyek rumah high-tech sebagai salah satu konsep rumah masa depan adalah sebuah rumah yang memiliki atap datar. Hal ini akan menambah fungsional ruang di rumah. Penciptaan ruang dalam rumah high tech bukan masalah yang berarti, namun lebih ditekankan pada teknis penciptaan ruang yang fleksibel. Sebuah ruang yang diciptakan tidak hanya memiliki satu fungsi karena keseluruhan desain dirancang untuk sebuah kefleksibilitasan Di atap tersebut dapat dengan mudah mengatur area untuk bersantai, tempat berolah raga dan bahkan sebuah kolam renang. Hal Ini akan meringankan bagian interior dari rumah, serta meningkatkan fungsi rumah secara keseluruhan. Proyek rumah modern dengan atap datar juga mengurangi penggunaan bahan atap, karena hanya membutuhkan sedikit bahan dibandingkan dengan atap klasik. Selain itu, konstruksi atap dapat dibangun lebih cepat karena kesederhanaan teknologi dan desain. Desain warna eksterior rumah hi-tech tidak cerah, paling umum menggunakan kombinasi dari warna hitam dan putih, krem dan hitam, abu-abu dan putih, hitam dan abu-abu.


  • Ruang tamu


Ruang tamu rumah bergaya hi-tech diisi dengan minimal furniture yang dikombinasikan dengan  permainan cahaya dan logam gloss. Furniture yang digunakan harus dalam desain modern dan futuristik. Dianjurkan untuk menggunakan furniture multi-fungsi dan modular, seperti kursi putar, sofa built-in ke dinding dengan sistem modular, rak terbuka, meja kopi dan furnitur dengan mekanisme transformator lainnya. Kesempurnaan  sebuah  ruang tamu dalam gaya hi-tech  tergantung kepada  lemari dengan cermin atau kaca bertekstur. Untuk kenyamanan, anda dapat menambahkan elemen tekstil – bantal, selimut atau tirai. Sangat disarankan bahwa itu terbuat dari bahan alami dan memiliki pola modern secara keseluruhan, atau yang monofonik.



Gaya high tech  tidak mentolelir penggunaan warna seperti pink, ungu dan warna-warna “manis” lainnya. Warna khas interior hi-tech adalah  putih, hitam, abu-abu dan silver. Tempat tidur  dalam interior hi-tech bukanlah  furnitur, bukan sekedar tempat tidur – tetapi juga sebuah tempat tidur yang memiliki  sistem canggih dan  modern dalam rekreasi multimedia dan hiburan.  Furnitur kamar tidur dalam gaya high tech  mencakup tempat tidur yang modern dan multi-fungsi, misalnya dengan kepala adjustable dengan mekanisme mengangkat, pencahayaan built-in, rak dan lain-lain. Tempat tidur hi-tech dapat dilengkapi dengan stereo built-in, video dan sistem audio, speaker kuat, TV plasma, iluminasi cahaya multi warna, sistem lemari terbuka atau lemari dengan sentuhan sistem sensorik, sehingga tercipta suasana kamar tidur seperti dalam rumah tercanggih di dunia.


  • Dapur


Jika kita mendengar bahwa seseorang memiliki dapur ultra-modern, itu berarti bahwa itu dibuat dalam gaya hi-tech. Situasi di dapur ini sangat ringkas, stylish dan nyaman. Ini menggabungkan gaya minimalis dan penggunaan sebagian besar teknologi terbaru dalam desain dan peralatan, serta penggunaan rasional ruang. Dapur dalam gaya modern berteknologi tinggi disukai orang-orang yang berkarakter energik dan pebisnis yang tinggal di irama percepatan kehidupan kontemporer. Desain ini akan menarik bagi mereka yang gemar terhadap desain bergaya minimalis dengan menarik inovasi teknologi dan berusaha untuk menjaga waktu dalam hal bahan baru untuk melengkapi rumah mereka. Bagi mereka yang memiliki ruang sedikit kecil, dalam hal ini kebanyakan orang lebih memilih menggunakan sedikit kombinasi warna di interior, jika mereka menyukai permukaan logam cerah, atau permukaan kaca mengkilap. Desain interior dapur hi-tech untuk orang-orang yang memiliki gaya ini diharuskan juga dibuat dalam desain kamar lainnya termasuk kamar mandi. Jika rumah anda dihiasi dalam arah yang berbeda, dapur dalam gaya ini tidak akan terlihat harmonis. Anda tidak dapat  mengabaikan fakta bahwa teknologi tinggi akan menyebabkan tingginya biaya anggaran pembelian seperti furniture, peralatan rumah tangga, pencahayaan dan item dekorasi. Itu tidak murah, jadi jika anda tidak siap terkait pengeluaran yang signifikan, kemudian segera beralih pada pilihan untuk memutuskan gaya lain dari ruang dapur anda.


  • Gaya interior

Desain interior dalam gaya pesona berteknologi tinggi ini ditandai dengan penggunaan minimum dekorasi. Konsep utama dari gaya ini, adalah memberikan kebebasan ruang dan memeluk erat dunia modern. Oleh karena itu, rumah dalam gaya  high tech rumah  hanya memiliki potongan-potongan  furnitur yang diperlukan, namun  mereka semua berbeda dalam kualitas, keindahan sederhana, fungsi, tetapi desain tetap menarik perhatian. Kurangnya rincian dekoratif dan tekstur yang indah diimbangi dengan kombinasi yang tidak biasa dari bahan.. Di antaranya yang paling populer adalah kaca, logam, plastik dan beton. Peran palet warna yang paling umum dimainkan oleh warna putih, yang dapat dilengkapi dengan nuansa warna lainnya seperti kuning emas, cream, biru-abu-abu, coklat kopi. Gaya berteknologi tinggi di interior rumah juga dapat dirancang dalam nernagai warna gelap, bahkan hitam. Lalu dikombinasikan dengan warna biru, krem, hijau dan detail segar lainnya. Langit-langit dan dinding di interior rumah berteknologi tinggi, umumnya, polos, ditutupi dengan semen, wallpaper bertekstur dan cermin besar yang memantulkan cahaya dan memperbesar visual ruang. Anda mempertimbangkan fitur dari masing-masing desain interior dalam gaya hi-tech.



Fitur Teknologi dan Bahan Bangunan Rumah High Tech


Gaya ini ditandai dengan keringkasan bentuk, garis lurus, kelimpahan kaca dan logam. Hi-Tech dapat dikaitkan dengan gaya ultra-modern, desain ini digunakan untuk khas bangunan industri. Desain teknologi dapat ditempatkan diseluruh bagian rumah, seperti langit-langit, dinding, lantai, tangga, jendela serta pintu. Gaya ini paling sering digunakan sebagai estetika dari kecanggihan ruang yang terorganisir dengan baik.

Dengan demikian, fitur-fitur utama dari gaya berteknologi tinggi adalah:

  • Dinding tanpa dekorasi dengan banyak built-in bagian logam mengkilap atau dinding beton telanjang, bata ekspos.
  • Banyaknya penggunaan  kaca, plastik, logam.
  • Pintu geser silver.
  • Partisi terbuka di dinding bahkan di langit-langit sehingga menciptakan efek luas
  • Furniture bernuansa cerah dari logam chrome dan kaca
  • Meja kaca,  atau gemerlapnya sofa perak dan kursi dengan kaki logam
  • Lampu  dengan bingkai logam berbentuk bulat
  • Jendela bulat, permukaan kaca besar
  • Tangga logam dengan truktur tubular dan berasal di luar gedung;
  • Furniture built-in dan memiliki warna sama dengan dinding;
  • Ruang berbentuk  garis lurus dan  sederhana, pragmatisme dalam perencanaan ruang.

Arsitektur high-tech sebagai simbolisasi dari sebuah teknologi bukan merupakan sebuah solusi yang efisien, karena teknologi bukanlah suatu hal yang murah jika dibandingkan dengan bangunan yang konvensional. Dalam high tech simbolisasi dan representasi memiliki peranan penting. Eksposed struktur baja, duct AC yang terlihat, sistem bongkar pasang pod dan sebagainya  merupakan karakter dalam arsitektur high tech, namun hal itu semua bukanlah suatu hal yang murah.  Setiap desain yang diputuskan dalam arsitektur hig tech haruslah memiliki nilai fungsional.


Selain plastik, bahan yang paling khas digunkan dalam desain hi-tech, beton, batu, logam, kulit, langit-langit, dinding bata ekspos dan berbagai bahan sintetis modern. Pada saat yang sama, teknologi tinggi memerlukan perangkat khusus, ringan dan elegan. Ini mencakup permukaan kromium, kawat baja, kaca, plastik, stainless steel, aluminium. Dalam desain interior, mereka sering menggunakan dalam kombinasi dengan kayu. Hi-Tech adalah menunjukkan plastik berkualitas tinggi, logam ringan, material komposit baru, warna permukaan glossy dan transparan. Dipernis atau dipoles, dan artikel itu memberikan tampilan fasad dan interior bangunan terlihat lebih stylish dan menarik. Dalam konstruksi modern, stainless steel sangat populer. Stainless steel dipoles sangat diperlukan dalam interior dalam gaya futuristik. Kombinasi kaca dengan logam mengkilap dan transparansi tekstur asli dari bahan modern untuk menciptakan suasana ruang yang mencerminkan energi dan dinamisme abad teknologi tinggi.


Struktur baja dalam arsitektur high tech menjadi power of structure yang ekspresif, baja merupakan salah satu material bangunan yang memiliki daya tegang yang kuat, mampu memberikan kesan dramatis pada elemen-elemen bangunan. Bermacam-macam elemen pada bangunan high tech seperti rangka struktur baja, the smooth, imperious skin, exposed pipa dan duct telah memberikan ekspresi yang kuat berdasarkan fungsi teknisnya.


Dunia ini tidak hanya menyukai satu gaya arsitektur tertentu. Fokus utama dari rumah masa depan  adalah untuk mencapai keharmonian dari teknologi modern dan kenyamanan bangunan untuk membuatnya fungsional, nyaman dan indah, sehingga tidak menutup kemungkinan terciptanya rumah tercanggih di dunia. Hanya waktu yang akan memberitahu, ide apa yang akan dapat mengambil tempat yang sah dalam arsitektur. Cara rumah terlihat di luar hampir sama pentingnya dengan cara yang terlihat di dalam. Arsitektur rumah adalah penting, dan anda dapat memilih model desain  interior berdasarkan arsitektur eksterior rumah yang anda miliki.  Namun, tujuan membangun rumah, tetap pada fungsi untuk menikmati hidup di dalamnya sehingga anda perlu menentukan gaya rumah Anda.  Secara umum high-tech adalah sistem penggunaan terknologi tinggi, akan tetapi pada kenyataannya high-tech memiliki pengertian yang tidak terbatas dan tidak hanya dengan memandang high-tech sebagai bentuk penggunaan teknologi tinggi mengingat perkembangan teknologi selalu mengalami siklus penyempurnaan hingga ke fase yang lebih tinggi,  sehingga pandangan umum ini tidak pernah memunculkan kesimpulan yang pasti dan tepat. Sekian ulasan singkat kami mengenai rumah bertemakan high tech, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. 



Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang