Ikan Koi apakah yang paling mahal? Mengapa mereka sangat mahal?

Dilihat 682 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Koi merupakan ikan air tawar yang banyak di gemari oleh pecinta ikan. Menurut kepercayaan masyarakat Jepang, ikan koi merupakan simbol persahabatan dan simbol cinta. Ikan yang berasal dari negeri Sakura ini juga dipercayai memberi keuntungan bagi pemiliknya. Sehingga banyak para pemilik yang mempersiapkan kolam terbaik untuk ditempati ikan ini. Harga ikan koi sangat bervariasi. Ikan koi ini ada yang dijual dengan harga yang sangat murah dan ada pula yang dijual dengan harga yang begitu tinggi. Harga tersebut sangat tergantung pada kualitas dan kesempurnaan corak yang dimiliki ikan koi.


koi

Pertanyaan yang seringkali muncul adalah ikan koi apakah yang paling mahal ? Ya… benar ikan koi yang paling mahal adalah ikan koi Jepang.

Mengapa mereka sangat mahal  ?  Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan di atas, mari simak penjelasan berikut :

Nilai ikan koi di Jepang sangat tinggi, hal ini dikarenakan rumitnya upaya dan proses mendapatkan ikan koi berkualitas tinggi. Orang Jepang bekerja keras bukan hanya dalam mengembangkan ikan koi, akan tetapi mereka juga bekerja keras  bagaimana menghasilkan ikan koi yang memenuhi standar sangat baik. Untuk menciptakan koi-koi  Jepang super menbutuhkan butuh waktu yang tidak sebentar.  Rekam jejak panjang indukan berkualitas harus terjaga kemurniannya. Baik dari segi rekam jejak keturunan, perawatan, rekam histori kolam, pakan, air dan nutrisi untuk ikan membutuhkan keakuratan yang tinggi.  Ikan koi di Jepang dikembangbiakkan dengan standar atau aturan yang sangat ketat, dan juga dihadapkan pada kenyataan bahwa tidak banyak peternak di Jepang yang berhasil memelihara ikan koi dengan standar setinggi itu. Sebagian ikan ada yang dicuri, ada yang dijual dengan harga rendah, dan sebagian lagi tidak menunjukkan kualitas koi yang tinggi. Ikan koi termahal  bukan didapat dengan cara yang mudah. Di samping faktor gen  dari ikan koi tersebut, diperlukan usaha kerja keras di dalamnya. Diperlukan ketelitian yang tinggi dalam pengembangan dan pembudidayaan ikan koi Jepang. Ikan koi Jepang  terlahir dari nutrisi dan keahlian dalam perawatan ikan. Hal inilah yang menjadi  salah satu faktor penyebab  mahalnya ikan koi di Jepang

Ikan Koi Termahal

Ikan koi  termahal  di Jepang yang menembus harga transfer yang sangat fantastik adalah seekor koi bernama Black Dragon. Koi berjenis kelamin betina, berumur 2 tahun serta berukuran 57 cm  dapat terjual dengan harga sekitar 26 juta yen atau setara dengan 2,9 M dalam lelang yang diadakan di Jepang tepatnya di Momotaro Farm. Okayama-Jepang. Harga ini menjadikan Black Dragon menjadi ikan koi termahal yang pernah ada.

Namun satu hal yang harus diperhatikan adalah, pembeli harus sangat berhati- hati dalam membeli koi. Pembeli harus memastikan  bahwa koi tersebut tidak memiliki cacat yang signifikan yang sebenarnya sangat mengurangi nilai dari ikan koi itu sendiri. Sebagai contoh, seekor Sanke 23" kualitas tinggi, mungkin dapat dijual dengan harga $6000 - $7000 bahkan lebih, akan tetapi apabila terdapat bekas luka, salah satu matanya hilang atau mungkin terlihat cacat,  maka harga ikan tersebut  akan turun sangat drastis menjadi hanya $200 atau lebih rendah  lagi, tergantung pada kualitas, bentuk badan atau seberapa jauh cacat yang nampak.

Jenis Ikan Koi Termahal dan Tercantik

Untuk mengetahui jenis ikan koi terbaik, kita perlu mengenal jenis-jenis ikan koi dengan kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Hal ini karena jenis dan  keanekaragaman ikan koi kadang membuat bingung para pecinta ikan, terutama untuk pemula yang baru saja memutuskan untuk memelihara koi. Berikut ini adalah ulasan mengenai jenis ikan koi termahal dan tercantik. Nah....simak terus artikel di bawah ini.

Secara garis besar jensi ikan koi diklasifikasi sebagai berikut : 


A. Klasifikasi Ikan Koi Gosanke

  • Jenis Ikan Koi Kohaku
koi kohaku

Kohaku merupakan jenis ikan koi yang paling tua dan paling terkenal di antara jenis ikan koi lainnya. Kohaku ini memiliki warna dasar putih solid yang dilapisi dengan warna merah. Kohaku yang berkualitas adalah kohaku yang memiliki warna yang cerah, warna dasar ikan tidak terdapat bercak noda, warna merahnya cerah, dan pola kombinasi warna putih dan merah disepanjang tubuhnya.

  • Ikan Koi Sanke Taisho                                                                                       Sanke Taisho atau umum kita kenal dengan Sanke merupakan satu diantara jenis ikan koi yang mempunyai warna putih sebagai warna dasarnya dan dikombinasi dengan pola warna merah serta bercak hitam pada punggungnya. Ikan koi Sanke sendiri merupakan hasil perkawinan antara ikan koi Kohaku dan Shiro Bekko. Ikan koi Sanke dapat dikatakan berkualitas jika memiliki perpaduan warna merah dan putih layaknya koi Kohaku, tapi dilengkapi dengan bintik hitam di bagian punggungnya dan tidak sampai pada kepalanya.
  • Ikan Koi Showa Sanshoku
Koi Showa Sanshoku

Showa Sanshoku, lebih dikenal dengan nama Showa, merupakan salah satu jenis ikan koi yang memiliki kombinasi warna dasar merah dan putih yang dilengkapi dengan warna hitam diatasnya. Kombinasi warna tersebut memiliki kesamaan dengan jenis ikan koi Sanke, sehingga hal ini menyulitkan kita untuk membedakan antara kedua jenis ikan koi tersebut. Hal yang membedakan antara ikan koi Showa dengan ikan koi Sanke adalah pola kombinasi warnanya. Ikan koi Showa memiliki pola warna hitam di sepanjang tubuhnya, sedangkan Sanke hanya terdapat diatas tubuh, dan hal terpenting adalah Showa memiliki pola warna hitam di atas kepalanya, sedangkan ikan koi Sanke tidak.


B. Klasifikasi Ikan Koi Bekko



  • Ikan Koi  Shiro Bekko

Ikan koi Shiro Bekko adalah ikan koi yang memiliki warna dasar putih dengan pola warna hitam kecil-kecil di sekujur tubuhnya. Corak hitam pada ikan koi Shiro Bekko begitu seimbang serta memiliki tepian yang tajam. Jika dilihat secara sekilas maka kita menemui kesulitan untuk membedakan antara ikan koi jenis Shiro Utsuri dan Shiro Bekko, karena keduanya memiliki pola warna yang sama persis. Yang membedaan antara jenis ikan koi Shiro Bekko dan Shiro Utsuri adalah warna dasar dari kedua ikan tersebut. Warna dasar dari ikan Shiro Utsuri adalah hitam dan putih sebagai polanya (hitam bercorak putih). Sedangkan warna dasar dari ikan koi Shiro Bekko adalah putih dan hitam sebagai polanya (putih bercorak hitam).

  • Ikan Koi Ki Bekko

Ikan koi Ki Bekko ialah satu di antara dari jenis ikan koi yang memiliki warna dasar kuning dan warna hitam sebagai coraknya. Tidak jauh beda dengan ikan koi Shiro Bekko yang memiliki saudara kembar Shiro Utsuri, ikan koi Ki Bekko juga memiliki saudara kembar, yaitu Ki Utsuri. Perbedaan antara ikan Ki Bekko dengan Ki Utsuri adalah terletak pada warna dasar dan coraknya. Jika Ki Bekko bewarna dasar kuning bercorak hitam sedangkan Ki Utsuri bewarna dasar hitam bercorak kuning. Corak hitam pada ikan koi Ki Bekko begitu seimbang dan memiliki tepian  yang tajam. Saat ini ikan koi jenis ini cukup sulit untuk ditemukan jika dibandingkan dengan jenis ikan koi lainnya.

  • Ikan Koi Aka Bekko

Ikan koi Aka Bekko adalah salah satu jenis ikan koi yang memiliki warna dasar orang/merah dan pola hitam sebagai coraknya, biasanya terletak pada punggung ikan. Warna hitam pada tubuhnya begitu kontras dan serasi dengan warna dasarnya yang orange/merah.  Koi Aka Bekko memiliki saudara kembar Aka Utsuri. Perbedaan antara keduanya adalah terletak pada warna dasar dan corak masing-masing. Jika Aka Bekko bewarna dasar merah bercorak hitam sedangkan Aka Utsuri bewarna dasar hitam bercorak orange/merah.  Semakin tumbuh besar, maka warna hitam akan memiliki spot yang indah, cantik serta menarik.


C. Kalsifikasi Ikan Koi Utsurimono


  • Ikan Koi Shiro Utsuri

Shiro Utsuri merupakan jenis ikan koi yang memiliki warna dasar hitam  dan putih sebagai coraknya. Shiro Utsuri dikatakan berkualitas jika gabungan warna tersebut terdapat di bagian kepala ikan, sehingga bagian kepala ikan harus memiliki warna hitam dan putih.  Warna hitam pada ikan Shiro Utsuri begitu dominan dibandingkan dengan warna putih. Inilah yang membedakannya dengan ikan Shiro Bekko. 

  • Ikan Koi Ki Utsuri

Ikan koi ki Utsuri memiliki warna hitam sebagai warna dasarnya dan kuning sebagai coraknya.  (berbanding terbalik dengan ikan koi Ki Bekko). Kombinasi warna Ki Utsuri memiliki kesamaan kreteria dengan Shiro Utsuri dan Hi Utsuri.

  • Ikan Koi Hi Utsuri

Hi Utsuri merupakan jenis ikan koi yang memiliki warna dasar hitam yang dikombinasikan dengan warna merah atau orange. Hi Utsuri biasanya memiliki warna orange pada saat usianya masih muda dan warna tersebut akan berubah menjadi merah cerah jika ikan sudah dewasa.


D. Kalsifikasi Ikan Koi Tancho

  • Ikan Koi Tancho Goromo                                                                                 Jenis Ikan koi Tancho Goromo merupakan satu diantara jenis ikan koi yang memiliki corak bulatan di bagian kepalanya, yang menyerupai pola goromo atau anggur.
  • Ikan Koi Tancho Kohaku


Jenis tancho selanjutnya adalah Ikan koi Tancho Kohaku, yang merupakan salah satu jenis ikan koi  berwarna dasar putih  dan disertai bulatan merah di bagian kepala. Ikan koi ini akan semakin indah ketika bulatan merah tersebut semakin terang warnanya dan  membesar.

  • Ikan Koi Tancho Goshiki                                                                              Jenis ikan koi Tancho Goshiki adalah ikan koi yang memiliki bulatan warna merah di bagian atas kepalanya. Disamping itu, jenis ikan koi ini  juga ditandai dengan bagian punggung yang terlihat seperti sisik ular, dengan warna hitam.
  • Ikan Koi Tancho Kujaku


Ikan koi Tancho Kujaku adalah jenis ikan koi yang memiliki pola layaknya ikan koi asagi di bagian badannya, sedangkan corak menyelimuti sisik di sekujur tubuhnnya. Ciri khas yang menjadi identifikasi dari jenis ikan koi ini ialah warna merah bulat di bagian kepalanya yang berwarna putih. Pada bagian tengah punggung ikan koi ini terdapat garis putih serta terdapat bintik-bintik hitam pada samping kiri dan kanan garis putih tersebut.

  • Ikan Koi Tancho Sanke


Jenis ikan tancho yang selanjutnya adalah Ikan koi Tancho Sanke. Ikan ini sekilas  mirip seperti ikan Tancho Kujaku, namun pola warna putih hitam pada bagian punggung   yang dimiliki Tancho Sanke tidak teratur. Ciri khas dari jenis ikan Tancho Sanke juga  sama dengan Tancho Kujaku, yaitu terdapatnya  bulatan merah dan dikelilingi warna kuning di sampingnya yang terletak di kepala. 


E. Klasifikasi Ikan Koi Asagi

  • Ikan Koi Asagi


Asagi merupakan jenis ikan koi yang memiliki pola jaring berwarna biru di bagian atasnya, namun di bagian bawah (perut ikan), insang ikan, sirip, dan tubuhnya terdapat warna merah atu orange. Pola warna merah atau orange tersebut akan berkembang atau semakin besar seiring dengan usia ikan. Umumnya ikan koi Asagi memiliki kepala yang bewarna putih bersih. Daya tarik dari ikan koi Asagi adalah terletak pada bagian sisik yang nampak seperti pola jaring halus dengan warna dasar indigo di bagian punggungnya.

  • Ikan Koi Shusui


Jenis Ikan koi Shusui merupakan salah satu  ikan koi dari family asagi namun  tidak memiliki sisik kecuali di bagian punggung. Koi Shusui mempunyai warna dasar putih yang diselimuti dengan warna merah atau orange yang cukup lebar. Umumnya sisik ikan ini berwarna gelap dan terdapat di sekujur punggungnya secara rapi dan lengkap. Koi Shusui memiliki persamaan warna dengan ikan koi Asagi, namun ikan koi Shusui mempunyai ciri khusus berupa pola garis yang memebentang di bagian punggungnya, sementara ikan koi Asagi hanya mempunyai corak jaring yang berwarna biru di bagian punggungnya.  


Sampai sekian  dulu sharing kita kali ini, semoga dengan membaca artikel di atas anda tidak akan  salah lagi dalam memilih jenis koi yang ingin anda pelihara karena anda telah dapat  membedakan antara koi satu dengan koi lainnya juga anda telah mendapatkan  jawabab yang tepat mengenai ikan koi  termahal beserta alasannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, selamat beraktivitas.

Baca juga : Berapa lama ikan koi dapat bertahan di luar air ?

Terjawab 10 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang