Imunologi: apakah orang lebih mudah terjangkit penyakit di rumah sakit?

Dilihat 262 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Bisa saja. Orang yang ke RS resikonya lebih tinggi dari orang normal. Dia punya luka, ada yang sistem imunnya lemah, ada yang dipasang alat di tubuhnya, dll. Bahkan jika mereka tidak pergi ke RS mereka lebih rentan terkena penyakit, tapi karena orang lemah tersebut sebagian besar berada di RS, tingkat infeksi tampak lebih tinggi di RS.

Beberapa penyakit lebih umum berada di RS, namanya MRSA, Jika sistem imunmu lemah kamu akan tertular, kamu juga bisa tertular karena berada dikerumunan dan tempat yang terkurung untuk waktu yang lama, seperti penjara, rumah singgah, RS. Ketika pasien MRSA masuk ke rumah sakit, jika dokter dan perawat tidak mencuci tangan dengan benar, mereka bisa menularkan MRSA ke pasien lain.

Terakhir, karena tingkat banyaknya orang sakit yang datang ke RS, peluang terjangkit penyakit sangat besar bagi pekerja RS. Dokter dan perawat dianjurkan mendapat suntikan flu, karena mereka banyak menangani pasien flu. Resikonya relatif. Jika kamu sakit dan harus ke RS, kamu mungkin saja terkena penyakit di mana saja, jadi jangan tunda-tunda pemeriksaan ke dokter. Jika kamu ke RS hanya membesuk, jangan khawatir. Tapi cuci tanganmu sebelum dan sesudah membesuk, tak hanya melindungi dirimu tapi juga orang lain.

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang