Indonesia : Apa kelebihan dan kelemahan dari orang Indonesia?

Dilihat 1,41 rb • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

                        

Manusia mempunyai bermacam-macam karakter dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Menjadi manusia sempurna berarti mampu memiliki semua kelebihan karakter lainnya, tapi hal itu adalah tidak mungkin, karena manusia memang tidak ada yang sempurna. Begitu juga Setiap penduduk atau masyarakat tentu memiliki kebiasaan dan budayanya masing-masing. Hal ini patut dihargai karena ini merupakan bukti keberagaman manusia sebagai makhluk sosial.  

Seperti orang Indonesia sendiri punya ciri khas yaitu ramah tamah kepada orang lain dan memiliki tingkat kepedulian yang tinggi serta sopan santunnya kepada orang lain meskipun mereka belum saling kenal. Hal inilah salah satu kelebihan orang Indonesia di mata dunia. Namun seperti yang disebutkan diatas bahwa tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, orang Indonesia juga mempunyai beberapa kelemahan (sifat-sifat yang negatif).

Memang tidak bisa dipungkiri, sulit untuk mengidentifikasi sifat-sifat orang Indonesia. Sebab, Indonesia terbangun diatas fondasi perbedaan suku, budaya, agama dan tempat tinggal yang saling terpisah dan sejarah perjuangan yang berbeda,  artinya mereka memiliki kepribadian yang berbeda-beda juga. Terkadang kita semua tanpa disadari pernah ataupun mungkin sering memperlihatkan atau menjumpai orang-orang menampakkan sifat-sifat negatif tersebut.

Nah jadi apa saja sebenarnya kelebihan dan kelemahan orang Indonesia itu? Berikut daftar yang saya tulis menurut pengamatan saya sendiri. Yuk, simak terus uraian berikut ini, saya berharap setelah membacanya kita semua (termasuk saya sendiri), dapat terus intropeksi diri .


Kelebihan Orang Indonesia


   


Berikut kelebihan orang Indonesia yang terus kita banggakan sampai dengan saat ini :

  • Orang Indonesia mudah bergaul, ramah dan siap membantu. Ini kelebihan orang Indonesia yang paling terkenal. Sebagai contoh, saya pernah berkendara di Bandung dan tiba-tiba sebuah mobil menyerempet mobil saya. Kemudian seorang pria Indonesia yang baik hati membantu saya menghadapi orang yang menyerempet mobil saya tersebut.
  • Saat ini kita hidup di dunia yang penuh dengan tekanan, tetapi orang Indonesia cenderung menghadapi segala hal dengan mudah. Serius, mereka seringkali mengingatkan saya bahwa ada hal-hal sederhana dalam hidup yang bisa membuat saya bahagia.
  • Orang-orang Indonesia merupakan salah satu dari orang-orang yang paling bahagia di dunia ini, walaupun sebagian besar orang Indonesia tidak menyadarinya.
  • Cita rasa makanan Indonesia sangat enak. Memang hal ini mungkin subjektif, akan tetapi jika anda suka makanan China, Thailand atau india, biasanya anda juga akan suka masakan Indonesia. Teknik memasak orang Indonesia cukup sederhana, tapi mereka sangat hebat  mengkombinasikan cita rasa yang berbeda.
  • Orang Indonesia dapat meniru logat bahasa lain dengan baik. Mereka dapat dengan mudah untuk belajar berbicara seperti orang India atau orang Filipina.
  • Berorientasi kepada keluarga. Pria Indonesia biasanya tidak akan membiarkan seorang wanita pulang ke rumah sendirian di malam hari dan mereka juga sangat menghargai orang tua.
  • Dibandingkan seluruh dunia, menurut saya wanita Indonesia adalah salah satu yang paling cantik dan feminin.
  • Orang Indonesia sangat peduli dengan teman-temannnya. Mereka juga setia kawan.
  • Orang Indonesia murah senyum. Kalau anda bertemu dengan orang Indonesia kemudian melemparkan senyum ke mereka, dan biasanya mereka akan membalasnya dengan sikap yang sama, walaupun banyak orang Indonesia yang tinggal di perkotaan biasanya lebih cuek.


Kelemahan Orang Indonesia

  

Berikut beberapa sifat negatif orang Indonesia yang harus dihilangkan atau diperbaiki :

  • Pasif - agresif. Banyak dari mereka cenderung menghindari konfrontasi
  • Manja dan malas.
  • Plin-plan, terutama ketika mereka mencoba membuat alasan.
  • Pandai bermain kata. Sebagian orang Indonesia berbicara atau menulis dalam bahasa yang sangat bagus tapi tidak memiliki makna yang berarti.
  • Konformis. Semua orang memiliki pendapat yang sama, semua orang berpikir dengan cara yang sama, dan semua orang saling menunggu orang lain sebelum mulai melakukan sesuatu.
  • Terlalu banyak menggunakan perasaan mereka untuk memecahkan masalah. Terlalu ad hominem jika beragumentasi. Hal tersebut sangat kekanak–kanakan, karena ad hominem adalah kesesatan logika.
  • Cenderung ekslusif. Orang Indonesia pada umumnya tidak suka berinteraksi di luar budaya mereka.
  • Beberapa orang mementingkan diri sendiri. Sebagian dari pemerintahan korupsi, banyak orang membuang sampah dimana-mana, dan adanya pembakaran hutan untuk mendirikan pabrik dan perkebunan kelapa sawit.
  • Terlalu menghubungkan keberhasilan dengan uang. Kadang-kadang beberapa orang Indonesia sangat ter obsesi dengan uang.  Hal ini menyebabkan ketidakseimbangan sosial, sehingga korupsi dan kejahatan menjadi berkembang.
  • Cenderung streotip gender. Misalnya jika seorang wanita ingin gabung dalam sebuah band, dia akan mengambil posisi menjadi vokalisnya, meskipun dia lebih jago bermain drum. Seorang pria pernah menggoda saya, dia mengatakan bahwa wanita tidak perlu mengejar gelar sarjana dan hal itu benar-benar membuat saya marah.
  • Tidak mempertanyakan otoritas (kurang berfikir kritis).  Misalnya, di gereja saya yang dulu ada seorang pemimpin yang memberitahu anggotanya apa yang harus dilakukan. Dan jika pemimpin itu melakukan kesalahan, anggota gereja cenderung berfikir dia tidak melakukan dosa karena dia adalah pemimpin gereja.
  • Kurang suka individual dalam beraktivitas. Saya pernah berlibur seorang diri ke Pulau Tidung dan saya minum air kelapa di sebuah warung di pulau tersebut. Penjualnya bertanya kepada saya "Kenapa anda kesepian?". Padahal tidak semua orang yang pergi sendiri itu merasa kesepian!
  • Orang Indoneisa kurang disiplin. Misalnya, pengguna jalan yang seenaknya, motor berani jalan di trotoar, tidak menyebrang jalan pada tempatnya, dan buang sampah sembarangan
                

Itulah beberapa fakta-fakta mengenai kelebihan dan kelemahan orang Indonesia. Semoga sifat-sifat yang tidak baik dapat kita rubah dan kita bisa mulai terbuka dengan masukan seperti apapun yang tujuannya membangun. Perubahan sikap sangat diperlukan. Bukan agar dipandang baik oleh negara lain saja, akan tetapi dengan perubahan sikap yang lebih baik dapat membawa kebaikan juga bagi bangsa Indonesia. Semoga artikel ini mampu meningkatkan kesadaran kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik, bahkan bisa menyebarkan kebaikan di sekeliling kita. Yuk perbaiki diri kita menjadi lebih baik lagi mulai dari sekarang! (Baca: Bagaimana Hidup di Indonesia?)


Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang