Indonesia: apa yang membuat/mencirikan orang Indonesia?

Dilihat 11,5 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Ketika kita menginjakkan kaki di negara lain, seringkali kita menjadi pusat perhatian masyarakat awam yang ada di negara tersebut. Padahal sejatinya kita adalah manusia yang sama dan terlahir dari keturunan yang sama, namun pada saat itu kita terlihat sangat berbeda di mata orang kebanyakan. Perbedaan tersebut merupakan ciri khas khusus dari sebuah etnis yang memiliki keunikan sendiri di mata manusia yang berbeda ras, suku, budaya dan agama dengan kita. Terlebih lagi ketika kita yang sedang berkunjung ke daratan eropa dan sekitarnya, tentu saja kita sangat mudah dikenali karena ciri khas yang telah melekat pada diri kita.




Keunikan warga di setiap negara memiliki identitasnya masing-masing, identitas tersebut dapat terbentuk karena berbagai aspek seperti kebudayaan, letak geografis, persamaan nasib, dan sebagainya. Ketika kita berbicara mengenai  Indonesia, maka tidak akan ada habisnya jika membahas ciri khas bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat kaya dengan keanekaragaman; suku, agama, budaya dan bahasa. Keanekaragaman tersebut dipersatukan oleh satu ideologi yang sama yaitu Bhinneka Tunggal Ika. Tidak hanya itu, bangsa indonesia pun mempunyai bahasa pemersatu bangsa yaitu bahasa Indonesia.

Setiap negara mempunyai Identitas nasional. Identitas nasional merupakan suatu ciri khas yang dapat membedakan antara negara satu dengan negara lainnya. Banyak sekali hal-hal yang mencerminkan identitas nasional yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia, Berikut beberapa poin yang membedakan Bangsa Indonesia dari bangsa lain di antaranya :

  1. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia (17504 pulau).
  2. Indonesia sebagai negara dengan suku bangsa terbanyak(>740 suku).
  3. Indonesia memiliki berbagai macam bahasa, kebudayaan, dan kuliner tradisional terbanyak.
  4. Indonesia sebagai Negara agraris.
  5. Indonesia negara Maritim terbesar di dunia dan Memiliki kekayaan sumber daya alam  melimpah seperti gunung, sungai, laut, dan sebagainya. 

Meskipun memiliki aneka ragam adat dan budaya yang tersebar di Nusantara, namun ciri khas orang Indonesia masih tetap memiliki kesamaan antara yang satu dengan yang lainnya.



Karakteristik dan Ciri Khas Orang Indonesia Di Mata Dunia :


1. Orang Indonesia itu ramah



Berbeda dengan orang- orang Barat yang dikenal cuek dan tidak mau tahu, banyak sekali turis dari luar negeri yang mengakui bahwa Indonesia merupakan negara yang terbuka sangat ramah, dimana mereka bisa sangat mudah menemukan sapaan dan senyuman orang Indonesia meskipun belum pernah kenal sebelumnya.


2. Semangat bergotong royong yang tinggi


Jika bagi orang barat menolong adalah kebaikan hati, maka bagi orang Indonesia, menolong adalah hal biasa. Orang Indonesia sangat peduli orang-orang di sekitarnya. Mereka rela membantu secara gratis tanpa minta balasan apapun. Lihat saja kegiatan seperti pernikahan, kematian, sunatan dan membangun rumah biasanya dilakukan dengan bantuan sumbangan dari tetangga sekitarnya. Hal seperti ini jarang sekali ditemui di Negara Barat.


3. Memiliki kulit yang eksotis



Rata-rata orang Indonesia memiliki berkulit sawo matang atau kuning langsat yang sangat eksotis. Hal ini dikarenakan letak bumi Indonesia yang sangat strategis, dan memiliki iklim yang tropis. Ciri khas orang Indonesia ini sangat disukai oleh orang barat ketika datang ke Indonesia, sehingga menganggap bahwa wanita pribumi itu lebih cantik daripada wanita di negara mereka. Karena pada dasarnya kulit sawo matang adalah ciri kulit sehat yang hanya bisa diperoleh manusia yang tinggal pada daerah yang beriklim tropis saja.


4. Kebiasaan Makan Nasi



Orang Indonesia makan nasi dua sampai tiga kali sehari. Hal ini menurut kita adalah biasa, tapi menurut bule ini adalah sesuatu yang unik. Para turis seringkali kagum ketika melihat orang Indonesia yang bisa 3 – 4 kali makan nasi dalam sehari. Terlebih, mereka semakin heran apabila melihat pria di Indonesia yang sekali makan, bisa menghabiskan satu porsi besar nasi.


5. Kecil tapi cerdas




Jika kita berkunjung ke negara Jerman dan berbincang dengan warganya, pastilah mereka mengenal sosok yang satu ini. Para warga jerman (terutama kaum ilmuan) sangat menghormatinya karena kecerdasan otaknya yang mampu menyelesaikan problem desain aerodinamis pesawat pada zaman itu. Disana beliau telah menjadi icon bangsa Indonesia, sehingga mereka menganggap orang Indonesia itu sangat cerdas meskipun ukuran tubuh mereka lebih kecil daripada orang eropa pada umumnya.


Selain keunikan dari ciri khas bangsa Indonesia tersebut, bangsa Indonesia juga memiliki adat istiadat dan budaya beraneka ragam. Itulah ciri khas dan karakteristik orang Indonesia yang mendunia dan membuat orang bule terheran-heran sampai jatuh cinta. Maka dari itu, tentu kita harus bangga menjadi warga dari negeri Indonesia yang istimewa ini.


Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang