Insomnia: Bagaimanakah rasanya menjadi seorang pengidap insomnia?

Dilihat 373 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Penyakit insomnia sendiri merupakan kondisi ketika seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak bisa tidur cukup lama sesuai dengan waktu yang dibutuhkan tubuh meski dia memiliki kesempatan untuk melakukannya. Hal tersebut menyebabkan kondisi fisik penderita insomnia menjadi tidak cukup fit untuk melakukan aktivitas keesokan harinya.


Insomnia tampaknya diderita banyak oleh penduduk yang tinggal di perkotaan. Padatnya aktifitas sehari-hari mengakibatkan berkurangnya waktu istirahat. Jika itu terus berlangsung dalam waktu yang lama, maka seringkali mengakibatkan penyakit insomnia.


penyakit insomnia


Tidur sendiri bukan hanya sekedar salah satu aktifitas sehari-hari yang biasa dilakukan. Tidur memiliki banyak fungsinya bagi tubuh. Manfaat tidur sendiri seperti meningkatkan daya ingat, menjaga kesehatan jantung, mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, mengembalikan energi, serta meningkatkan daya tahan tubuh.


Gejala yang Dirasakan Penderita Insomnia


Seseorang dengan penyakit insomnia sangat sulit untuk mendapatkan waktu tidur serta kualitas tidur yang baik. Gejala paling umum yang biasanya dirasakan oleh penderita insomnia, yakni susah tidur atau sekedar memejamkan mata, terbangun di malam hari atau dini hari dan akhirnya tidak bisa tidur kembali. Seringkali seseorang dengan gangguan insomnia akan mudah merasa lelah, suasana hati tidak stabil, sulit berkonsentrasi, serta tidak bisa melakukan aktivitas secara maksimal pada siang hari. Penyakit insomnia dapat mengakibatkan daya tahan tubuh menurun, hal ini sangat berbahaya karena memungkinkan berbagai penyakit menyerang anda.

Secara umum, penyakit insomnia ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Tangan berkeringat
  2. Kembung dan nyeri pada perut
  3. Cepat marah
  4. Kelelahan yang berlebihan
  5. Sulit mengingat, konsentrasi, atau membuat keputusan
  6. Perubahan waktu dan pola tidur
  7. Sakit kepala, nyeri leher, dan pegal pada punggung
  8. Napas tersengal-sengal dan detak jantung tidak stabil

Semua orang, baik itu anak-anak maupun orang dewasa membutuhkan waktu untuk tidur. Perbedaannya mungkin porsi waktu dari tidur itu sendiri. Anak-anak ternyata membutuhkan waktu tidur yang lebih lama daripada orang dewasa. Lama tidur yang ideal untuk anak-anak yakni sekitar 10-11 jam, sedangkan pada orang dewasa dibutuhkan waktu yang lebih singkat, yakni sekitar 7-9 jam. Tak hanya lama tidur saja yang perlu diperhatikan, namun kualitas dari tidur itu sendiri juga sangat penting. Tidur yang berkualitas dengan waktu yang cukup dapat memberikan manfaat yang banyak untuk tubuh kita.


cara mengatasi insomnia


Cara mengatasi insomnia hal pertama yang dilakukan oleh dokter adalah mencari tahu apa yang menjadi penyebab. Jika insomnia didasari oleh kebiasaan atau pola hidup tertentu yang tidak sehat, maka dokter akan menyarankan pasien untuk memperbaikinya. Jika insomnia disebabkan oleh gangguan kesehatan (misalnya gangguan kecemasan), maka dokter akan terlebih dahulu mengatasi kondisi yang mendasari rasa cemas tersebut.


Dalam beberapa kasus insomnia, dokter akan menyarankan pasien menjalani terapi perilaku kognitif. Terapi ini bisa membantu pasien mengubah perilaku dan pola pikir yang memengaruhi tidur mereka. Jika dirasa perlu, dokter dapat meresepkan obat tidur untuk beberapa waktu. Obat tidur merupakan solusi yang bersifat sementara saja. Menangani gejala insomnia tanpa mencari solusi untuk akar penyebabnya, jarang berhasil sepenuhnya.


Cara mengatasi insomnia juga dapat disiasati dengan mengkonsumsi makanan sehat yang dapat membantu agar tidur menjadi lebih lelap. Beberapa makanan seperti salah satunya ikan, madu, pisang, coklat dan selada dapat membantu tidur menjadi lebih berkualitas.

Dan yang terpenting dari semua itu adalah dengan menjaga pola hidup agar tetap sehat, rajin olahraga, serta istirahat dengan cukup. Lakukan hal-hal sederhana sebelum tidur agar dapat menciptakan suasana tidur yang kondusif.


Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang