Intinya, orang dewasa dapat sembuh dari hepatitis virus B dalam 6 bulan dengan kekuatan imun mereka sendiri. Kenapa milyaran orang bisa menderita penyakit ini?

Dilihat 7,12 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

 Meskipun hampir semua orang dewasa dapat sembuh dari hepatitis B dengan sendirinya, terdapat sekitar 5% orang dewasa yang terinfeksi hepatitis B yang kemudian akan berkembang menjadi penyakit kronis. Jumlah ini jauh lebih besar pada anak - anak (sekitar 30-50%) dan bayi yang baru lahir (90%). Hal inilah yang membuat hepatitis B menjadi penyakit yang serius. Menurut estimasi, ada sekitar 240 juta orang yang terinfeksi hepatitis B di seluruh dunia.


Ada beberapa alasan yang menyebabkan angka ini begitu tinggi. Beberapa di antaranya antara lain L

  • Infeksi hepatitis B kronis bersifat jangka panjang, oleh karena itu infeksinya terakumulasi dari waktu ke waktu
  • Gejala hepatitis B sulit diidentifikasi sejak dini sehingga banyak orang yang tidak sadar kalau mereka sudah terinfeksi hepatitis B yang menyebabkan virusnya menyebar ke bayi yang baru lahir dari ibunya yang terinfeksi dan kemudia akan berkembang menjadi penyakit kronis.
  • Infeksi hepatitis B kronis belum ada obatnya
  • Infeksi hepatitis B kronis memiliki efek jangka panjang yang serus, termasuk diantaranya sirosis hati (dengan tingkat kematian 15-25%) dan kanker hati (dengan tingkat kematian 5%).

Alasan - alasan tersebut di atas mestinya sudah lebih dari cukup untuk membuat seseorang melakukan vaksin hepatitis B, terutama pada populasi yang memiliki resiko tinggi. Vaksin hepatitis B yang ada saat ini merupakan vaksin rekombinan yang sangat amat dan efektif.


Yang saya informasikan di sini hanya sebagian dari penjelasan mengenai infeksi hepatitis B, tapi semoga ini bisa memperjalas kebingunganmu. Kalau kamu ingin membaca lebih lengkap mengenai hepatitis B, kamu bisa mengunjungi situs ini.



Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang