Jenis lagu Indonesia seperti apa yang bisa kamu dengar di toko - toko atau restoran di Indonesia?

Dilihat 1,2 rb • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Perkembangan musik di Indonesia dari waktu ke waktu terus berkembang dengan pesat. Pada umumnya lagu-lagu yang sering didengar adalah jenis lagu pop, dangdut, jazz, melayu, keroncong, dan musik tradisional.

Apabila anda sedang berjalan-jalan maka disetiap toko akan terdengar lagu atau musik yang mengalun dengan keras hal ini berguna untuk menarik perhatian pengunjung. Anda bisa mendengarkan musik pop, keroncong  jazz, versi modern / instrumental dari musik tradisional, dan juga lagu dangdut.. 


Perkembangan musik di Indonesia sangat pesat setiap saat banyak bermunculan tembang-tembang yang baru. Dari sekian banyak jenis musik, lagu pop dibilang paling populer pada tahun 2000 dan sering didengar disetiap sudut rumah. Seiring perkembangannya lagu pop mulai tergeser dengan lagu dangdut yang banyak variasinya dan sudah merambah semua masyarakat luas.  Alunan musik yang mendayu-dayu membuat dangdut cepat diterima oleh semua lapisan masyarakat.


Restoran atau cafe banyak mendatangkan penyanyi untuk dijadikan daya tarik agar tempat tersebut ramai di kunjungi. Lagu yang sering dinyanyikan di tempat itu merupakan lagu-lagu yang berirama lembut seperti pop, keroncong, lagu sunda dan instrumen dari musik tradisional. Demikian juga dengan lagu-lagu yang sering kita dengar di toko-toko kebanyakan berirama tradisional.


musik keroncong


Jenis Lagu Indonesia


Banyak jenis lagu Indonesia terpopuler dan lagu Indonesia yang terbaik sesuai dengan iramanya antara lain:

  • Lagu berirama dangdut, lagu yang berirama dangdut merupakan genre musik populer tradiosnal Indonesia yang khususnya  bercirikan dentuman yang menggunakan alat musik gendang sebagai iramanya. Sesuai dengan irama musiknya dangdut memiliki warna musik yang khas terutama pada penggunaan gendang yang mengiring lagu yang dinyanyikan dengan cara cengkok dan harmonisasi yang pas membuat lagu ini terasa mendayu-dayu.
  • Lagu berirama Pop, lagu yang diiringi oleh alat musik gitar dan juga piono merupakan perpaduan musik yang berirama lambat tapi enak didengar. Irama pop banyak disukai karena dentingan gitar yang mengiringinya membuat lagu ini mudah di hayati. Musik pop terbaik masuk dalam daftar lagu Indonesia terpopuler dan terbaik pada tahun 2016 dengan rilis yang menggebrak pada saat awal tahun 2016 di mulai. Lagu tradisional banyak dipadukan dengan lagu tradisional misalnya lagu pop sunda, lagu pop jawa, dan lagu-lagu daerah lainnya.
  • lagu berirama keroncong, jenis musik Indonesia yang menggunakan alat musik dawai seperti biola, ukulele, dan selo merupakan satuan alat yang digunakan untuk mengiringi lagu keroncong. Lagu keroncong yang terkenal adalah yang dinyanyikan oleh Waljinah yang berjudul Pamitan  karya Gesang merupakan lagu Indonesia terpopuler pada waktu itu.


ciri khas musik Indonesia


  • Lagu Tradisional, merupakan lagu daerah yang alat musiknya menggunakan alat musik daerahnya masing-masing karena setiap daerah berbeda-beda misalnya Jawa terkenal dengan gamelannya, Sunda terkenal dengan alat musik angklungnya, dan Medan dengan alat musik pangora yang dipukul menggunakan stik. Instrumen menggunakan alat musik tradisional menghasilkan musik dan lagu yang berciri daerahnya masing-masing.


Seiring perkembangan lagu di Indonesia banyak bermunculan musik dan lagu Indonesia terbaik dari negara lain misalnya jazz , rock, dan country. tidak dipungkiri bahwa musik-musik tersebut dapat mempengaruhi gaya musik di Indonesia itu sendiri sehingga menghasilkan perpaduan yang serasi misalnya rockdut, pop rock, jazz  keroncong, dan masih banyak lagi.


Indonesia banyak mencetak tembang-tembang yang berkualitas yang mendapatkan nominasi lagu Indonesia terbaik dijajaran Asia maupun Internasional. Penghargaan tersebut menandakan bahwa lagu-lagu di Indonesia banyak diminati oleh masyarakat manca negara. Banyaknya pencipta lagu yang kreatif yang dapat menciptakan lagu yang bisa membawa Indonesia meraih penghargaan dan juga didukung oleh penyanyi muda yang berbakat.


lagu Indonesia terbaik

Jenis lagu yang sering didengar di toko-toko atau restoran yang ada di Indonesia merupakan lagu Indonesia terbaik yang sedang hits yang biasanya sedang buming. Tapi ada juga yang memutar lagu daerah yang berirama tradisional dan lagu-lagu nostalgia biasanya restoran atau cafe yang sering memutar lagu-lagu tersebut untuk menarik pengunjung. 


Setiap toko atau restoran mempunyai ciri khas tersendiri demikian juga dalam memilih jenis lagu mereka punya selera yang berbeda-beda untuk menarik pengunjung.

Pada umum  kamu cukup memilih jenis  lagu tradisional daerah itu saja kalau saya harus memilih jenis lagu Indonesia untuk toko dan restoran, saya akan memilih keroncong.  




Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang