Jika ada luka dan saya tervaksinasi dengan Tetanus 5 bulan sebelumnya, maka apakah diperlukan vaksin lagi?

Dilihat 1,77 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kebutuhan akan injeksi Tetanus tidak tergantung pada jenis logam, tapi itu semacam tergantung pada kemungkinan kontaminasi dari permukaan cideranya. Tetanus disebabkan oleh Clostridium Tetani. Itu biasanya ada di tanah dan permukaan yang berkarat. Pada umumnya ada  dalam bentuk spora yang menginfeksi seseorang setelah mereka mendapat pintu masuk melalui goresan, luka atau luka-luka lainnya. Imunisasi tetanus bisa primer dan sekunder. Imunisasi primer diberikan pada anak-anak dibawah 7 tahun dan secara umum dalam wujud 5 dosis yang dikombinasikan dengan Difteri dan Pertusis yang disingkat vaksin DPT. Suatu imunisasi primer yang lengkap memberikan kekebalan setidaknya selama sepuluh tahun. Lebih dari itu injeksi pendukung harus diberikan setiap 10 tahun.

Untuk kasus cidera minor jika injeksi pendukung telah diberikan dalam 10 tahun sebelumnya maka itu sudah cukup baik. Untuk cider mayor dosis kedua dari injeksi pendukung diberikan. Untuk kasus berpeluang tinggi terjadi kontaminasi seperti kecelakaan lalu lintas di jalan raya, cidera perang, dll, imunisasi pasif dalam bentuk imunoglobulin Tetanus diberikan.

Pada kasus anda jika anda telah menyelesaikan imunisasi primer anda dan telah menerima injeksi pendukung dalam 10 tahun terakhir, jika goresannya minor maka tak ada kebutuhan apa-apa lagi yang harus dilakukan selain perawatan luka primer.

P.S - Imunisasi primer adalah bagian dari program vaksinasi di banyak negara.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang