Jika ada perang pariwisata antara Indonesia dan Philipina, negara mana yang akan menang ?

Dilihat 4,22 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1



Asia Tenggara memang memiliki tujuan wisata yang sangat berbeda dan memiliki ciri khas lain dibanding tempat wisata di negara negara lain. Indonesia dan Filipina contohnya. Yang satu memiliki ciri khas yang berbeda satu sama lain. Tapi dari kedua negara tersebut, manakah yang terbaik? Kita akan membahas Pariwisata di Indonesia dan mengapa pariwisata di Indonesia itu masih kurang ketimbang Filipina


Menurut saya, pariwisata Filipina itu jauh lebih baik dari pada pariwisata di Indonesia. Tapi keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Mari kita lihat dari poin poin berikut untuk menganalisa lebih dalam sifat dan ciri khas kedua destinasi pariwisata berikut.


Alasan Mengapa Destinasi pariwisata di Indonesia kurang terkenal


  • Orang Filipina lebih fasih berbahasa Inggris dibanding orang orang di Indonesia. Hal ini mengakibatkan lebih banyak orang yang berbahasa Inggris lebih menikmati kunjungannya ke Filipina ketimbang Indonesia.



  • Sebenarnya pariwisata di Indonesia itu tidak begitu baik, Kebanyakan dari orang Indonesia hanya bisa menyebutkan Bali sebagai destinasi pariwisatanya dan tidak ada tempat lain selain Bali. Walaupun beberapa orang masih bisa menyebutkan tempat pariswisata lain seperti Cepu, Palawan, Bromo dan Raja Ampat.

  • Terorisme yang pernah terjadi di Bali. Mungkin memang agak bodoh apa bila kita mengungkit-ungkit masalah ini, tapi sebelum terjadinya pengeboman di Jakarta, Masalah serupa pernah terjadi di Bali yang sempat membuat turis takut dan memiliki luka terhadap Bali. Tidak dapat di pungkiri, perjalanan ke Jakarta dan Manila itu sama bahayanya dari terorisme sampai hal kecil seperti copet dan keamanaan jalanan secara umum.

  • Lebih banyaknya pariwisata Islam di Indonesia ketimbang Filipina. Saya baru menyadari ini setelah saya berlibur ke Malaysia dan melihat kemiripan destinasi pariwisata dengan destinasi pariwisata di Indonesia. Sedangkan destinasi di Filipina lebih bersumber dari non-islam. Mungkin hal ini terjadi akibat budaya masing masing negara dan kebijakan pemerintah. Jadi sebagai warga Amerika yang bermayoritas beragama Kristen dan Katolik memiliki rasa sentimen terhadap budaya Islam di Indonesia ketimbang Filipina.



  • Sejarah Amerika, ini juga membuat lebih banyak warga Amerika pergi dan berlibur di Filipina. Sejarahnya, Amerika pernah mengirim tentaranya di Filipina yang sampai sekarang masih berjaga atau tinggal di Filipina. Karena itu orang Amerika lebih tertarik untuk berlibur ke tempat yang lebih dikenal dari pada ke tempat yang sama sekali asing bagi mereka. Orang Amerika saat berlibur bisa bertemu dengan sanak saudaranya yang ditugaskan di Filipina

  • Destinasi pariwisata sekitar lainnya yang terjangkau. Filipina misalanya hanya 2 jam dari Airport Manila ke Hong Kong. Wisatawan bisa langsung transit ke Hong Kong untuk berjalan jalan lebih lagi dengan mengeluarkan biaya yang lebih sedikit. Atau bahkan kebalikannya. Orang yang memiliki bisnis di Hong Kong, pusat kesibukan ke Filipina untuk berlibur dan menarik nafas dari kesibukannya. Indonesia juga memiliki Destinasi lainnya, Singapura. Namun, Singapura tidak memiliki lokasi yang menarik ketimbang Hong Kong, jadi orang lebih memilih untuk pergi ke Filipina

Saya belum melihat angka dan statistik dari wisatawan asing yang datang ke Indonesia atau Filipina. Artikel ini hanya berdasarkan opini opini saya saja.

Semoga artikel ini bisa membuat anda memilih destinasi Pariwisata Indonesia atau Destinasi pariwisata Filipina berikut anda dengan lebih. Selamat berjalan jalan

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang